Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Influence of Peer Social Support and Self-Control on Student Motivation at Muhammadiyah Sidoarjo University


Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kontrol Diri terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5882

Keywords:

Peer Support, Self-Control, Learning Motivation

Abstract

This study aims to examine the effect of peer social support and self-control on student learning motivation at Muhammadiyah Sidoarjo University using inferential quantitative methods. Data collection techniques with Likert scale questionnaires. Data analysis techniques using multiple linear regression processed using JASP. The scale used includes 35 items of peer social support (α = 0.876), 28 items of self-control (α = 0.712), and 28 items of learning motivation (α = 0.761). The sample was taken by accidental sampling from 252 students of the Faculty of Psychology and Education. The results showed a significant influence between peer social support and self-control on learning motivation with a p value of <0.001.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Muhammad, “Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran,” LJ, vol. 4, no. 2, p. 87, Sep. 2017, doi: 10.22373/lj.v4i2.1881.

D. W. Pratama and D. Rusmawati, “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar dalam Program Sekolah Lima Hari di SMAN 5 Semarang,” Jurnal EMPATI, vol. 6, no. 4, pp. 231–235, Mar. 2018, doi: 10.14710/empati.2017.20059.

A. Alfonso, “Motivasi belajar peserta didik jenjang pendidikan dasar daerah 3T kabupaten bengkayang di masa pandemi covid-19,” JPIS, vol. 10, no. 2, pp. 133–143, Dec. 2021, doi: 10.31571/saintek.v10i2.3379.

A. D. Hasibuan, “Teaching Clinic sebagai Upaya Mengentaskan Learning Loss Mahasiswa Pasca Pandemi Covid-19.”

Ahiruddin and H. Suharyati, “Analisis Rendahnya Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Teknik Pemecahan Masalah Kreatif,” ILMA, vol. 2, no. 1, pp. 58–66, Sep. 2023, doi: 10.58569/ilma.v2i1.610.

F. Ferdian Farhan, O. Usman, and R. F. Rachmadania, “Pengaruh Keaktifan Organisasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa,” comserva, vol. 2, no. 09, pp. 1720–1728, Jan. 2023, doi: 10.59141/comserva.v2i09.574.

C. F. Djarwo, “Analisis Faktor Internal dan Eksternal terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura,” vol. 7, 2020.

M. Kumala, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ners Semester t Stikes Patria Husada Blitar”.

M. Dianto., M.Pd., “Profil Dukungan Sosial Orang Tua Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan,” Jurnal Counseling Care, vol. 1, no. 1, pp. 42–51, May 2017, doi: 10.22202/jcc.2017.v1i1.1994.

E. I. Saputri and L. Sabdaningtyas, “Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar”.

R. Ramadhon, “Pengaruh Beasiswa terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya”.

D. Isnawati and D. H. F. Suhariadi, “Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Masa Persiapan Pensiun Pada Karyawan PT Pupuk Kaltim,” vol. 1, no. 3, 2012.

S. W. Simarmata and F. I. K. Karo, “Pengaruh Teman Sebaya terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X SMK Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018”.

I. Hanapi and I. M. Agung, “Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa”.

N. N. Santi and R. I. Khan, “Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” JPDN, vol. 4, no. 2, p. 191, Aug. 2019, doi: 10.29407/jpdn.v4i2.13013.

P. P. Paramithasari and E. K. Dewi, “Hubungan antara Kontrol Diri dengan Pengungkapan Diri di Jejaringan Sosial pada Siswa SMA Kesatrian 1 Semarang”.

T. P. Amsari and R. D. D. Nurhadianti, “Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepatuhan Santri dalam Melaksanakan Tata Tertib,” vol. 4, no. 1, 2020.

S. Sari, A. Murad, and A. Aziz, “Hubungan Antara Kontrol Diri dan Motivasi Belajar dengan Kedisiplinan Siswa SMA As-syafi’iyah Medan,” Tabularasa, vol. 2, no. 1, pp. 63–68, Jan. 2020, doi: 10.31289/tabularasa.v2i1.290.

A. N. Hasanah, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa,” Psikoborneo, vol. 5, no. 3, Sep. 2017, doi: 10.30872/psikoborneo.v5i3.4425.

N. N. Nofitriani, “Hubungan antara Kontrol Diri dan Harga Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Gadget pada Siswa Kelas XII SMAN 8 Bogor,” vol. 4, no. 1, 2020.

I. D. Astaurina and Y. Yuliejantiningsih, “Hubungan Kontrol Diri dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tayu”.

A. P. Puteri and D. K. Dewi, “Hubungan antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya,” vol. 8, no. 6, 2021.

A. Eldanto, G. Hoendarto, and T. Willay, “Penerapan Metode Statistika Inferensial sebagai Alat Bantu Hitung dengan Solusi Komprehensif,” vol. 5, no. 2.

M. Syafi'i, “Hubungan antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang".

N. Prayogy, “Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh”.

M. Mona, J. Kekenusa, and J. Prang, “Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Studi Kasus: Petani Kelapa Di Desa Beo, Kecamatan Beo Kabupaten Talaud,” dC, vol. 4, no. 2, p. 196, Jun. 2015, doi: 10.35799/dc.4.2.2015.9211.

C. K. Setiawan and S. Y. Yosepha, “Pengaruh Green Marketing dan Branding Image terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo),” m-pu.v10i1, vol. 10, no. 1, Jan. 2020, doi: 10.35968/m-pu.v10i1.371.

L. Dewi and S. Nathania, “Pengukuran Aspek Kepuasaan Konsumen Le Fluffy Dessert,” JBT, vol. 2, no. 01, pp. 61–72, Jun. 2018, doi: 10.24123/jbt.v2i01.1087.

E. Yaldi et al., “Penerapan Uji Multikoliniear dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia,” Jumanage, vol. 1, no. 2, pp. 94–102, Jul. 2022, doi: 10.33998/jumanage.2022.1.2.89.

C. Mokosolang, J. Prang, and M. Mananohas, “Analisis Heteroskedastisitas Pada Data Cross Section dengan White Heteroscedasticity Test dan Weighted Least Squares,” dC, vol. 4, no. 2, p. 172, Jun. 2015, doi: 10.35799/dc.4.2.2015.9056.

A. R. Yulianto, H. Subariyanti, and A. K. Wardhana, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan”

S. T. Hidayati, “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTS Al-Yasini Pasuruan,” 2016.

A. P. Damayanti, Y. Yuliejantiningsih, and D. Maulia, “Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” vol. 5, no. 2, 2021.

M. A. Baehaqi, U. D. A. Wibowo, and D. S. Septiningsih, “Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes.”

R. D. Marsela and M. Supriatna, “Kontrol Diri : Definisi dan Faktor” 2019.

A. D. Shanam, O. R. Setiawan, S. M. P. Lestari, and P. Rukmono, “Kontrol Diri dengan Motivasi Belajar SMA Negeri 1.”

Posted

2024-08-14