Preprint has been published in a journal as an article
DOI of the published article https://doi.org/10.21070/ups.1293
Preprint / Version 1

Analysis of Community Reception of Graphic Design at Sidoarjo Regency Government Program Campaign Billboard


Analisis Resepsi Masyarakat Terhadap Desain Grafis pada Billboard Kampanye Program Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.1293

Keywords:

Graphic Design, Mass Media Communication, Governance Campaign

Abstract

This journal aims to investigate the effectiveness of government program campaign communications through graphic design materials on billboard outdoor media. Billboard is a very effective promotional medium for conveying promotional campaigns to a wide audience in a short time. This study aims to analyze the extent to which the effectiveness of graphic design on billboard campaigns for government programs towards the community. The results of the study stated that graphic design on government program campaign billboards was not very effective. The results of this study are expected to provide insight into the use of graphic design as well as practical guidance for the Sidoarjo Regency government in increasing the effectiveness of campaigns for government programs through the use of appropriate graphic designs.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Maghfira Aesthetika, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Oktarina, R., & Wulan, A. “Pengaruh Desain Grafis Billboard dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Program Pemerintah,” Jurnal Komunikasi Bisnis, 11 (1), 47-56, 2023.

Priana, A. “Efektivitas Iklan Baliho Grace Natalie dalam Meningkatkan Citra Diri sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Tahun 2019,” Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(2), 108-122, 2020.

Takaeb, A.E.L. “Gambaran Efektivitas Spanduk Sebagai Media Komunikasi Kesehatan di Desa Oemasi,” Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 8(1), 1277-1283, 2019.

Kurniawati, E., Ayu., Nugroho. A., & Naryoso,. A. “Pengaruh Terpaan Iklan Media Luar Ruang dan Frekuensi Diskusi Antar Tetangga terhadap Perilaku Disiplin Protokol Kesehatan (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Masyarakat Kecamatan Pedurungan Kota Semarang), Interaksi Online, 9(4), 250-262.

Agus Setiawan. “Komunikasi Visual pada Media Iklan Billboard: Studi Semiotika Analisis Deskriptif Komunikasi Visual Iklan Billboard Pilkada Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020,” Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(2), 123-134, 2021.

Santoso, B., “Efektivitas Desain Grafis dalam Komunikasi Visual Media Massa,” Jurnal Komunikasi ASPIKOM, 3(2), 123-133, 2018.

Kusumawati, D., “Pengaruh Desain Grafis Terhadap Minat Baca pada Media Massa,” Jurnal ASPIKOM, 5(1), 144-156, 2018.

Gultom, R. B., & Kriswantoro, D., “Komunikasi Visual Melalui Desain Grafis Pada Media Massa: Studi Kasus Majalah,” Jurnal Elemen, 6(2), 111-118, 2020.

Wijaya, R., & Widyasari, N.A., “Peran Desain Grafis dalam Meningkatkan Efektifitas Komunikasi Visual Media Online,” Jurnal Visi Komunikasi, 18(1), 1-12, 2019.

Krippendorff, K., Visual Communication Research Design,” Routledge, 2019.

Balai pustaka, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Damayanti, H.B., “Pengaruh Celebrity Endorser Tasya Farasya, Brand Image dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Focallure (Studi Korelasi Kuantitatif pada Pengaruh Celebrity Endorser Tasya Farasya, Brand Image dan Iklan terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Focallure di Kalangan Mahasiswi S-1 Ilmu Komunikasi Fisip UNS,” Jurnal Kommas, 1(1), 67-87, 2020.

WM Juliani & NM Aesthetika, “Analisis Framing Personal Branding Agus Harimurti Yudhoyono pada Detik.com,” Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 137-144, 2018.

Daniar,h A., & Wardani, N.K., “Analisis Komunikasi Visual pada Poster Covid-19 Sebagai Media Komunikasi di Instargram Kabupaten Tuban,” Prosiding SNADES 2021 – Kebangkitan Desain & New Media: Membangun Indonesia di Era Pandemi, 188-191, 2021.

Hermawan, C.A., “Strategi Komunikasi PT. Hypefast Karya Nusantara dalam Mempromosikan Iklan Billboard di Times Square, New York,” (bachelor's Thesis). Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, 2020.

Harris, K.A., “Eksistensi Papan Reklame (Billboard) Sebagai Sumber Informasi Masyarakat Pekanbaru,” (Thesis). Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2020.



References

Oktarina, R., & Wulan, A., “Pengaruh Desain Grafis Billboard dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Program Pemerintah,” Jurnal Komunikasi Bisnis, 11 (1), 47-56, 2023.

Priana, A. “Efektivitas Iklan Baliho Grace Natalie dalam Meningkatkan Citra Diri sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Tahun 2019,” Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(2), 108-122, 2020.

Takaeb, A.E.L. “Gambaran Efektivitas Spanduk Sebagai Media Komunikasi Kesehatan di Desa Oemasi,” Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 8(1), 1277-1283, 2019.

Kurniawati, E., Ayu., Nugroho. A., & Naryoso,. A. “Pengaruh Terpaan Iklan Media Luar Ruang dan Frekuensi Diskusi Antar Tetangga terhadap Perilaku Disiplin Protokol Kesehatan (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Masyarakat Kecamatan Pedurungan Kota Semarang), Interaksi Online, 9(4), 250-262, 2021.

Agus Setiawan. “Komunikasi Visual pada Media Iklan Billboard: Studi Semiotika Analisis Deskriptif Komunikasi Visual Iklan Billboard Pilkada Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020,” Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(2), 123-134, 2021.

Santoso, B., “Efektivitas Desain Grafis dalam Komunikasi Visual Media Massa,” Jurnal Komunikasi ASPIKOM, 3(2), 123-133, 2018.

Kusumawati, D., “Pengaruh Desain Grafis Terhadap Minat Baca pada Media Massa,” Jurnal ASPIKOM, 5(1), 144-156, 2018.

Gultom, R. B., & Kriswantoro, D., “Komunikasi Visual Melalui Desain Grafis Pada Media Massa: Studi Kasus Majalah,” Jurnal Elemen, 6(2), 111-118, 2020.

Wijaya, R., & Widyasari, N.A., “Peran Desain Grafis dalam Meningkatkan Efektifitas Komunikasi Visual Media Online,” Jurnal Visi Komunikasi, 18(1), 1-12, 2019.

Krippendorff, K., “Visual Communication Research Design,” Routledge, 2019.

Balai pustaka, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Damayanti, H.B., “Pengaruh Celebrity Endorser Tasya Farasya, Brand Image dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Focallure (Studi Korelasi Kuantitatif pada Pengaruh Celebrity Endorser Tasya Farasya, Brand Image dan Iklan terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Focallure di Kalangan Mahasiswi S-1 Ilmu Komunikasi Fisip UNS,” Jurnal Kommas, 1(1), 67-87, 2020.

WM Juliani & NM Aesthetika, “Analisis Framing Personal Branding Agus Harimurti Yudhoyono pada Detik.com,” Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 137-144, 2018.

Daniar,h A., & Wardani, N.K., “Analisis Komunikasi Visual pada Poster Covid-19 Sebagai Media Komunikasi di Instargram Kabupaten Tuban,” Prosiding SNADES 2021 – Kebangkitan Desain & New Media: Membangun Indonesia di Era Pandemi, 188-191, 2021.

Hermawan, C.A., “Strategi Komunikasi PT. Hypefast Karya Nusantara dalam Mempromosikan Iklan Billboard di Times Square, New York,” (bachelor's Thesis). Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, 2020.

Harris, K.A., “Eksistensi Papan Reklame (Billboard) Sebagai Sumber Informasi Masyarakat Pekanbaru,” (Thesis). Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2020.

Posted

2023-05-30