Problems In The Education Process at A Public Elementary School in Jombang
Problematika Proses Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Salah Satu di Jombang
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.8973Keywords:
Learning Challenges, Education Strategies, Quality of Basic Education, Technology utilization, Parental InvolvementAbstract
This study examines various obstacles encountered in the implementation of the educational process in a public elementary school in Jombang and the strategies implemented to improve the quality of learning. Using descriptive qualitative methods, this study collected data through interviews, observations and documentation. The results show that the main obstacles in learning include gadget addiction in students, time constraints due to a tight curriculum, differences in student characteristics, and the lack of specialized educators. To overcome these problems, the school applies various strategies, such as the utilization of technology in learning, the application of teaching methods that are tailored to students' characters, humanist approaches by teachers, and periodic evaluation and observation.
Downloads
References
A. Aziz, “SATIRE DALAM RUBRIK KUMPARAN, PANDEMI SEMAKIN MENUNJUKKAN POTRET KESENJANGAN PENDIDIKAN INDONESIA, EDISI 11 JULI 2021,” MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, vol. 20, no. 1, p. 37, 2022, doi: https://doi.org/10.26499/mm.v20i1.4000
M. D. Azzahra and M. S. Hadi, “Studi Literatur Penggunaan Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 2464–2469, 2025, doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7174
E. Elvira, “Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada: Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi),” Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, vol. 16, no. 2, pp. 93–98, 2021, doi: https://doi.org/10.56338/iqra.v16i2.1602
Z. Fabela and A. Khairunnisa, “DAMPAK KESENJANGAN SOSIAL DI INDONESIA,” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, vol. 3, no. 6, pp. 3158–3164, 2024, doi: https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.3004
.
F. Fahrurrozi, Y. Sari, and P. Wiguna, “Studi Literatur: Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 4, pp. 5472–5479, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3009
A. I. Falah and A. H. Hadna, “Problematika Pendidikan Masa Pandemi di Indonesia pada Daerah 3-T (Terluar, Tertinggal, dan Terdepan),” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 7, no. 2, pp. 164–185, 2022, doi: https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2997
B. Hadi, “Fenomena Learninng Loss pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia,” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 6, no. 4, 2022, doi: https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.262
P. Haniko et al., “Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital,” Jurnal Pengabdian West Science, vol. 2, no. 05, pp. 306–315, 2023, doi: https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.371
S. Hanila and M. A. Alghaffaru, “Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa Sma 10 Sukarami Kota Bengkulu,” Jurnal Dehasen Mengabdi, vol. 2, no. 2, 2023, doi: https://doi.org/10.37676/jdm.v2i2.4890
F. N. Ichsan, “Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum,” Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 281–300, 2021, doi: https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.399
A. N. Ilmiah and I. Y. Cahyanti, “Penggunaan Teknik Modeling Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Toilet Training pada Anak dengan Spektrum Autisme,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 2734–2741, 2025, doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7251
A. Iskandar, “DESENTRALISASI DAN EFISIENSI BELANJA FUNGSI PENDIDIKAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PROPINSI SULAWESI SELATAN,” INFO ARTHA, vol. 5, no. 1, pp. 11–24, 2021, doi: https://doi.org/10.31092/jia.v5i2.1139
V. F. Musyadad, H. Hanafiah, R. Tanjung, and O. Arifudin, “Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 6, pp. 1936–1941, 2022, doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
A. Da Silva, N. Hariyati, K. Karwanto, A. Khamidi, and A. Wulandari, “Penerapan Coaching dan Mentoring dalam supervisi Akademik sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 2680–2686, 2025, doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7225
S. Sumpena, S. Nurhamidah, and C. Hilman, “Kebijakan Desentralisasi Pendidikan dan Implementasinya dalam Pendidikan di Indonesia,” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), vol. 2, no. 2, pp. 41–51, 2022, doi: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.222
R. Tanjung, H. Hanafiah, O. Arifudin, and D. Mulyadi, “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 4, pp. 291–296, 2021, doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
S. Ulfah and T. Sutrisno, “Model Pembelajaran AIR dalam Meningkatkan Crithical Thingking Siswa Kelas V MI pada Mata Pelajaran IPAS,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 2767–2775, 2025, doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7254
S. Witono and M. S. Hadi, “Numerasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 2489–2496, 2025, doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7180
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
