Preprint has been published in a journal as an article
DOI of the published article https://doi.org/10.31538/almada.v7i2.5503
Preprint / Version 1

The Role of Pesantren Caregivers in Forming Professional Character Based on Religious Values


Peran Pengasuh Pesantren dalam Membentuk Karakter Profesional Berlandaskan Nilai-nilai Religius

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5615

Keywords:

religious, professional, education, caregiver, values, character

Abstract

This reseach is aimed to describe how the role of a caregiver in forming professional character based on religious values, how the programs work, the approach with the students, and how the implementations inside and outside of the classroom. This research uses qualitative descriptive methods, namely research by taking an approach or searching to explore and understand a problem in detail. The results of this study show that the role of a caregiver in creating the character of students are very dominant and very complex. Starting from giving the good example, growing the discipline character, giving the habit of doing tahajud prayer, the habit of reciting the Quran at least 2 pages everyday, apply the teaching with ESQ style or SKI method (Spiritual, Creativity, Intelligent), etc, applying the learning of Quran hadith and science, always applying 5 S, namely smile, salaam, greeting, polite and goodness, the implementation of merdeka curriculum

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Wahyuni, PENDIDIKAN KARAKTER Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. 2021.

N. D. Prafangasta, “MODEL KEPEMIMPINAN PENGASUH BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO,” 2023, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.

R. Amelia, A. I. Saputro, dan E. Purwanti, “Internalisasi Kecerdasan Iq, Eq, Sq Dan Multiple Intelligences Dalam Konsep Pendidikan Islam (Studi Pendekatan Psikologis): ID,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, vol. 7, no. 02, hlm. 34–43, 2022.

A. W. Dyah, R. Ruhya, S. A. N. Hadi, dan I. M. Iqbal, “ANALISIS PERSEPSI GURU, FAKTOR BAWAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENGEMBANGAN KECERDASAN SISWA SEBAGAI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECERDASAN SISWA DI SMKN 13 KOTA BANDUNG,” JPG: Jurnal Pendidikan Guru, vol. 4, no. 3, hlm. 238–248, 2023.

A. P. Astutik, “Implementasi Pembelajaran Kecerdasan Spiritual untuk Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Islam,” Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 1, no. 1, hlm. 9–16, 2017.

S. Sriani, “Urgenci Keseimbangan Iq, Eq, Sq Pendidik dalam Proses Manajemen Pembelajaran,” Nur El-Islam, vol. 2, no. 1, hlm. 55–77.

M. Ma’ruf, “Studi Komparatif Corak Pendidikan Humanisme Rekonstruksionis Ki Hajar Dewantara Dan Paulo Freire Dalam Mengatasi Krisis Moral Siswa Di Indonesia,” 2021, IAIN PONOROGO.

A. Fitriani dan E. Yanuarti, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa,” BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, hlm. 173–202, 2018.

S. Ranam, I. F. Muslim, dan P. Priyono, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan,” Research and Development Journal of Education, vol. 7, no. 1, hlm. 90–100, 2021.

E. Astuti, “Gerakan literasi sekolah untuk menumbuhkan nilai budi pekerti anak,” Jurnal Ilmia Pendidikan, Sejarah, Dan Humaniora, vol. 6, no. 2, hlm. 17–24, 2022.

E. E. Supriyanto, “Kontribusi pendidikan pesantren bagi pendidikan karakter di Indonesia,” Jurnal Pendidikan Nusantara, vol. 1, no. 1, hlm. 13–26, 2020.

L. Syarifah, N. Latifah, dan D. Puspitasari, “Keteladanan Pengasuh dan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Santri Tarbiyatul Athfal Tegalrejo Magelang,” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, vol. 5, no. 1, hlm. 97–107, 2021.

P. M. Shobirun, “Penguatan Manajemen Pengasuhan Santri Di Pondok Pesantren Manahijussadat Lebak Banten,” 2022, Institut PTIQ Jakarta.

M. Silfiyasari dan A. A. Zhafi, “Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi,” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol. 5, no. 1, hlm. 127–135, 2020.

P. Nugroho, “Manajemen Strategik Sekolah Berbasis Boarding School dalam Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan di SMA Al-I’tishom Grabag,” 2021, Thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

M. B. U. B. Arifin, “Buku ajar metodologi penelitian pendidikan,” Umsida Press, hlm. 1–143, 2018.

L. J. Mole[1] L. J. Moleong, “Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi,” 2007.ong, “Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi,” 2007.

R. A. W. Cahyadi, “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Al-Azhar Kota Pagaralam,” 2019, IAIN BENGKULU.

K. Alfath, “Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro,” AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam[1] K. Alfath, “Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro,” AL-MANAR J. Komun. dan Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 125–164, 2020., vol. 9, no. 1, hlm. 125–164, 2020.

S. Q. Aini dan F. Syamwil, “Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru Di Sekolah,” MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, vol. 2, no. 2, hlm. 149–156, 2020.

Y. O. Pendi, “Merdeka belajar yang tercermin dalam kompetensi profesional guru bahasa inggris SMP Negeri 01 Sedayu,” dalam Seminar Nasional Pendidikan, 2020.

H. Hilmiati dan F. Saputra, “Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong,” El Midad, vol. 12, no. 1, hlm. 70–87, 2020.

N. Ayni, R. N. Azizah, dan R. A. Pribadi, “Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin,” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, vol. 10, no. 1, hlm. 267–277, 2022.

C. N. Amalia, “Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Karakter Siswa-Siswi MAN 1 Kabupaten Bogor,” Inspiratif Pendidikan, vol. 10, no. 1, hlm. 165–172, 2021.

L. Latifah dan A. Awad, “Metode Pendidikan Karakter Di Pesantren Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam,” JIS: Journal Islamic Studies, vol. 1, no. 3, hlm. 391–398, 2023.

N. Hafifah dan M. S. Machfud, “Pengaruh Sholat Tahajud Terhadap ESQ (Emotional Spiritual Quotient) Santri: Quantitative Method,” JKaKa: Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, vol. 1, no. 1, hlm. 63–88, 2021.

Y. Mandasari, A. Ahmad, N. Yulianti, M. Sufanti, dan L. E. Rahmawati, “Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan,” Buletin KKN Pendidikan, vol. 3, no. 1, hlm. 100–106, 2021.

J. Astuti, “Rahasia Mengajar Ala ESQ dengan Menggunakan Metode SKI (Spiritual, Kreativitas, Dan Intelektual),” CENDEKIA, vol. 14, no. 02, hlm. 235–251, 2022.

I. Aini dan A. P. Astutik, “Integration of Qur ’ an Hadith and Science Learning Through Discovery Learning Model ( Integrasi Pembelajaran Al Qur ’ an Hadits dan Sains Melalui Model Discovery Learning ),” hlm. 1–11, 2023.

M. G. Ramadhan dan A. P. Astutik, “IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM PENANAMAN ADAB SISWA,” Jurnal PAI Raden Fatah, vol. 5, no. 3, hlm. 485–505, 2023.

S. Julaeha, E. Muslimin, E. Hadiana, dan Q. Y. Zaqiah, “Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum,” MUNTAZAM, vol. 2, no. 01, 2021.

I. F. Putri dan A. P. Astutik, “Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo,” Asatiza: Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 2, hlm. 125–136, 2023.

M. As’ad, “Membangun Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Membaca Dan Menghafal Al-Quran: Ditinjau Dari Peran Sekolah Dan Orang Tua Siswa,” Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, vol. 12, no. 1, hlm. 129–143, 2022.

A. Sandria, H. Asy’ari, dan F. Siti Fatimah, “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri,” At-tadzkir: Islamic Education Journal, vol. 1, no. 1, hlm. 63–75, 2022, doi: 10.59373/attadzkir.v1i1.9.

Q. E. S. Asrivi, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI EKSTRAKURIKULER WAJIB PADA KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19,” Tunas Nusantara, vol. 2, no. 2, hlm. 255–268, 2020.

V. Ameliasari, “UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER KEPRAMUKAAN,” Tunas Nusantara, vol. 4, no. 1, hlm. 458–463, 2022.

W. P. A. Sanu, “Implementasi pendidikan karakter relig[1] W. P. A. Sanu, ‘Implementasi pendidikan karakter religius siswa melalui program mentoring: Studi kasus di SDIT Al Muttaqin Kota Kupang NTT.’ Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2023.ius siswa melalui p,” 2023, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

M. T. Alfadla dan N. A. Kurniawan, “Analisis Model Konseling KIPAS pada Praktik Budaya di Pesantren,” dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, 2022, hlm. 295–314.

S. R. Z. Syahdea, “PROGRAM PARENTING MELALUI SEKOLAH ORANG TUA SANTRI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK (Studi pada Program Parenting di PAUD IT Ihya Assunnah Kota Tasikmalaya),” 2023, Universitas Siliwangi.

S. M. Rasyid, “Pengaruh Sistem Pamong Terhadap Prestasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan,” Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas ….

Posted

2024-08-12