Analysis of the Implementation of Integrative Learning Media Based on Islamic Values at SD Muhammadiyah 1 Candi
Analisa Implementasi Media Pembelajaran Integratif Berbasis Nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah 1 Candi
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.7541Keywords:
Poster, Islamic Values, Apperception, Muhammadiyah education, islamic characterAbstract
This study aims to analyze the implementation of Islamic values-based integrative learning media at SD Muhammadiyah 1 Candi and identify its strengths and weaknesses in the implementation process. The implemented media is in the form of apperception posters for each chapter in general subjects, designed to help students understand the connection between subject matter, daily life, and Islamic values. The research method used was descriptive qualitative, with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results showed that the use of posters as apperception media increased students' interest, helped them understand the learning objectives, and strengthened Islamic character through the integration of relevant Qur'anic verses and hadith. The teachers also found this media useful in establishing more active interactions with students.
Downloads
References
U. Sultan and A. Tirtayasa, “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar,” vol. 2, no. 1, 2020.
D. Murtado, I. P. Agus, D. Hita, D. Chusumastuti, S. Nuridah, and A. Haqiqi, “Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas,” vol. 06, no. 01, pp. 35–47, 2023.
E. Syania, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bernilai Islam Menggunakan Lectora Inspire Pada Materi IPA Siswa Kelas V SD/MI. 2022.
D. Firman, “Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar,” ALPEN J. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, 2023.
K. Anam et al., “Efektifitas Penggunaan Media Digital Dalam Proses Belajar Mengajar,” vol. 2, no. 2, pp. 76–87, 2021.
A. Ruswan, P. S. Rosmana, and A. Nafira, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, pp. 4007–4016, 2024.
D. S. Abdullah et al., “Peran Media Pembelajaran Dalam Konteks Pendidikan Modern,” Cendikia Pendidik., vol. 4, no. 1, 2024.
M. Y. T and M. K. Mustami, “Pengembangan Teknologi Audio-Visual Untuk Pembelajaran Pendidikan Islam,” Ta’dibJurnal Pendidik. Agama Islam, vol. 3, 2024.
F. Yanti, “Pembelajaran Tematik Terpadu Model Integrated di Sekolah Dasar,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 08, 2023.
I. Anshory, S. Y. Saputra, and D. J. Amelia, “Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak,” JiNoP J. Inov. Pembelajaran, vol. 4, pp. 35–46, 2018.
M. Fadlun, “Pola Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains Dalam Pembelajaran di SD Alam Baturraden Kabupaten Banyumas,” IAIN Purwokerto, 2017.
Irmawati, “Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Kurikulum PAI Irmawati Dalam konteks pendidikan modern , terdapat tuntutan yang semakin meningkat untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam ( PAI ). Hal ini penting karena pendidikan,” Al Mikraj J. Stud. Islam dan Hum., vol. 4, no. 2, pp. 1743–1757, 2024.
D. Zalsabella et al., “Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi,” vol. 9, pp. 43–63, 2023.
T. Muhammad, “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin Pada Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyah (AIK/ISMUBA) di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Daerah Minoritas,” TA’LIM J. Stud. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 22–38, 2020.
E. N. Fitriani, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tanah Grogot,” JIPKL J. Ilmu Pendidik. dan Kearifan Lokal, vol. 2, no. 1, pp. 1–17, 2022.
Subair, “Pengembangan Media Pembelajaran Karakter Jujur dan Adil Integrasi Islam dan Budaya Lokal Berbasis Mobile Learning,” Didakt. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 491–515, 2020, doi: 10.26811/didaktika.v4i2.140.
L. Fitri, “Mengembangkan Potensi Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam : Strategi dan Tantangan,” vol. 03, no. 03, pp. 887–893, 2023, doi: 10.59141/comserva.v3i03.840.
M. Rojii, I. Istikomah, C. N. Aulina, and I. Fauji, “DESAIN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU (Studi Kasus di SMPIT Insan Kamil Sidoarjo),” Al-Tanzim J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 49–60, 2019, doi: 10.33650/al-tanzim.v3i2.667.
E. Budianto, “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Kontekstual,” Progresiva, vol. 4, 2020.
H. Harahap, “Pengintegrasian Nilai-Nilai Agama Islam Pada Pembelajaran di Sekolah,” Literasiologi, vol. 7, no. 1, pp. 1–26, 2021.
A. N. Aeni, D. Djuanda, R. Nursaadah, S. Baliani, and P. Sopian, “Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 11, pp. 1835–1852, 2022.
D. Ngurah and L. Laksana, “Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa SD Kelas Rendah,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 12–23, 2024, doi: 10.17977/um038v7i12024p012.
E. Melati, A. D. Fayola, I. P. Agus, D. Hita, A. Muh, and A. Saputra, “Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar,” J. Educ., vol. 06, no. 01, pp. 732–741, 2023.
Y. K. Putri Laisya Abdurrochim, “Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar,” Jurnalbasicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3972–3981, 2022, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu
A. Adam, “Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Amanah Ilmu IAIN Ternate, vol. 3, pp. 13–23, 2023.
Zinnurain, “Analisis Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar PAI SMP Islam Al-Ashriyah,” J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 74–80, 2022.
S. Hidayat, “Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif di SMA Islam Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya,” TADRIS J. Pendidik. Islam, vol. 16, no. 1, pp. 141–156, 2021, doi: 10.19105/tjpi.v16i1.4665.
W. Yuliani, “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Konseling,” Quanta, vol. 2, no. 2, pp. 83–91, 2018, doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.
H. Hasanah, “Teknik-teknik observasi,” At Taqaddum, vol. 8, pp. 21–46, 2016, [Online]. Available: core.ac.uk
N. Hamidi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 [Development of Interactive Learning Media for Islamic Religious Education Based on Adobe Flash Professiona,” J. Pendidik. Agama Islam, vol. 14, no. 1, pp. 109–130, 2017, doi: 10.14421/jpai.2017.141-07.
M. Palyanti, “Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia,” Attract. Innov. Educ. J., vol. 5, no. 2, pp. 1–12, 2023, [Online]. Available: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Downloads
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.