Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Saya menyatakan bahwa artikel ilmiah sudah sesuai panduan yang tertera pada SK Rektor tentang Pedoman Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa
  • Saya menyatakan bahwa artikel sudah sesuai dengan template yang tersedia pada tautan https://s.id/Template_Dokumen_UPS
  • Saya menyatakan bahwa artikel ilmiah yang diunggah sudah berbentuk file PDF
  • Saya menyatakan bahwa salindia (slide ppt) sudah dalam bentuk PDF dan sudah sesuai dengan template yang ada pada tautan https://s.id/Template_Dokumen_UPS
  • Saya menyatakan bahwa dokumen lembar pengesahan sudah sesuai dengan template dokumen yang tersedia pada tautan https://s.id/Template_Dokumen_UPS dan sudah dalam bentuk PDF
  • Saya menyatakan setuju untuk menggunggah data mentah dari artikel ilmiah yang diserahkan, sebagai lampiran yang tidak terpisahkan dari artikel ilmiah tersebut dalam bentuk zip.
  • Saya setuju mengupload dokumen pembimbingan dan berita acara pengujian dalam bentuk PDF.
  • JIKA saya memilih mengirimkan poster sebagai pengganti Video. Saya setuju mengikuti template poster pada https://s.id/Template_Dokumen_UPS . Poster dalam bentuk PNG.
  • Saya menyatakan setuju untuk menyerahkan hak cipta artikel ilmiah yang diserahkan ini kepada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Serta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo memperbolehkan artikel ilmiah ini diterbitkan di prosiding/jurnal ilmiah asalkan sesuai dengan standar yang ada pada SK Rektor Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan tidak menyimpangi Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah pada Lembar Pengesahan, yang merupakan dokumen yang tidak bisa dipisahkan dari artikel ilmiah.
  • Saya menyatakan setuju untuk mengunggah video yang berisi presentasi saya terhadap isi dari artikel ilmiah yang diunggah ke google drive pribadi dengan pengaturan public (dapat dilihat secara umum). Serta sudah memastikan bahwa ukuran video tidak lebih dari 50 MB.
  • Saya menyatakan bahwa saya sudah memasukkan nama dosen pembimbing sebagai salah satu penulis pada artikel.
  • Para penulis menyatakan bahwa penelitian ini dilakukan tanpa adanya kepentingan komersial atau hubungan keuangan yang dapat ditafsirkan sebagai potensi konflik kepentingan.

Author Guidelines

Sistematika artikel ilmiah yang diunggah pada http://archive.umsida.ac.id/ yakni sebagai berikut:

  1. Judul Artikel: Judul artikel harus dituliskan secara singkat dan jelas dan harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan, tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam, ditulis dengan huruf kecil dan di tengah paragraf. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan. Gagasan utama artikel dikemukakan terlebih dahulu dan baru diikuti dengan penjelasan lain.
  2. Nama Penulis: Nama mahasiswa dan nama dosen pembimbing tanpa gelar, dilengkapi dengan informasi afiliasi (program studi, fakultas, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) serta email korespondensi.
  3. Abstrak: Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris. Jumlah kata dibatasi maksimal 150. Abstrak harus dibuat seringkas mungkin, akurat dan jelas serta menggambarkan penelitian yang Anda lakukan dan menegaskan hasil penelitian/pengembangan kunci. Abstrak setidaknya berisi Pendahuluan (Kurang lebih 2 kalimat), Tujuan Penelitian (Kurang lebih 1 kalimat), Metode Penelitian (Kurang lebih 1 kalimat), Hasil (Kurang lebih 4 kalimat), Manfaat penelitian bagi keilmuan (Kurang lebih 1 kalimat), dengan total kesemuanya maksimal 5000 Karakter. Kata kunci Inggris sebanyak 3-5 kata kunci disisipkan setelah abstrak. Tiap kata kunci dipisahkan dengan tanda titik koma (;).
  4. Pendahuluan: Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebenaran ilmiah dari artikel, analisis gap dari apa yang telah dihasilkan oleh penelitian terdahulu, dan pernyataan pentingnya penelitian dilakukan. Di bagian akhir pendahuluan harus dinyatakan secara eksplisit tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukkan fokus dari penelitian-penelitian tersebut apa, apa yang kurang, mengapa riset ini penting dan tujuan penelitian yang Penulis lakukan. Penulis harus menghindari duplikasi/pengulangan penjelasan yang tidak perlu atas karya sendiri/orang lain yang telah diterbitkan.
  5. Metode Penelitian: Metode penelitian menjelaskan tahapan penelitian atau pengembangan yang dilakukan untuk mencapai tujuan/sasaran penelitian. Tiap tahap dijelaskan secara ringkas, misalnya tiap tahap dalam satu paragraf. Bahan/materi/platform yang digunakan dalam penelitian diuraikan di bab ini, yaitu meliputi subjek/bahan yang diteliti, alat / perangkat lunak bantu yang digunakan, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, rencana pengujian (variabel yang akan diukur dan teknik mengambil data), analisis dan model statistik yang digunakan. Tidak perlu menyampaikan definisi dari setiap istilah metodologi penelitian. 
  6. Hasil dan Pembahasan: Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian/pengembangan dan pembahasannya secara ilmiah. Temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dijabarkan dalam bab ini tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh (bisa dilampirkan sebagai supplementary file). Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik, tidak hanya deskriptif, bila perlu ditunjang oleh fenomena-fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan keterkaitannya dengan konsep-konsep yang sudah ada serta perbandingannya dengan penelitian-penelitian sebelumnya, apakah hasil penelitian sesuai atau tidak, menjadi lebih baik atau tidak dan aspek lainnya.
  7. Simpulan: Simpulan cukup menyatakan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian yang telah dinyatakan di bagian pendahuluan. Simpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Bila perlu, di bagian akhir simpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.
  8. Ucapan Terima Kasih: Ucapan terima kasih terutama ditujukan kepada pemberi dana penelitian atau donatur. Ucapan terima kasih dapat juga disampaikan kepada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan penelitian. Dosen / peneliti yang tercantum dalam daftar penulis TIDAK perlu diberikan ucapan terima kasih di bagian ini.
  9. Referensi: Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian referensi. Referensi harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari setidaknya 80% sumber primer (jurnal ilmiah atau sumber lain yang otoritatif) diterbitkan paling lama 5 (lima) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 15 (lima belas) referensi acuan. Format sitasi dan penyusunan daftar pustaka harus mengikuti format IEEE (https://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf). Agar mempermudah, penulisan rujukan di dalam teks artikel dan referensi sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi, misalnya Mendeley dan Zotero.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this server site will be used exclusively for the stated purposes of this server and will not be made available for any other purpose or to any other party.