Increasing the Letter Recognition Abilities of Children Aged 3-4 Years Through Busy Book Media
Peningkatan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Media Busy Book
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6952Keywords:
reading, busy book, recognizing letterAbstract
The ability to recognize letters is a stage in a child's development starting from ignorance to knowing about the sounds and shapes of letters until children can understand letters and their meanings. It is important to introduce children to the letters of the alphabet and give them the first foundation for learning reading comprehension. The introduction of letters is also one part of language development, namely reading, which is a real thinking process, and the physiological development of creativity regarding the concept of printed letters. The introduction of alphabets aims to achieve an initial understanding of reading for children. Busy books are media that are made similar to books made from patchwork or flannel. On each sheet in the book there are various illustrated stories accompanied by colors and shapes that are attractive to children so that they can increase children's interest in learning.
Downloads
References
A. R. Maulidya, A. Sa’dullah, and Yorita Febry Lismanda, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Pohon Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain Stroberi Restu 1 Malang,” Dewantara J. Ilm. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2019.
A. N. Fadlilah, “Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 373, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.548.
S. Darmiatun and F. Mayar, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 257, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.327.
K. Khadijah, A. Arlina, R. W. Hardianti, and M. Maisarah, “Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra, serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1960–1972, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1054.
M. S. Damayanti, U. E. E. Rasmani, and M. M. Syamsuddin, “Penerapan Metode Jolly Phonics Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun,” Kumara Cendekia, vol. 8, no. 1, p. 23, 2020, doi: 10.20961/kc.v8i1.32822.
A. Yeni and S. Hartati, “Studi Literatur: Stimulasi kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan menguraikan kata di taman kanak-kanak Alwidjar Padang,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, pp. 608–616, 2020, [Online]. Available: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1729966&val=13365&title=STUDI LITERATUR STIMULASI KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN MENGURAIKAN KATA DI TAMAN KANAK-KANAK ALWIDJAR PADANG
Y. Afrianti and A. Wirman, “Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1156–1163, 2020, [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penggunaan+media+busy+book+untuk+menstimulasi+kemampuan+membaca+ank&btnG=#d=gs_qabs&t=1700084611338&u=%23p%3DnEAaVj7eeBIJ
D. Vortuna, Ratiyah, and Syafdaningsih, “Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf pada kelompok B4 TK negeri pembina 1 palembang tahun ajaran 2018/2019,” J. Tumbuh Kembang, vol. 5, no. 2, pp. 1–13, 2018.
S. S. Rahayuningsih, T. D. Soesilo, and M. Kurniawan, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 9, no. 1, pp. 11–18, 2019, doi: 10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18.
N. Syamsiyah and A. Hardiyana, “Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1197–1211, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1751.
W. Kapiso, R. U. Djuko, and S. W. Laiya, “Kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak,” Student J. Early Child. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 29–39, 2021, [Online]. Available: https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJECE
R. Maryam Nur Annisa, Mubiar Agustin, Cucu Eliyawati “PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAIANAN EDUKATIF BUSY BOOK TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN VISUAL- SPASIAL ANAK,” no. 229.
S. N. Ramadhani and Sudarsini, “Media Quiet Book dalam Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Bagi Tunagrahita,” Ortopedagogia, vol. 4, no. 1, pp. 12–16, 2018.
E. Prakarsi, K. Karsono, and N. K. Dewi, “Penggunaan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun,” Kumara Cendekia, vol. 8, no. 2, p. 171, 2020, doi: 10.20961/kc.v8i2.35703.
M. Karmeliya Firdaus and D. Ayu Puteri Hadayani, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 1, p. 53, 2021, doi: 10.23887/paud.v9i1.35719.
L. Handalani, L. Madyawati, and ..., “PENINGKATAN PENGUNGKAPAN BAHASA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOOK di TK MARDISIWI KALIBOTO,” Pros. Univ. …, pp. 524–534, 2023, [Online]. Available: http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2352
T. Astari and N. Chozin, “Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Matematika Melalui Media Saku Pintar Anak Usia 4-5 Tahun,” Pros. Semin. Nas. Fak. Ilmu Pendidik., pp. 1–14, 2019.
dkk Saputri, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kubus Berhuruf,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Terpadu, vol. 4, no. 1, pp. 14–24, 2022.
M. N. Herlina, A. Fatimah, and F. Fahmi, “PENINGKATAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA KARTU HURUF (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Assa’dah Serang-Banten),” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 15, 2018, doi: 10.30870/jpppaud.v5i1.4676.
D. L. Rahayu and E. Destiana, “Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kartu Huruf Brgambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Sumorame Candi Sidoarjo,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 3, p. 16, 2024, doi: 10.47134/paud.v1i3.405.
I. Nurhidayah, E. Mulyasari, and B. Robandi, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 4, pp. 42–51, 2017.
Downloads
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.