The Relationship between Optimism and Academic Resilience with Subjective Well-Being in Krian 1 Senior High School Students
Hubungan Optimisme dan Resiliensi Akademik dengan Subjective Well-Being Pada Siswa SMA Negeri 1 Krian
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5704Keywords:
Subjective Well Being, Optimism, AcademicAbstract
Subjective Well-Being (SWB) is a combination of general life satisfaction, many positive emotions, and relatively few negative emotions. This research aims to determine the influence of optimism and academic resilience on the SWB of high school students in Krian. Using a correlational quantitative method with 275 students, the data were analyzed using Pearson Product Moment correlation and multiple linear correlations. The results showed significant positive relationships between both optimism and academic resilience with SWB. Higher levels of optimism and academic resilience correlate with higher SWB. This research provides insight into the factors influencing SWB in high school students.
Downloads
References
Sukintaka, “Perbedaan Tingkat Stres Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar dengan yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar,” Undergrad. Thesis, Univ. Muhammadiyah Gresik, pp. 16–40, 2018, [Online]. Available: http://eprints.umg.ac.id/2919/
S. N. Fadhilla, P. S. Psikologi, F. Psikologi, and U. M. Surakarta, “Hubungan antara kontrol diri dengan kesejahteraan subjektif pada remaja,” 2021.
M. Saufi, A. Nur Budiono, and F. Mutakin, “Self Regulated dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa,” J. Consulen. J. Bimbing. Konseling dan Psikol., vol. 5, no. 1, pp. 67–75, 2022, doi: 10.56013/jcbkp.v5i1.1244.
A. U. Pradana, “Pengaruh Perbandingan Sosial, Harga Diri Dan Rasa Syukur Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Mahasiswa Pengguna Instagram Di Komunitas Beauty Blogger Pekanbaru Tesis,” pp. 1–127, 2021, [Online]. Available: http://repository.uin-suska.ac.id/46152/2/GABUNGAN.pdf
L. Dewi and N. Nasywa, “Faktor-faktor yang mempengaruhi subjective well-being,” J. Psikol. Terap. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, p. 54, 2019, doi: 10.26555/jptp.v1i1.15129.
Z. Karimah, Pengaruh Pemaafan Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Dewasa Awal Yang Memiliki Orang Tua Bercerai. 2021. [Online]. Available: https://eprints.umm.ac.id/78556/
S. Wafa and Y. N. Soedarmadi, “Subjective Well Being Pada Generasi Z Santri Ptyq Remaja Kudus,” Proyeksi, vol. 16, no. 2, p. 183, 2021, doi: 10.30659/jp.16.2.183-197.
N. Publikasi, “Rhesaroka Pramudita,” 2014.
D. A. Puspitonegari and E. N. Nugrahawati, “Studi Deskriptif Mengenai Subjective Well-Being Remaja Low Vision di SLBN A Bandung,” Pros. Psikol., pp. 89–93, 2021, [Online]. Available: https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/25857
C. N. Agusta and L. F. Hawadi, “Subjective Well-Being pada Siswa SMA selama Pandemi Covid-19: Peran Academic Hope sebagai Mediator,” J. Psikol. J. Ilm. Fak. Psikol. Univ. Yudharta Pasuruan, vol. 10, no. 2, pp. 231–252, 2023, doi: 10.35891/jip.v10i2.4292.
E. Meiranti and A. Sutoyo, “Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Resiliensi Akademik Siswa SMK di Semarang Utara,” Indones. J. Couns. Dev., vol. 2, no. 2, pp. 119–130, 2021, doi: 10.32939/ijocd.v2i2.601.
K. Nuzuliya, “Pengaruh Optimisme terhadap Resiliensi Akademik Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Trenggalek,” p. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Mal, 2021, [Online]. Available: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/31081
T. Macer, “Resiliensi,” Res. World, vol. 2013, no. 42, pp. 30–35, 2013.
F. Farial and E. S. Handayani, “Efektifitas Pendekatan Psikoterapi Al-Quran dalam Meningkatkan Resiliensi Remaja Pasca Pandemi,” Bull. Couns. Psychother., vol. 4, no. 2, pp. 349–358, 2022, doi: 10.51214/bocp.v4i2.303.
T. Rachman, “Hubungan Antara Strategi Self Regulated Learning Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Kelas Sore Program Studi Teknik Informatika Dan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Gresik Yang Bekerja,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., no. 2002, pp. 10–27, 2018.
R. Andalia, “Hubungan Self Esteem dengan Kesejahteraan Subjektif pada Siswa Di MAN 1 Aceh Barat,” 2023, [Online]. Available: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32047/
I. Larasati, “Hubungan antara Dukungan Sosial dan Optimisme dengan Subjective Well Being Pada Remaja Tuna Daksa di BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta,” Skripsi Fak. Kedokt. Univ. Sebel. Maret, 2017, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/211764725.pdf
Lusiawati, “Membangun Optimisme Pada Seseorang Ditinjau Dari Sudut Pandang Psikologi Komunikasi Ira,” Tedc, vol. 10, no. 3, pp. 147–151, 2016.
F. Sari and A. Maryatmi, “Hubungan Antara Konsep Diri (Dimensi Internal) Dan Optimisme Dengan Subjective Well-Being Siswa SMA Marsudirini Bekasi,” Ikraith-Humaniora, vol. 3, no. 1, pp. 23–29, 2019, [Online]. Available: http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/371
R. Hamidi, “Hubungan Optimisme dan Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Menempuh Skripsi,” J. Psikol. Muhammadiyah Malang, pp. 1–23, 2017, [Online]. Available: https://eprints.umm.ac.id/43746/1/jiptummpp-gdl-reyzahamid-49779-1-skripsi-x.pdf
N. A. S. Purnomo and R. A. Nawangsih, “Pengaruh optimisme dan resiliensi akademik untuk meningkatkan subjective wellbeing pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring,” J. Ilm. Psikomuda Connect., vol. 1, no. 2, pp. 1–21, 2021, [Online]. Available: https://unimuda.e-journal.id/jurnalpsikologiunimuda/article/view/2000
A. Resta, K. A. Akhmad, and R. Gunaningrat, “Pengaruh Program Voucher Diskon dan Program Gratis Ongkos Kirim terhadap Minat Beli Ulang pada Aplikasi Shopee Food,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 6, no. 1, pp. 759–771, 2023, doi: 10.47467/alkharaj.v6i1.4878.
Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.
W. Wahyudi, “Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Sistem Informasi Penjualan Tiket Konser Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Website Motikdong.Com,” Akrab Juara J. Ilmu-ilmu Sos., vol. 7, no. 4, p. 73, 2022, doi: 10.58487/akrabjuara.v7i4.1989.
R. Aji and B. Prasetyo, “Persepsi Iklim Sekolah dan Kesejahteraan Subjektif Siswa di Sekolah Perception on School Climate and Student’s Subjective Well-Being at School,” J. Psikol. Teor. dan Terap., vol. 8, no. 2, pp. 133–144, 2018.
Eni, “Penggunaan Konseling Kelompok Solution-focused brief therapy Untuk meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa SMA” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., no. Mi, pp. 5–24, 1967.
K. A. Wijaya And W. D. Pratisti:, “Hubungan Self Esteem Dan Dukungan Sosial Dengan Subjective Well Being Mahasiswa Solo Raya, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022, [Online]. Available: https://eprints.ums.ac.id/113074/1/Naskah publikasi.pdf
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.