Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Relationship Between Peer Social Support and Academic Procrastination in UMSIDA Students


Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa UMSIDA

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6597

Keywords:

Peer Social Support, Procrastination Academic, Students

Abstract

The purpose of this study is to determine the relationship between peer social support and academic procrastination in college students. This research method is quantitative correlation with the population of students of Muhammadiyah University of Sidoarjo samples amounted to 370 based on the Krejcie and Morgan table with a 5% error rate. Determination of the sample using accidental sampling technique. Data collection in this study used a social support scale of social peers and academic procrastination with a Likert scale model adopted from previous research. The results showed that there is a negative relationship between peer social support and academic procrastination in students of Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, with a value of r = -0.334 with a significance value of p = 0.000 (p < 0.05). The higher the peer social support, the lower the academic procrastination and vice versa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Haryanti and R. Santoso, “Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Aktif Berorganisasi,” SUKMA J. Penelit. Psikol., vol. 1, no. 1, pp. 41–47, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sukma/article/view/3592.

F. K. Dewi, “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokrastinasi Dalam Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Di Universitas Muhammadiyah Ponorogo,” Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2023.

Y. Yofiana et al., “Hubungan Kecemasan Belajar dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Hukum UNNES 2023,” J. Kult., vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2024.

J. R. Akerina and D. H. Wibowo, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa,” Humanlight J. Psychol., vol. 3, no. 1, pp. 1–14, 2022.

M. A. D. Krisnadhi and L. K. P. A. Susilawati, “Peran konformitas teman sebaya dan dukungan sosial orangtua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana,” J. Psikol. Udayana, vol. 6, no. 3, pp. 183–194, 2019.

J. Hartati, W. Achadi, Syarnubi, and M. M. Naufa, “Hubungan Prokrastinasi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Patah Palembang,” Al-Mada J. Agama Sosisal dan Budaya, vol. 5, no. 4, pp. 608–618, 2022.

P. W. Utami and Duryati, “Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2345–2353, 2023.

H. Tuaputimain and V. D. Tutupary, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Di Kalangan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi,” TANGKOLEH PUTAI, vol. 18, no. 2, pp. 146–159, 2021.

A. Saman, “Analisis prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan),” J. Psikol. Pendidik. Konseling J. Kaji. Psikol. Pendidik. dan Bimbing. Konseling, vol. 3, no. 2, pp. 55–62, 2017.

A. Z. Astari and D. Nastiti, “Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa,” Res. J. Anal. Invent., vol. 1, no. 2, 2023.

D. Shinta, “Hubungan Resiliensi Akademik Dan Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2015 Dan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Medan Area,” Universitas Medan Area, 2022.

F. Z. A. Sopha, “Peran Teman Sebaya Dalam Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ppkn Dan Upaya Lulus Tepat Waktu,” Universitas Lampung Bandar Lampung, 2022.

N. K. A. T. Wahyuningsih, M. V. Manangkot, and I. M. Rahajeng, “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan,” Community Publ. Nurs., vol. 10, no. 1, pp. 109–114, 2022.

I. D. G. A. Dinata and Supriyadi, “Hubungan kontrol diri , beban kerja dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Udayana yang bekerja part time,” J. Psikol. Udayana, pp. 103–115, 2019.

R. S. Rachmawan, D. Mahastuti, and A. M. Rahmania, “Kontrol Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” J. Psikol. POSEIDON, vol. 4, no. 2, pp. 62–77, 2021.

M. Sholihin, “Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi pengerjaan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2013-2014 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019.

A. R. Murni, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokrastinasi Dalam Menghafal Juz ‘Amma Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2018.

E. Prihandrijani, “Pengaruh motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa SMA ‘X’ di Surabaya.” UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA, 2016.

C. N. Cahyani, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Flow Akademik Pada Mahasiswa Prodi Psikologi Fakultas Psikologi Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo,” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2020.

R. Izzati, “Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo,” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2022.

M. A. Goss-Sampson, Analisis Statistik Menggunakan Jasp: Buku Panduan Untuk Mahasiswa. 2019.

R. Setiawati and A. Nurjanah, “Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Siswa,” Coution J. Couns. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 35–46, 2024.

P. Anastasya Inez, “Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik (Penundaan Tugas) Mahasiswa BK FKIP UPS Tegal Angkatan 2016.” Universitas Pancasakti Tegal, 2019.

Y. Tarumasely, Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri (Panduan untuk Mengembangkan Self-Regulated Learning). Academia Publication, 2024.

J. P. Udayana, “Hubungan kontrol diri, beban kerja dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Udayana yang bekerja part time,” 2019.

R. Cinthia and E. Kustanti, “Hubungan Antara Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa,” Empati, vol. 6, no. 2, pp. 31–37, 2017.

P. Simbolon and N. Simbolon, “Hubungan academic burnout dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa stikes santa elisabeth medan,” J. Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 96–107, 2021.

Marsela and A. Irianto, “Pengaruh Motivasi Belajar, Manajemen Waktu, dan Self- Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Departemen Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, pp. 9251–9259, 2023.

Posted

2024-09-18