Analyzing Innovative Leadership, Development, Marketing Strategy And Organizational Commitment To Retention Of Different Generations Of Employees.
Membangun Talenta Masa Depan: Menganalisis Kepemimpinan Inovatif, Pengembangan, Strategi Pemasaran dan Komitmen Organisasi Pada Retensi Karyawan Generasi Berbeda di Era Disrupsi
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6039Keywords:
Innovative Leadership, Development, Marketing Strategy, Organizational Commitment, Retention of Different Generation Employees, Employee CommitmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kepemimpinan Inovatif, Pengembangan, Strategi Pemasaran dan Komitmen Organisasi terhadap Retensi Karyawan Berbagai Generasi di Era Disrupsi. Penelitian ini menggunakan non-random sampling dalam penelitian ini, yang dilakukan dengan Quota Sampling, yaitu pengambilan sampel dengan menentukan subjek yang akan diteliti sebanyak 170 responden. Random sampling dilakukan untuk memastikan representasi bisnis yang beragam di berbagai sektor kreatif, termasuk mode, kriya, dan kuliner. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS). Hasil Penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen (kepemimpinan inovatif, pengembangan, strategi pemasaran) dan variabel dependen (retensi karyawan berbagai generasi) di era disrupsi. Pemimpin yang inovatif, melalui kemampuannya menciptakan lingkungan kerja yang memotivasi dan memberdayakan karyawan, berkontribusi terhadap retensi karyawan berbagai generasi. Pengembangan karyawan juga memegang peranan penting dalam meningkatkan loyalitas dan retensi karyawan, dengan memberikan kesempatan untuk pertumbuhan karier. Selain itu, strategi pemasaran yang tepat sasaran dan kreatif dapat membangun citra positif bagi organisasi, yang pada gilirannya meningkatkan komitmen dan retensi karyawan dari berbagai generasi. Komitmen organisasi juga bertindak sebagai mediator antara strategi pemasaran dan retensi karyawan dari berbagai generasi, menunjukkan bahwa komitmen yang kuat dari organisasi dapat meningkatkan tingkat retensi karyawan dari berbagai generasi.
Downloads
References
V. S. Kiran, V. Shanmugam, R. K. Raju, and J. R. Kanagasabapathy, “Impact of Human Capital Management on Organizational Performance With the Mediation Effect of Human Resource Analytics,” Int. J. Prof. Bus. Rev., vol. 7, no. 3, p. e0667, Oct. 2022, doi: 10.26668/businessreview/2022.v7i3.0667.
E. Rombaut and M.-A. Guerry, “The effectiveness of employee retention through an uplift modeling approach,” Int. J. Manpow., vol. 41, no. 8, pp. 1199–1220, Apr. 2020, doi: 10.1108/IJM-04-2019-0184.
E. Kostanek and V. Khoreva, “Multi-generational Workforce and Its Implication for Talent Retention Strategies,” in Psychology of Retention, M. Coetzee, I. L. Potgieter, and N. Ferreira, Eds., Cham: Springer International Publishing, 2018, pp. 203–221. doi: 10.1007/978-3-319-98920-4_10.
P. Poisat, M. R. Mey, and G. Sharp, “Do talent management strategies influence the psychological contract within a diverse environment?,” SA J. Hum. Resour. Manag., vol. 16, Jul. 2018, doi: 10.4102/sajhrm.v16i0.1044.
Shamsa Al Mheiri, Fauzia Jabeen, and Salam Abdallah, “Inhibitors of Talent Retention in UAE Public Healthcare,” Int. J. Bus. Soc., vol. 22, no. 1, pp. 74–101, Mar. 2021, doi: 10.33736/ijbs.3163.2021.
Poonam Jindal and Mohsin Shaikh, “Talent Retention: A Mediator of the Relationship Between Talent Management Strategies and Succession Planning,” Asian Acad. Manag. J., Dec. 2021, doi: 10.21315/aamj2021.26.2.6.
B. Setiawan and T. S. Saputra, “Literasi Keuangan Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Kota Palembang,” J. Abdimas Mandiri, vol. 4, no. 2, Jan. 2021, doi: 10.36982/jam.v4i2.1258.
H. Nurani, E. Dwiana, and E. Eti, “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Usaha Dan Penggunaan Informasi Terhadap Kinerja Pengambilan Keputusan Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan (Survey Pada Umkm di Cimahi),” Sosiohumaniora, vol. 15, no. 3, p. 261, Nov. 2021, doi: 10.24198/sosiohumaniora.v15i3.5751.
H. Izzati, A. Andiyan, and W. A. Darwin, “Filosofi Sunda dalam Konsep Lanskap Bangunan Kolonial di Kota Bandung,” ARSITEKTURA, vol. 21, no. 1, p. 107, May 2023, doi: 10.20961/arst.v21i1.70709.
R. A. Putra Nurdiansyah, N. Karina, H. Muflihussalam, and T. Hidayat, “Analisis Potensi Daya Tarik Wisata Kuliner Sudirman Street Bandung,” Manaj. Dan Pariwisata, vol. 2, no. 1, pp. 77–88, Apr. 2023, doi: 10.32659/jmp.v2i1.258.
A. O. Cahyaningrum, R. M. Permana, A. Y. Rukmana, Suroso, and Fachrurazi, “Regulatory Environmental Impact, Contract Law, Intellectual Property Rights, and Taxation of Entrepreneurial Activities in Bandung City,” J. Ekon. Dan Kewirausahaan West Sci., vol. 1, no. 02, pp. 109–121, Mar. 2023, doi: 10.58812/jekws.v1i02.250.
D. S. Heryani and R. Irviani, “Analisis Peran Sumber Daya Insani Dan Akses Lembaga Keuangan Syariah Terhadap Minat Pengembangan Industri Kreatif di Indonesia”.
S. P. Rahmadana, “Household Industry Development through the Concept of Creative Economy (Case Study of Kripsus Industry in Sidowungu Village, Gresik),” JMM17 J. Ilmu Ekon. Dan Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 9–14, Apr. 2023, doi: 10.30996/jmm17.v10i1.7403.
K. Mere, M. H. Santoso, H. U. Rahmawati, and M. A. K. Harahap, “Peran Ekonomi Kreatif Dalam Menggerakkan Pertumbuhan Ekonomi Lokal,” no. 6, 2023.
A. N. Aryanti, P. P. Rahmi, H. Hendrayati, and A. Rahayu, “Industri kreatif unggul melalui strategi inovasi dan pentahelix collaboration: langkah pemulihan bisnis di covid19,” vol. 19, no. 1, pp. 163–177, 2023.
R. F. Ishak and S. Somadi, “Analisis Efisiensi Industri Kreatif Unggulan Kota Bandung Dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis: Analisis Efisiensi Industri Kreatif Unggulan Kota Bandung Dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis,” Competitive, vol. 14, no. 1, pp. 1–13, Dec. 2019, doi: 10.36618/competitive.v14i1.503.
B. Chillakuri and R. Mogili, “Managing millennials in the digital era: building a sustainable culture,” Hum. Resour. Manag. Int. Dig., vol. 26, no. 3, pp. 7–10, Jun. 2018, doi: 10.1108/HRMID-11-2017-0168.
W. M. Yap and S. K. Zainal Badri, “What Makes Millennials Happy in their Workplace?,” Asian Acad. Manag. J., vol. 25, no. 1, Jun. 2020, doi: 10.21315/aamj2020.25.1.6.
C. Kabwe and S. Tripathi, “My talent or yours? A labour process analysis of talent management in practice,” Compet. Change, vol. 24, no. 2, pp. 178–199, Apr. 2020, doi: 10.1177/1024529419848647.
Z. H. Z. Syahrul Idzuan Mohamad, Nur Riza Mohd Suradi Siti Norafidah Mohd Ramli, “Talent Management and Public Service Competitiveness in Malaysia,” J. Pengur., vol. 69, Sep. 2023, doi: 10.17576/pengurusan-2023-69-03.
N. E. Barkhuizen and B. Gumede, “The relationship between talent management, job satisfaction and voluntary turnover intentions of employees in a selected government institution,” SA J. Hum. Resour. Manag., vol. 19, no. 0, Art. no. 0, Feb. 2021.
A. Mahfoozi, S. Salajegheh, M. Ghorbani, and A. Sheikhi, “Developing a talent management model using government evidence from a large-sized city, Iran,” Cogent Bus. Manag., vol. 5, no. 1, p. 1449290, Jan. 2018, doi: 10.1080/23311975.2018.1449290.
J. A. Gómez-Limón, C. Gutiérrez-Martín, and N. M. Montilla-López, “Agricultural Water Allocation under Cyclical Scarcity: The Role of Priority Water Rights,” Water, vol. 12, no. 6, p. 1835, Jun. 2020, doi: 10.3390/w12061835.
A. Malik, M. T. T. De Silva, P. Budhwar, and N. R. Srikanth, “Elevating talents’ experience through innovative artificial intelligence-mediated knowledge sharing: Evidence from an IT-multinational enterprise,” J. Int. Manag., vol. 27, no. 4, p. 100871, Dec. 2021, doi: 10.1016/j.intman.2021.100871.
E. Marinakou and C. Giousmpasoglou, “Talent management and retention strategies in luxury hotels: evidence from four countries,” Int. J. Contemp. Hosp. Manag., vol. 31, no. 10, pp. 3855–3878, Oct. 2019, doi: 10.1108/IJCHM-10-2018-0862.
C. Napathorn Suchada Chanprateep, “Translation of MNCs’ Corporate Talent Management Strategies: The Case of MNCs in Thailand,” Acad. Manag. Proc., vol. 2018, no. 1, p. 11660, Aug. 2020, doi: 10.5465/AMBPP.2018.11660abstract.
R. Schreuder and S. Noorman, “Strategic talent development – making the best people in crucial positions better,” Strateg. HR Rev., vol. 18, no. 6, pp. 263–267, Nov. 2019, doi: 10.1108/SHR-04-2019-0034.
K. Sen and A. Bhattacharya, “Attracting and managing talent, how are the top three hotel companies in India doing it?,” Worldw. Hosp. Tour. Themes, vol. 11, no. 4, pp. 404–417, Aug. 2019, doi: 10.1108/WHATT-04-2019-0021.
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta,CV, 2019. Accessed: Apr. 02, 2024. [Online]. Available: //library.nusaputra.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1629
J. F. Hair, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling,” in Handbook of Market Research, Cham: Springer International Publishing, 2021, pp. 1–47. doi: 10.1007/978-3-319-05542-8_15-2.
Imam Ghozali, “Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris.”
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.