Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Increasing Learning Concentration Through WBT (Whole Brain Teaching) Learning Method In Children Aged 5-6 Years At Aisyiyah Cepoko Blitar Kindergarten


Peningkatan Konsenterasi Belajar Melalui Metode Pembelajaran Wbt (Whole Brain Teaching) Pada Anak Usia Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Cepoko Blitar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6030

Keywords:

Concentration, Whole Brain Teaching, Early Childhood

Abstract

When someone is concentrating,  as a result the information received is information that has been obtained specifically. Early childhood is a golden period in life where at this time the process of growth and development in various aspects is experiencing a rapid period in the development span of human life. At this time, children will very easily grasp the information given or taught, so it is necessary to form children's concentration in learning. By using a comprehensive approach, involving the child's entire brain, and collaboration between teachers and students used in the Whole Brain Teaching method, it is hoped that focusing the child's focus in concentrating will be easier and more effective for young children. The class completion score reached 85% in cycle II, a significant increase from 59% in cycle I and 35% in pre-cycle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

U. M. S. Annisa, Rifka Retno and -, Dr. Wiwien Dinar Pratisti, M.Si, Psi and -, Dra. Zahrotul Uyun, M. Si, Psi (2019) Efektivitas Manajemen Kelas Untuk Menurunkan Gangguan Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siswa SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta. Thesis th, “Efektivitas Manajemen Kelas Untuk Menurunkan Gangguan Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siswa SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta,” Appl. Microbiol. Biotechnol., vol. 85, no. 1, pp. 2071–2079, 2014.

H. Rasyid, “Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan,” J. Pendidik. Anak, vol. 4, no. 1, pp. 565–581, 2015, doi: 10.21831/jpa.v4i1.12345.

K. E. C. Mararangkayu and K. A. B. Kutai, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Dengan Kegiatan Menganyam Kain Perca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Muda Kersik,” vol. 02, no. 02, pp. 38–52, 2017.

W. Chalidaziah, “KONDISI KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI

TAMAN KANAK-KANAK X Early Childhood Learning Concentration Conditions in Taman Kanak-Kanak X,” vol. 1, no. 1, 2018.

K. (2022) Rahmah, “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran STEAM di TK Madinah Safitri. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.,” pp. 1–7, 2021.

S. H. Khotimah, T. Sunaryati, and S. Suhartini, “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 676, Aug. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.683.

S. Pratiwi and Y. Nur Asi, “Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit,” J. Anaking, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2022, [Online]. Available: www.journal.stai-musaddadiyah.ac.id

L. Iswandi, “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Al Mahsuni, vol. 2, no. 1, pp. 16–22, 2019.

D. Syukurti, “Penerapan Model Pmbelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar,” J. Ilm. Tekonologi Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 31–37, 2020.

D. N. Hafrianti, S. Wahyuningsih, and V. Sholeha, “Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Whole Brain Teaching,” Kumara Cendekia, vol. 8, no. 4, p. 402, 2020, doi: 10.20961/kc.v8i4.45369.

M. Nasirun, Y. Yulidesni, and M. E. Daryati, “Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa pada Anak Usia Dini melalui Metode Drill,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 441, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.506.

A. Zulfa, A. Fatahillah, T. Hidayat, T. D. Anayah, and U. L. Azmi, “Makna Penting Penelitian Tindakan Kelas Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa,” J. Kreat. Mhs., vol. 1, no. 1, pp. 57–65, 2023.

N. W. Rati, D. Ayu, and K. Dewi, “BELAJAR SISWA,” vol. 1, pp. 47–51, 2017.

B. A. B. Iii and M. Penelitian, “Meningkatnya Aktivitas Siswa Dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Stad Dan Hasil Belajar Siswa Terutama Pada Mata Pelajaran

Pendidikan Kewarganegaraan,” pp. 22–38, 2006.

V. I. N. A. Usman Mulbar, “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Poe (Predict-Observe- Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi Ipa-1 Sman 22 Makassar,” Daya Mat. J. Inov. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, p. 51, 2015, doi: 10.26858/jds.v3i1.1317.

L. D. Putra, “Penerapan Gamifikasi Menggunakan Aplikasi Kahoot! Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Kelas Xi Tkj 1 Smk Negeri 2 Yogyakarta,” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2019.

J. U. Dini, M. P. Manurung, and D. Simatupang, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai,” 2019.

C. N. Aulina, “Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.31004/obsesi.v2i1.1.

J. Pgsd, U. N. U. Ntb, W. D. Febriani, and F. F. Pratama, “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Whole Brain Teaching Pada Pembelajaran PPKn SD,” vol. 3, no. 1, pp. 14–27, 2023.

D. N. Hafrianti, S. Wahyuningsih, and V. Sholeha, “Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Whole Brain Teaching,” Kumara Cendekia, vol. 8, no. 4, p. 402, 2020, doi: 10.20961/kc.v8i4.45369.

Posted

2024-08-14