Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Analysis of The Barriers to Learning to Read the Al Quran at MA Hasanuddin Gaprang Kanigoro Blitar Regency


Analisis Hambatan Pembelajaran Membaca Al Quran di MA Hasanuddin Gaprang Kanigoro Kabupaten Blitar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6167

Keywords:

Learning to Read the Quran, School Facilities, Teaching Methods

Abstract

The purpose of this study is to analyze and identify the factors that hinder students in learning to read the Quran. It is crucial to conduct research on the obstacles in Quran reading instruction so that teachers can improve their teaching methods. This research employs a qualitative method with an intensive and detailed approach through observation and interview techniques. The results of the study indicate several obstacles in Quran reading instruction, including: 1) a decline in students' interest in learning to read the Quran, 2) inadequate school facilities, and 3) outdated teaching methods, which result in students feeling bored during lessons. This study is expected to serve as a foundational reference for future research.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. N. Al Muiz and C. Umatin, “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri Melalui Metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath Kediri,” Edudeena J. Islam. Relig. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 78–86, 2022, doi: 10.30762/ed.v6i1.518.

K. Batistuta, Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Batu, no. 8.5.2017. 2022. [Online]. Available: www.aging-us.com

J. Nalysta and A. Kosasih, “Analisis Kesulitan Membaca dan Menulis Alquran Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama,” An-Nuha J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 2, pp. 27–32, 2021, [Online]. Available: http://annuha.ppj.unp.ac.id/index.php/annuha/index

F. Syafira Nurmala Salsabil, “Analisis faktor-faktor penghambat kemampuan membaca siswa,” pp. 18–24, 2023.

A. Mulia and A. Kosasih, “Strategi Guru PAI Dalam Menghadapi Kesulitan Membaca Alquran Peserta Didik Kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam,” An-Nuha, vol. 1, no. 3, pp. 271–280, 2021, doi: 10.24036/annuha.v1i3.80.

Arlina, D. Priantono, I. E. Nasution, R. Munawwarah, and Y. H. Lubis, “Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Siswa Kelas V-E di Sekolah MIN 12 Medan Tembung,” Al-Ubudiyah J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 57–66, 2022, doi: 10.55623/au.v3i2.117.

S. N. Khofifah and A. P. Astutik, “Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an,” vol. 6, no. 1, pp. 441–458, 2024, [Online]. Available: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf

A. Muzakki and N. N. Muksin, “Mengedukasikan Hikmah dan Manfaat Jika Rutin dalam Membaca Al-Qur’an pada Ruang Lingkup Remaja Masjid RW 08, KP. Kebantenan, Pondok Aren, Tangerang Selatan,” 2021.

D. Fitriani and F. Hayati, “Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas,” J. Pendidik. Islam Indones., vol. 5, no. 1, pp. 15–30, 2020, doi: 10.35316/jpii.v5i1.227.

B. Nurdiana, A. Z. Mafruhah, H. Hasbiyallah, and I. F. Ch, “Faktor Penghambat Kemampuan Siswa Smp Dalam Membaca Al-Quran,” Almarhalah | J. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 2, pp. 211–219, 2022, doi: 10.38153/almarhalah.v6i2.146.

M. Syaifullah, H. Siregar, Mawaddah, R. Dita, and S. R. Siregar, “Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas V MI/SD,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 2, p. 1, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4256/3556

A. Eku, “Analisis Problematika Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mahasiswa Semester 8 Jurusan Pendidikan Agama Islam Di Institute Agama Islam Negeri (Iain) Ternate,” vol. 10, no. 3, pp. 955–967, 2024.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2013.

D. Meningkatkan and H. Belajar, “Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar,” no. November, pp. 289–302, 2021.

N. Z. Elvira, Neviyarni, and H. Nirwana, “Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran,” J. Literasi Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 350–359, 2022, doi: https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767.

A. N. Huwaida, F. Asihanngtyas, S. N. Alviah, and U. M. Tangerang, “Pengaruh intelegensi dalam pendidikan anak,” vol. 2, pp. 42–49, 2020.

N. Purnamasari, Mulyadi, and M. Rohiq, “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 4530–4534, 2022.

A. Kurnia Sari, M. Nurhadi, and E. P. Tyas, “ANALISIS KARAKTERISTIK TERHADAP LATAR BELAKANG PESERTA DIDIK BAGI PEMBELAJARAN EFEKTIF,” pp. 30–33, 2022.

A. Rahman, “PENGARUH NEGATIF ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA REMAJA ( PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM ),” 2016.

I. Bararah, “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” J. MUDARRUSUNA, vol. 10, no. 2, pp. 351–370, 2020, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842

A. D. Afifatusholihah, “Pengaruh Metode Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips,” Din. Sos. J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos., vol. 1, no. 1, pp. 12–20, 2022, doi: 10.18860/dsjpips.v1i1.1010.

N. C. Dewi and T. Sobari, “Pengaruh alokasi waktu pembelajaran bahasa indonesia terhadap minat belajar siswa smk,” vol. 2, no. 2015, pp. 391–398, 2019.

L. Fitriyani, Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Metode Tartil di SDN 1 Kutadalom Kecamatan Gistig Kabupaten Tanggamus, vol. 1, no. 1. 2019.

S. D. Siani and B. Haryanto, “Implementasi Metode Fun Learning dalam Pembelajaran BTQ untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” pp. 1–13, 2024.

D. Irfansyah, M. Afifulloh, and N. Hasan, “IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK,” VICRATINA J. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 4, 2021

Posted

2024-08-15