The Relationship Between Academic Procrastination and Academic Anxiety in Students Working on Final Projects at the Muhammadiyah University of Sidoarjo
Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik dengan Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Mengerjakan Tugas Akhir di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6622Keywords:
Academic Anxiety, Academic Procrastination, Final StudentsAbstract
his research is based on the phenomenon of academic procrastination found in final students of Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Academic procrastination is task avoidance caused by feelings of displeasure with the task and fear of failing to complete the task. One of the factors that trigger academic procrastination is academic anxiety. The academic anxiety variable was measured using the academic anxiety scale adopted from Ridwan with a validity coefficient value moving from 0.926 -0.746 and an alpha reliability coefficient (α) value of 0.907. The academic procrastination variable was measured by the academic procrastination scale in completing the thesis adapted from Rahayu. with a validity coefficient value moving from 0.094 to 0.596 and with an alpha (α) reliability coefficient value of 0.858.The correlation between variables was analyzed using Spearman's Rho correlation test with the help of JASP 19.0 software.
Downloads
References
E. Tri Endra Pramanda Susilo, “Tingkat kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi di prodi penjaskesrek fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang,” J. Cons., vol. 4, no. 2, pp. 105–113, 2019.
F. Lutfiatul, “Hubungan Efikasi Diri Dengan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Nurul Furqon Wetan Pasar Besar Klojen Malang,” Skripsi, pp. 1–84, 2020.
D. E. BUDIYANTI, “Hubungan antara kecemasan dengan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam mengerjakan skripsi,” Skripsi, pp. 1–16, 2022.
N. Rahayu, “HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2008 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013, [Online]. Available: http://www.jstor.org/stable/1251929?origin=crossref%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/0954412988352%5Cn10.3846/bme.2014.09%5Cnhttp://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=buh&AN=97064856&site=eds-live&authtype=ip,uid%5Cnhttp://search.
A. M. Ridwan, HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN KECEMASAN AKADEMIK TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SAAT PERKULIAHAN ONLINE, no. 8.5.2017. 2022. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
S. Roidah, W. Wilson, and S. S. Achmad, “Hubungan Kecemasan dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat dalam Melaksanakan PLP FKIP UNRI,” Ideas J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 8, no. 1, p. 197, 2022, doi: 10.32884/ideas.v8i1.604.
mili megawati lumba Gaol, “Mahasiswi psikologi universitas medan area skripsi diajukan untuk memenuhi sebagian persyaratan dalam memperoleh gelar sarjana psikologi universitas medan area,” 2021.
E. W. Vanika Oktia1, Sesilia Monika2, “Huungan antara self-regulated learning dan kecemasan dengan prokarstinasi akademik pada makasiswa tingkat akhir,” J. ilmu Kesehat., vol. 2, no. 258, pp. 18–24, 2023.
I. Fatmahendra and S. Nugraha, “Hubungan kecemasan dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa universitas islam bandung,” Pros. Psikol., vol. 4, no. 2, pp. 962–968, 2018.
D. T. M. Miftahul Jannah, “Prokrastinasi akademik (perilaku penundaan akademik) mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri surabaya,” BK UNESA, vol. 4, no. 3, pp. 1–8, 2014.
Zaki Nur Fahmawati, “Self-regulated learning to reduce academic procrastination of muhammadiyah boarding School students at SMP muhammadiyah 5 reinforcement,” Formosa J. Sustain. Res., vol. 2, no. 1, pp. 139–154, 2023, doi: 10.55927/fjsr.v2i1.2673.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Edisi kedu. Bandung: Alfabeta, 2019.
Siska Rahma Mayangsari, Hubungan efikasi diri dengan kecemasan akademik selama pembelajaran kuliah online (daring) pada mahasiswa baru, vol. 33, no. 1. 2022.
Muslimin, “Prokrastinasi akademik pada mahasiswa skripsi di universitas muhammadiyah malang ditinjau dari keaktifan berorganisasi,” pp. 1–55, 2018.
G. M N, Teori-Teori Psikologi. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
D. H. Ubaidillah Ferza Gautama, “Hubungan prokrastinasi akademik terhadap kecemasan pada mahasiswa skripsi,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 10388–10398, 2022.
I. Fatmahendra and S. Nugraha, “Hubungan Kecemasan dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung,” Pros. Psikol., pp. 962–968, 2018, [Online]. Available: https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11635
R. P. Rahayu, A. R. S. Putri, and M. Putri, “Hubungan Kecemasan dan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa,” Arch. Anesthesiol. Crit. Care, vol. 2, no. 1, pp. 10–14, 2024.
A. Puspitasari, “Konformitas Teman Sebaya terhadap Kecenderungan Kecanduan Media Sosial Tiktok pada Komunitas Remaja di Seberang Ulu 2 Palembang,” J. Ilm. PSYCHEV, vol. Vol. 15, pp. 95–104, 2012.
R. A. Cahyani, A. Suprapti, and M. T. Afriwilda, “Hubungan Antara Kecemasan Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa,” Skripsi, vol. 43, no. March, pp. 1–9, 2020.
P. Santri, “Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling Dan Implikasi Terhadap Layanan BK,” Fak. Tarb. Dan Kegur. Univ. Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2022.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.