The Effect of the Picture and Picture Method on Sitting Endurance of Early Childhood Education Students
Pengaruh Metode Picture And Picture Dengan Ketahanan Duduk Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5974Keywords:
Siiting Endurance, Early Childhood Education, Picture and PictureAbstract
Sitting endurance in early childhood plays a crucial role in learning. With this low ability, it can be a challenge in the context of teaching and learning activities in the classroom. To cope with this, a variety of methods have been developed to improve the sedentary resistance of children of all ages. One of them is the Picture and Picture method to improve early childhood seating resistance. This study aims to evaluate the influence of Picture and Picture methods on the sedentary resistance of early childhood education students(PAUDs). As for the research method used, it is a quantitative single-subject experiment with an interrupted time series design. This research uses the A-B-A method. The subject selection technique is purposive sampling. The research instrument is a checklist. The analysis in this study uses visual data graphs for two stages, namely in conditions and between conditions
Downloads
References
S. F. N. Fitri, “Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, hlm. 1617–1620, Mei 2021, Diakses: 29 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148
A. rahim Faqih, “Bimbingan dan Konseling dalam Islam.” Diakses: 29 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://onesearch.id/Record/IOS3107.25869
S. B. Djamarah, “Psikologi belajar.” Diakses: 29 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22525
Nurlaili, “Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.” Diakses: 29 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1518
H. S. Rahman, Konsep dasar pendidikan anak usia dini. PGTKI Press, 2002.
M. P. Manurung dan D. Simatupang, “Meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan metode bercerita di TK ST Theresia Binjai,” J. Usia Dini, vol. 5, no. 1, hlm. 58–75, 2019.
H. Baharun, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE,” Cendekia J. Kependidikan Dan Kemasyarakatan, vol. 14, no. 2, Art. no. 2, Des 2016, doi: 10.21154/cendekia.v14i2.610.
S. H. Khotimah, T. Sunaryati, dan S. Suhartini, “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Agu 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.683.
Miftahillah, “Relasi Pendidikan Orang Tua Dengan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di RA Kabupaten Pasuruan.” Diakses: 29 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/93
P. P. Sari, “Meningkatkan Ketahanan Duduk Dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Maze (Single Subject Research di Kelas II SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang) | Semantic Scholar.” Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/MENINGKATKAN-KETAHANAN-DUDUK-DALAM-PROSES-PADA-ANAK-Sari/b0303a75d7fcdbb03cbbdf915abca3ef8f7c7721
T. Drinks, “When Do Kids Start Sitting Still?,” Understood. Diakses: 5 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.understood.org/en/articles/when-do-kids-start-sitting-still
G. Cardon, D. De Clercq, I. De Bourdeaudhuij, dan D. Breithecker, “Sitting Habits In Elementary Schoolchildren: A Traditional Versus A ‘Moving School,’” Patient Educ. Couns., vol. 54, no. 2, hlm. 133–142, Agu 2004, doi: 10.1016/S0738-3991(03)00215-5.
N. Suseno dan R. Riswanto, “Sistem Pengelolaan Laboratorium Fisika Untuk Mewujudkan Pelaksanaan Praktikum Yang Efisien,” J. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Mar 2017, doi: 10.24127/jpf.v5i1.743.
H. F. Neville dan J. Williams, Is This a Phase?: Child Development and Parent Strategies from Birth to Six. PARENTING PR INC, 2007.
A. Shafitri, “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Islami Menggunakan Brain Gym untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Mts NU Al-Falah Tanjungrejo Kudus,” skripsi, IAIN KUDUS, 2022. Diakses: 15 Juni 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.iainkudus.ac.id/9736/
Tarmansyah, Terapi Okupasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa, 2010.
N. A. Humaira dan M. Mawardah, “Efektivitas Media Maze Untuk Meningkatkan Ketahanan Duduk Anak Autisme Kelas VI Di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Jan 2024, doi: 10.31004/cdj.v5i1.24067.
C. Cecep, D. T. Waskita, dan N. Sabilah, “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi.” Diakses: 5 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/369140453_UPAYA_MENINGKATKAN_KONSENTRASI_BELAJAR_ANAK_USIA_DINI_MELALUI_METODE_DEMONSTRASI
R. Riinawati, “Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar.” Diakses: 2 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/886
S. Safaruddin, A. Mardiyah, R. Dewi, dan A. Almanawara, “Pengaruh Penataan Posisi Tempat Duduk Terhadap Ketahanan Duduk Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran,” EduHumaniora J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 12, hlm. 125–130, Jul 2020, doi: 10.17509/eh.v12i2.17345.
Khadijah, M. Sit, Rustam, H. Purba, dan F. Nasution, “Perkembangan Kemampuan Anak Usia Dini.” Diakses: 22 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.uinsu.ac.id/13993/1/1.%20Buku%20Perkembangan%20Anak%20Usia%20Dini
A. RATNAYANTI, S. Syafdaningsih, dan S. Sumarni, “Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola Pada Anak Kelompok B Tk Negeri Pembina Gelumbang,” undergraduate, Sriwijaya University, 2018. Diakses: 6 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.unsri.ac.id/12246/
J. Chen, “Influence and Implications of Parenting Styles on Young Children’s Concentration,” J. Educ. Humanit. Soc. Sci., vol. 22, hlm. 257–263, Nov 2023, doi: 10.54097/ehss.v22i.12432.
M. S. Rambe dan N. Yarni, “PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DIAN ANDALAS PADANG,” J. Rev. Pendidik. Dan Pengajaran JRPP, vol. 2, no. 2, hlm. 291–296, Des 2019, doi: 10.31004/jrpp.v2i2.486.
A. S. Arini, “Pengaruh musik terhadap daya tahan konsentrasi belajar anak autis di SLB River Kids,” diploma, Universitas Negeri Malang, 2022. Diakses: 6 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.um.ac.id/267167/
H. Hasnawati dan M. Brantasari, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Dengan Kegiatan Menganyam Kain Perca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Tunas Muda Kersik Kec.Mararangkayu Kab. Kutai Kartanegara.” Diakses: 6 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/339764631_MENINGKATKAN_KONSENTRASI_ANAK_DENGAN_KEGIATAN_MENGANYAM_KAIN_PERCA_PADA_ANAK_USIA_5-6_TAHUN_DI_TK_TUNAS_MUDA_KERSIK_KECMARARANGKAYU_KAB_KUTAI_KARTANEGARA
S. Pratiwi dan Y. N. Asi’ah, “Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit,” J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini Anaking, vol. 1, no. 1, hlm. 114–122, Agu 2022, Diakses: 29 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/194
D. N. Pratiwi, “Hubungan Gaya Belajar Dan Konsentrasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri Gugus IV Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2018/2019,” 2019.
R. Rustianingsih dan A. F. Nisa, “Penerapan Metode Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Pada Pembelajaran IPA Untuk Mengakomodasi Kesiapan Dan Gaya Belajar Siswa Kelas V.” Diakses: 2 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/8399
B. D. P. & M. Hernacki, Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan". PT Mizan Publika, 2007.
B. Carsone, K. Green, W. Torrence, dan B. Henry, “Systematic Review of Visual Motor Integration in Children with Developmental Disabilities,” Occup. Ther. Int., vol. 2021, hlm. 1801196, Jul 2021, doi: 10.1155/2021/1801196.
M. F. Westerveld, S. A. Malone, S. Clendon, R. Bowen, G. Hayley, dan J. Paynter, “The home literacy environment of school-age autistic children with high support needs,” J. Appl. Res. Intellect. Disabil., vol. 37, no. 5, hlm. e13284, 2024, doi: 10.1111/jar.13284.
S. Wardani, Damri, dan Zulmiyetri, “Meningkatkan Ketahanan Duduk Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas I Melalui Planned Humor Menggunakan Boneka Tangan (SSR di SLB Negeri 1 Padang).” Diakses: 22 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://docplayer.info/45874635-Meningkatkan-ketahanan-duduk-bagi-anak-tunagrahita-ringan-kelas-i-melalui-planned-humor-menggunakan-boneka-tangan-ssr-di-slb-negeri-1-padang.html
N. I. Putri, “Efektivitas Bermain Tebak Isi Gelas Untuk Meningkatkan Ketahanan Duduk Anak Hiperaktif Di Kelas Persiapan SLB Fan Redha Padang(Single Subject Research),” J. Penelit. Pendidik. Khusus, vol. 4, no. 3, Art. no. 3, Mar 2017, doi: 10.24036/jupe70650.64.
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Cet. 4. Bandung: Pustaka Setia., 2011. Diakses: 22 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=9573&keywords=
D. E. Gusmita, “Penggunaan Media Gambar Berwarna Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Di Paud Witri 1 Kota Bengkulu,” other, Iain Bengkulu, 2018. Diakses: 22 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.iainbengkulu.ac.id/2851/
P. S. Beach, G. Reid, dan D. H. Collier, “Motor Learning and Development.” Diakses: 5 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books/about/Motor_Learning_and_Development.html?id=9vF6DwAAQBAJ&redir_esc=y
D. A. Herzamzam, N. Diniarti, dan M. Lasminingsih, “Peningkatan Konsentrasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Di SDN Wanasari 01,” Griya J. Math. Educ. Appl., vol. 2, no. 4, hlm. 1157–1167, Jan 2023, doi: 10.29303/griya.v2i4.276.
S. Salingkat, T. Bidjai, dan F. Yalumani, “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” Damhil Educ. J., vol. 2, no. 2, hlm. 96, Nov 2022, doi: 10.37905/dej.v2i2.1590.
Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.” Diakses: 30 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=20670
J. Sunanto, “Pengantar penelitian dengan subyek tunggal,” No Title, 2005, Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000794560755584
E. Syukria dan R. Rahmahtrisilvia, “Efektivitas Token Economy Dalam Meningkatkan Ketahanan Duduk Pada Anak ADHD,” MSI Trans. Educ., vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Mar 2022, doi: 10.46574/mted.v3i1.75.
E. Rochyadi, Pengembangan Program Pembelajaran Individual Bagi Anak Tunagrahita. Depdiknas (Dit.PPTK & KPT), 2005.
A. Asna, “Peningkatan Konsentrasi Siswa dengan Metode Picture To Picture pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan di Kelas VII SMP Negeri 7 Muara Bungo,” J. Muara Pendidik., vol. 4, no. 1, hlm. 268–275, Jun 2019, doi: 10.52060/mp.v4i1.129.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.