The Influence of School Climate and Self-Efficacy on Students’ Learning Motivation of SMP Negeri 2 Candi
Pengaruh Iklim Sekolah dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Candi
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6107Keywords:
School Climate, Self Efficacy,, Learining MotivationAbstract
This study aims to determine the effect of school climate and self efficacy on student motivation. This research uses an inferential quantitative method and using questionnaire as data collection with Likert scale. The population in this study is the students of class VII, VIII, IX. Determination of the number of samples using the Raosoft Sample Size Calculator app and obtained 280 respondents. Hypothesis testing using multiple linear regression assisted using SPSS data processing. Hypothesis in this research is acceptable, there is an influence between school climate and self-efficacy on student motivation of SMP Negeri 2 students. The results showed that there was a simultaneous influence between school climate and self-efficacy on student learning motivation with an effective donation of 54.3%, while the remaining 45.7% was influenced by other variables not yet researched by researchers
Downloads
References
N. K. A. A. Nita dan G. N. S. Agustika, “Efikasi Diri dan Regulasi Diri Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar pada Siswa,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 11, no. 1, hal. 81–90, 2023, doi: 10.23887/jjpgsd.v11i1.58234.
Sunarti Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Dasar, no. November, hal. 289–302, 2021.
H. Aini, A. Rachman, dan E. C. Makaria, “Kontribusi efikasi diri dan kontrol diri terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VII di SMP negeri 4 Banjarmasin,” J. Pelayanan Bimbing. dan Konseling Progr. Stud. Bimbing. dan Konseling, vol. 04, no. 04, hal. 1–8, 2021.
A. Susana, “Profil Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung,” hal. 1–23, 2022.
S. Aprilianti, “Pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar agama madrasah diniyah di Karawang,” Uin-Malang.Ac.Id, hal. 73, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://etheses.uin-malang.ac.id/34295/%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/34295/1/18410090.pdf
K. Ferdianto, “Hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi belajar siswa SMP S PSM Bukittinggi,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, hal. 1–11, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://repository.unp.ac.id/22639/1/A_08_Kiki_Ferdianto_15011129_1744_2019.pdf
Y. R. Hawa dan Sutirman, “PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PEMANFAATAN FASILITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017,” vol. 6, no. 2, 2017.
E. Widiyaningtyas dan Muhyadi, “PENGARUH EFIKASI DIRI SISWA DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM DI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2017/2018,” vol. 313, no. 3, hal. 313–321, 2018.
Mardiana, F. Oviyanti, dan B. Anggara, “Hubungan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Persatuan Pedamaran,” vol. 3, no. 3, hal. 275–287, 2021.
R. Wati, N. Hidayat, dan H. Muharam, “Peningkatan Efektivitas Sekolah Melalui Pengembangan Efikasi Diri Guru Dan Iklim Sekolah,” J. Manaj. Pendidik., vol. 10, no. 1, hal. 016–023, 2022, doi: 10.33751/jmp.v10i1.5060.
F. A. Halawa dan F. Fensi, “Pengaruh Kecerdasan Emosi Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” vol. 4, no. 2, hal. 098–111, 2020.
A. H. Hermawan, “Pengaruh iklim sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar di SMPN 2 Purwosari Bojonegoro,” 2023.
D. Darmawan, F. Issalillah, E. Retnowati, dan D. R. Mataputun, “Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. Simki Pedagog., vol. 4, no. 1, hal. 11–23, 2021, doi: 10.29407/jsp.v4i1.13.
H. Sufani, D. M. Subrata, dan I. W. Sudhita, “Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VII di MTs. Al-Amin Tabanan,” J. Ikip Sar., 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/137%0Ahttps://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/download/137/173
Hamidah, “Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Tirtayasa,” 2020.
I. A. Agustin, “Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Agama Siswa Madrasah Diniyah di desa Ampel Wuluhan Jember,” 2023.
A. Laksmitaningtyas, “Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Membolos,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 8, no. 1, hal. 57, 2020, doi: 10.30872/psikoborneo.v8i1.4858.
U. M. R. Putra, “Hubungan Tekanan Teman Sebaya (Peer Pressure) Dan Iklim Sekolah Dengan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Smp,” 2024.
F. Solikhin, “Pengembangan Alat Ukur Tingkat Efikasi Diri Siswa dalam Pembelajaran Kimia,” J. Pengukuran Psikol. dan Pendidik. Indones., vol. 9, no. 1, hal. 11–18, 2020, doi: 10.15408/jp3i.v9i1.14491.
R. Hidayat dan L. W. A. Fergina, “Analisis Efikasi Diri Akademik Rendah pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 21 Pontianak,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 11, no. 12, hal. 3227–3237, 2022, doi: 10.26418/jppk.v11i12.60205.
N. Rangkuti, “Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah,” J. Bus. Theory Pract., vol. 10, no. 2, hal. 6, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://www.theseus.fi/handle/10024/341553%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1958%0Ahttp://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/4816%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/23790/17211077 Tarita Syavira Alicia.pdf?
N. Muhammad, C. Yohana, dan N. Fadillah, “Pengaruh Dukungan Keluarga dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas X SMK 49 Jakarta Utara,” Cendikia J. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 2, no. 3, hal. 171–188, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1051
S. N. Holisah, “Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Penghafal Al- qur’an PPTQ Darul Istiqomah Jember,” 2023.
N. Kur’ani, “Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar,” Psikol. Konseling, vol. 19, no. 2, hal. 1057, 2021, doi: 10.24114/konseling.v19i2.30435.
I. Maghfirah, C. W. Wolor, dan R. T. Sriwulan, “Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa,” hal. 59–74, 2023.
Z. Afif, D. S. Azhari, M. Kustati, dan N. Sepriyanti, “Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan , Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 3, hal. 682–693, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APenelitian
P. S. Mustafa, “Statistika Inferensial meliputi Uji Beda dalam Pendidikan Jasmani: Sebuah Tinjauan,” Didakt. J. Pemikir. Pendidik., vol. 28, no. 2(1), hal. 71–86, 2022, doi: 10.30587/didaktika.v28i2(1).4166.
K. Prasetyo dan A. Kriswibowo, “Public Trust Pada Pemerintahan Daerah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19,” vol. 8, no. April, hal. 25–38, 2022.
Raosoft. inc, “Raosoft Sample size calculator,” Online. [Daring]. Tersedia pada: http://www.raosoft.com/samplesize.html
I. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8,” Univ. Diponegoro Press, 2016.
Andhiyani Rahmasari Putri dan Ari Susanti, “Pengaruh E-Commerce, Sosial Media, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Belanja Shopee,” JRMSI - J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 13, no. 01, hal. 20–33, 2022, doi: 10.21009/jrmsi.013.1.02.
M. Lionardi dan S. Suhartono, “Pendeteksian Kemungkinan Terjadinya Fraudulent Financial Statement menggunakan Fraud Hexagon,” Monet. - J. Akunt. dan Keuang., vol. 9, no. 1, hal. 29–38, 2022, doi: 10.31294/moneter.v9i1.12496.
S. D. Yolandita, “Hubungan Self Efficacy (Efikasi Diri) Terhadap Motivasi Belajar Biologi Kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021,” 2021.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.