Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Relationship of Peer Support and Parental Attachment to Emotional Quotient in Vocational High School (SMK) Students


Hubungan Dukungan Teman Sebaya dan Kelekatan Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5836

Keywords:

Emotional Intellegence, Peer Social Support, parental attachment

Abstract

This study aims to determine the relationship between peer support and parental attachment with emotional intelligence in Vocational High School (SMK) students. The variables used are peer support and parental attachment as independent variables (X) and emotional intelligence as the dependent variable (Y). The researcher employed a quantitative correlational approach with a sample of 247 students through proportionate stratified random sampling. The research instruments included adapted scales for emotional intelligence, peer support, and parental attachment. The analysis results showed that peer support and parental attachment are related to emotional intelligence by 17%, while the remaining 83% is influenced by other variables outside this study.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Lindawati, D. P. Lubis, dan A. Fatchiya, “Pengaruh Komunikasi Siswa SMK dengan Orang Tua, Guru, dan Teman Sebaya terhadap Kematangan Kariernya,” Jurnal Komunikasi Pembangunan, vol. 20, no. 02, hlm. 140–154, Jul 2022, doi: 10.46937/20202240696.

D. Wulandari, “Gambaran Kecerdasan Emosional Pada Siswa SMKN 1 Jakarta,” Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, vol. 1, no. 1, hlm. 183, 2019.

A. Nurhaeni1, “Hubungan Aktivitas Bersama Teman Sebaya Dengan Perilaku Kenakalan Remaja Di Smk Bhakti Husada Kuningan The Relationship Between Peer Group Activity And Juvenile Delinquency Behaviour In Bhakti Husada School Kuningan,” Jurnal Kesehatan Indra Husada, vol. 8, no. 1, 2020.

N. A. Agustriyana dan I. Suwanto, “Fully Human Being Pada Remaja Sebagai Pencapaian Perkembangan Identitas,” Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, vol. 2, 2017.

D. I. R. Sihaloho dan N. Dantes, “Pengembangan instrumen skala kecerdasan emosional pada masa remaja siswa SMA dan SMK,” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 9, no. 1, hlm. 126, Mar 2023, doi: 10.29210/1202322660.

A. A. Setyawan dan D. Simbolon, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru,” JPPM, vol. 11, no. 1, 2018.

Y. Ulandari dan D. Juliawati, “Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa,” Indonesian Journal of Counseling & Development, 2019.

D. Basaria, “Gambaran Kecerdasan Emosi pada Remaja di Pulau Jawa dan Bali,” 2019.

Dr. Natris Indriyani, “Adaptasi Alat Ukur Kecerdasan Emosional,” 2020.

W. Juwita, Euis Eti Rohaeti, dan Devy Sekar Ayu Ningrum, “Gambaran Kecerdesan Emosional Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Kadungoro,” vol. 3, no. 6, hlm. 221–227, 2020.

T. Sulastri, P. Program, S. Bimbingan, K. Fkip, dan U. Pontianak, “Studi Tentang Kecerdasan Emosional Rendah Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 18 Pontianak,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 11, no. 3, hlm. 1–8, 2022.

F. Yunere, M. Anggraini, dan C. Yuliana Vitri, “Dukungan Teman Sebaya dan Lingkungan Sekolah dengan Gangguan Mental Emosional Pada Siswa SMK,” 2021.

E. Suryandari, Sulistiyawati, dan L. Endriyani, “Hubungan peranan teman sebaya dengan perkembangan sosial emosional siswa-siswi kelas X di SMK Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta,” Caring : Jurnal Keperawatan, vol. 8, no. 1, hlm. 01–08, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://e-journal.poltekkesjogja.ac.id/index.php/caring/

Sulistia Oktaviani Putri, “Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Korban Bullying Pada Siswa Kelas 1 SMK X di Jakarta Timur,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, 2023.

S. P. Kurnia Illahi dan S. Z. Akmal, “Hubungan Kelekatan dengan Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosi pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan,” Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 2, no. 2, hlm. 171, Mei 2018, doi: 10.21580/pjpp.v2i2.1854.

A. Winarti, Cholilawati, dan A. Istiany, “Hubungan Kelekatan Orang Tua dengan Anak terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Laki-Laki di SMP,” JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, vol. 01, no. 02, hlm. 71–77, 2019, doi: 10.21009/JKKP.

S. W. Ananda dan Yohana Wuri Satwika, “Hubungan antara Kelekatan Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja,” Character: Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 9, no. 4, hlm. 233–242, 2022.

F. P. Putri, S. Amalia, dan R. Firdiyanti, “Hubungan parental attachment dengan kecerdasan emosi pada remaja awal,” Cognicia, vol. 10, no. 2, hlm. 118–125, Okt 2022, doi: 10.22219/cognicia.v10i2.22479.

Dr. Natris Idriyani, “Adaptasi alat ukur kelekatan dengan orang tua,” Jakarta, 2020.

S. P. Kurnia Illahi dan S. Z. Akmal, “Hubungan Kelekatan dengan Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosi pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan,” Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 2, no. 2, hlm. 171, Mei 2018, doi: 10.21580/pjpp.v2i2.1854.

S. M. Jones dkk., “Social and Emotional Learning 3 Social and Emotional Learning: Introducing the Issue 33 SEL Interventions in Early Childhood 73 Social and Emotional Learning Programs for Adolescents,” 2017. [Daring]. Tersedia pada: www.futureofchildren.org

T. Ferreira, M. Matias, H. Carvalho, dan P. M. Matos, “Parent-partner and parent-child attachment: Links to children’s emotion regulation,” J Appl Dev Psychol, vol. 91, Mar 2024, doi: 10.1016/j.appdev.2023.101617.

E. Yusri dan Y. Herawaty, “Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Penerimaan Teman Sebaya pada Remaja di Masa Pandemi Covid-19,” Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), vol. 1, no. 2, hlm. 95–105, 2021.

R. W. Budiarti, “Hubungan antara Dukungan Sosial Sebaya dan Kecerdasan Emosional dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Islam Sultan Agung Semarang,” Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Semarang, 2021.

S. W. Ananda dan Y. W. Satwika, “Hubungan antara Kelekatan Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja,” Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 9, no. 4, hlm. 233–243, 2022.

J. A. Macdonald dkk., “Parent and Peer Attachments in Adolescence and Paternal Postpartum Mental Health: Findings From the ATP Generation 3 Study,” Front Psychol, vol. 12, Mei 2021, doi: 10.3389/fpsyg.2021.672174.

P. M. Crittenden, “Gifts from Mary Ainsworth and John Bowlby,” Clin Child Psychol Psychiatry, vol. 22, no. 3, hlm. 436–442, Jul 2017, doi: 10.1177/1359104517716214.

N. Ikrima dan R. N. Khoirunnisa, “Hubungan antara Attachment (Kelekatan) Orang Tua dengan Kemandirian Emosional pada Remaja jalanan,” Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 8, no. 9, hlm. 37–48, 2021.

Imam Al Jundi, N. Nurlela, dan Evia Darmawani, “Peran Orang Tua dalam Kesejahterahan Sosial-Emosional Anak dengan Penyakit Kronis,” SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 3, no. 1, hlm. 55–61, Mar 2024, doi: 10.55123/sosmaniora.v3i1.3102.

H. Anggraini dan S. H. Emmanuel, “Hubungan Kelekatan dengan Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Sosial pada Anak Usia Dini,” Jurnal Pedagogi, vol. 2, no. 3, hlm. 18–27, 2018.

Posted

2024-08-15