Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Influence Between Social Skills and Optimism on the Ability of Problem Focused Coping in Working Students


Pengaruh Antara Social Skill dan Optimisme dengan Kemampuan Problem Focused Coping pada Mahasiswa yang Bekerja

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6389

Keywords:

Problem Focused Coping, Social Skill, Optimism, Student

Abstract

The rise in working students struggling to balance academic and job responsibilities often leads to increased stress, potentially resulting in problem-focused coping (PFC). This study explores how social skills and optimism impact PFC among students at the University of Muhammadiyah Sidoarjo who are employed. Utilizing a quantitative regression approach with a sample of 375 out of 12,730 students, the research employed accidental sampling for selection. Reliability scores for the instruments used were 0.891 for social skills, 0.919 for optimism, and 0.907 for PFC. Data analysis was conducted using multiple regression tests. Results revealed a positive relationship between optimism and PFC, with optimism being the stronger predictor (t = 4.256, p = 0.005). This indicates that higher optimism enhances problem-focused coping abilities. Therefore, the hypothesis that both optimism and social skills positively influence problem-focused coping is supported.

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. Khriste Dea Valentsia, S. Wijono, U. Kristen Satya Wacana, and J. Tengah, “Optimisme Dengan Problem Focused Coping Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir,” 2020. [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

W. Gamayanti, M. Mahardianisa, and I. Syafei, “Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi,” Psympathic J. Ilm. Psikol., vol. 5, no. 1, pp. 115–130, 2018, doi: 10.15575/psy.v5i1.2282.

A. K. Kesuma, Hubungan Antara Optimisme dengan Problem Focused Coping pada Mahasiswa Universitas Medan Area Fakultas Psikologi yang Bekerja Part Time. 2022. [Online]. Available: https://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18096%0Ahttps://repository.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/18096/4/178600032 - Anas Kusyadi Kesuma - Fulltext.pdf

S. F. Azmi, “Hubungan Antara Optimisme Dengan Kemampuan Problem Focused Coping Pada Mahasiswa Yang Bekerja Part Time,” Antimicrob. Agents Chemother., pp. 1–72, 2016, doi: 10.1128/AAC.03728-14.

C. Alkalah, “Hubungan antara kematangan emosi dengan problem focused coping mahasiswa di Ma’had Putra Sunan Ampel al-’Ali UIN Maliki Malang,” vol. 19, no. 5, pp. 1–23, 2016.

T. Rindahayu, “Hubungan Antara Hope dan Social Skill dengan Problem Focused Coping Pada Mahasiswa yang sedang Menyelesaikan Skripsi,” Psikologi, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022, [Online]. Available: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

R. Tiara, “Hubungan Antara Hope dan Social Skill dengan Problem Focused Coping Pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi,” no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.

Aries Nurkahfi and Endang Supraptiningsih, “Pengaruh Optimisme terhadap Strategi Coping,” Bandung Conf. Ser. Psychol. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 509–514, 2022, doi: 10.29313/bcsps.v2i1.1434.

O. Nabit Ifania and I. Sugiasih, “Dipresentasikan dalam Seminar Nasional dan Call for Paper "Penguatan Kesehatan Mental di Masa Pandemi,” 2021.

E. D. Aprilia and Y. Khairiyah, “Optimisme Menghadapi Persaingan Dunia Kerja Dan Adversity Quotient Pada Mahasiswa,” Seurune J. Psikol. Unsyiah, vol. 1, no. 1, pp. 18–33, 2018, doi: 10.24815/s-jpu.v1i1.9922.

B. Hasmayni and J. S. Lumbanbatu, “Gambaran Lifelifestyle pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Pengguna Iphone di Universitas Medan Area,” J. TEKESNOS J. Teknol. Kesehat. dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 1, pp. 9–16, 2019.

M. R. Al Musafiri and N. M. Umroh, “Hubungan Optimisme Tehadap Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan Skripsi,” J. At-Taujih, vol. 2, no. 2, p. 70, 2022, doi: 10.30739/jbkid.v2i2.1726.

A. R. Hakim and M. H. Hasmira, “Strategi Kuliah Sambil Bekerja Oleh Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Bekerja di Universitas Negeri Padang),” Naradidik J. Educ. Pedagog., vol. 1, no. 1, pp. 30–37, 2022, doi: 10.24036/nara.v1i1.6.

S. T. Raharjo and S. A. Prahara, “Mahasiswa Yang Bekerja: Problem Focused Coping Dengan Academic Burnout,” J. Sudut Pandang, vol. 2, no. 12, pp. 2798–5962, 2022, [Online]. Available: https://thejournalish.com/ojs/index.php/sudutpandang/article/view/410

Hanifah Mega Febyanti and Lia Aulia Fachrial, “Hubungan Problem Focused Coping Dengan Kecemasan Menangani Covid-19 Pada Perawat Rs Rujukan,” J. Kesehat. dan Kedokt., vol. 1, no. 2, pp. 9–15, 2022, doi: 10.56127/jukeke.v1i2.113.

S. A. K. Tri Semaraputri and I. M. Rustika, “Peran Problem Focused Coping Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Remaja Akhir Yang Menjadi Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana,” J. Psikol. Udayana, vol. 5, no. 01, p. 35, 2018, doi: 10.24843/jpu.2018.v05.i01.p04.

B. G. El Roy and C. H. Soetjiningsih, “Problem Focused Coping Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi: Apakah Terkait dengan Efikasi Diri Akademik?,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 10, no. 4, p. 644, 2022, doi: 10.30872/psikoborneo.v10i4.8773.

E. A. Rachman, “Self-adjustment pada mahasiswa yang mengikuti program MBKM: Bagaimana peranan social skill ?,” Sukma J. Penelit. Psikol., vol. 4, no. 01, pp. 140–151, 2023.

P. I. Drs, M. N. Malay, and M. Si, “Coping Pada Mahasiswa Yang Bekerja Part-Time Skripsi Diajukan untuk Melengkapi Tugas-Tugas dan Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi ( S . Psi ) Pada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung Oleh : LENY SEPTIYANY Pembi,” 2023.

T. Wariani, V. H. B. Hayon, and C. Bria, “Hubungan antara keterampilan sosial dengan hasil belajar mata kuliah dasar 1 mahasiswa angkatan tahun 2016/2017 program studi pendidikan kimia FKIP UNWIRA Kupang,” Semin. Nas. Pendidik. Sains II UKSW 2017, pp. 317–324, 2017.

A. T. Sari and N. Eva, “Hubungan Optimisme dan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Fresh Graduate yang sedang Mencari Pekerjaan : Sebuah Literature Review,” no. April, pp. 143–148, 2021.

R. A. Paryontri, G. R. Affandi, and S. Suprapti, “Peranan School Well–Being pada Flow Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Psikodimensia, vol. 20, no. 2, pp. 196–206, 2021, doi: 10.24167/psidim.v20i2.3708.

S. A. ARANI, “Hubungan Antara Optimisme Dengan Adversity Qoutient Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area Yang Bekerja,” vol. 44, no. 2, pp. 8–10, 2018.

R. Lubis et al., “Coping Stress Pada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja,” J. Penelit. Psikol., vol. 10, no. 01, pp. 18–28, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/53320/42766

R. A. Lusi, “Penyesuaian diri mahasiswa yang kuliah sambil bekerja,” Mediapsi, vol. 7, no. 1, pp. 5–16, 2021, doi: 10.21776/ub.mps.2021.007.01.2.

Posted

2024-08-22