Improving Fine Motor Skills Through Sand Play Activities for Children Aged 4-5 Years at Kindergarten ABA 1 Nganjuk
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Pasir Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA 1 Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6720Keywords:
Fine Motor Skills, Magic Sand Media, Early ChildhoodAbstract
Fine motor development is very important. At Kindergarten ABA 1 Nganjuk, children's fine motor skills are very low. To improve children's fine motor skills, we have to find a solution. One option is to use Magic Sand media. The aim of this research is to explain how magic sand can be used to improve fine motor skills. This research uses Classroom Action Research. Information is collected through observation, behavior, interviews and documentation. Based on the results of the previous cycle survey (average score 51%), the average score not meeting the criteria increased significantly in Cycle I to 64.5%, but in Cycle II it increased significantly compared to Cycle I, namely 93%. The conclusion of this research is that fine motor skills can be developed by playing with magic sand in several stages identified in this research. Children improve with each meeting.
Downloads
References
Fatmawati, “Pengaruh Penerapaan Bermain Lipat Kertas terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di TK PGRI ULO Kabupaten Pinrang,” 2019.
Matje Meriaty Huru, Kamilus Mamoh, and Jane Leo Mangi, “HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANGTUA TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH,” 2022.
R. N. Yusuf and E. D. Nuraeni, “URGENSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK,” 2023.
R. S. M. Meilanie, “Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 958–964, Sep. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.741.
M. D. S. Wahyuningrum and S. Watini, “Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 5384–5396, Aug. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.3038.
B. T. Hatia Gay and Haryati, “PENERAPAN KEGIATAN MERONCE BERBAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN,” J. Ilm. CAHAYA PAUD, vol. 2, no. 1, pp. 30–44, Nov. 2020, doi: 10.33387/cp.v2i1.1955.
“PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI BERBAGAI KEGIATAN.”
A. Septiana, “PENGARUH TERAPI BERMAIN PASIR KINETIK (KINETIC SAND) TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 3-4 TAHUN DI TK ISLAM BIRUL WALIDAIN KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN DAN TK INSAN CENDEKIA KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN”.
F. Nurarifiati and B. N. Astini, “Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Kelompok B Melalui Metode Bermain Peran,” vol. 5, 2023.
Mira Yanti Lubis, “Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain,” vol. 2, no. 1, 2019.
S. Hartati, “PENGARUH PENGGUNAAN PASIR KINETIK TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK,” vol. 4, 2020.
R. Munthe and R. Aprilia, “Kegiatan Bermain Origami Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini”.
A. Ardiyanto, “BERMAIN SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI,” Jendela Olahraga, vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.26877/jo.v2i2.1700.
F. Harahap, R. Siregar, and J. Nopriani Lubis, “Bermain Pasir Kinetik untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 5, pp. 5931–5941, Oct. 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i5.5365.
F. Harahap, R. Siregar, and J. Nopriani Lubis, “Bermain Pasir Kinetik untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 5, pp. 5931–5941, Oct. 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i5.5365.
I. Nurfahira, A. Paida, and M. Y. Rahmat, “Pengaruh Penggunaan Media Pasir Kinetik terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Tk Bustanul Athfal Aisyiyah Al Badar Cabang Salaka”.
A. T. Dewi, “Pengembangan Kegiatan Bermain Pasir Kinetik untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Mataram Tahun Ajaran 2019,” 2020.
D. Oleh and Y. N. Halimah, “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019”.
NAMIRA FAUSIAH, “PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK- KANAK PUSAT PAUD BUNGA MAWAR JULUMATE’NE KABUPATEN GOWA,” 2021.
Sri Astutik, Subiki, and Singgih Bektiarso, “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo,” J. Inov. Penelit. Dan Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 54–62, Jun. 2021, doi: 10.53621/jippmas.v1i1.5.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.