The Relationship Between Social Support and Self-Efficacy on Self-Adjustment in Boarding School Students
Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Efikasi Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Boarding School
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5542Keywords:
boarding school, self adjusment, self efficacy, social supportAbstract
The unfamiliarity of being away from parents can be stressful for students. Self-adjustment is a person's ability to adapt to their environment by making changes and overcoming conflicts to create a healthy relationship between themselves and the needs of their environment. The aim of this research is to determine the relationship between social support and self-efficacy on self-adjustment in boarding school students. The population in this study were 10th grade MA DAFI Boarding School students. In this study, sampling used a non-probability sampling technique. The method used is the saturated sample method, namely 90 respondents. The variable X1 uses a social support scale, variable X2 uses an efficacy scale and variable Y using a self-adjustment scale that. Each measuring instrument uses a Likert scale model to obtain data from each variable. The analysis technique uses the Pearson Product Moment technique with the help of JASP for Windows.
Downloads
References
A. Sukmaningpraja dan F. H. Santhoso, “Peran Regulasi Emosi terhadap Resiliensi pada Siswa Sekolah Berasrama Berbasis Semi Militer,” Journal Of Psychology, vol. 2, no. 3, hlm. 184–191, 2016.
L. Amin, “Manajemen Pembinaan Peserta Didik pada Program Boarding School di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Student Development Management On Boarding School Program Of Abu Bakar Integrated Islamic Junior High School Yogyakarta,” 2017.
D. A. J. Hidayat, “Perbedaan Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.
R. Hanafi, “Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi pada Santri Pesantren Umar Bin Khatab,” Universitas Islam Riau, Pekanbaru, 2021.
A. Oktaningrum dan F. H. Santhoso, “Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada Siswa SMA Berasrama di Magelang,” Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), vol. 4, no. 2, hlm. 127, Mei 2019, doi: 10.22146/gamajop.46359.
M. Afidah, “Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri Siswa Baru SMA NU 1 Model di Pondok Pesantren Tanwirul Qulub Sungelebak, Karanggeneng Lamongan,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, 2017.
F. Amailiyah dan G. R. Affandi, “The Influence of Self-Regulated Learning and Academic Bouyancy on School Adjustment of Students at The An-Nur Islamic Boarding School Tanggulangin,” 2022.
Y. A. Hadi, “Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Santri Tahun Pertama Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Putri Latifiyyah 1 Tambak Beras Jombang,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, 2021.
S. Q. Nada, “Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Pada Santri Baru Pondok Pesantren Roudhotul Muta’allimat 3 Jabon Sidoarjo,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, 2021.
Novia Damayanti, Muhimmatul Hasanah, dan Indah Fajrotuz Zahro, “Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren,” Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, vol. 16, no. 1, hlm. 1–14, Apr 2021, doi: 10.55352/uq.v16i1.250.
S. Sa’idah dan H. Laksmiwati, “Dukungan Sosial dan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Tingkat Pertama di Pondok Pesantren,” Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, vol. 7, no. 2, hlm. 2087–1708, 2017.
uz Zakiyah dan A. F. N. Nur, “Hubungan Dukungan Sosial Guru dengan Penyesuaian Diri Siswa SMP,” Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://e-journal.unair.ac.id/BRPKM
A. Ekanita, D. Riskiana, P. Program, S. Psikologi, S. Humaniora, dan D. Seni, “Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Santriwati Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pondok Pesantren di Sukoharjo,” PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, vol. 24, no. 2, hlm. 149–154, 2019, doi: 10.20885/psikologi.vol24.iss2.art5.
Isfaiyah, Rahmawati, dan R. Z. Dalimunthe, “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Siswa serta Implikasi terhadap Bimbingan Pribadi-Sosial,” 2019.
S. Agustiani dan Gazi, “Pengaruh Dukungan Sosial dan Perbandingan Sosial terhadap Kesejahteraan Subjektif Ibu Muda Pengguna Media Sosial,” Tazkiya: Journal of Psychology, vol. 9, no. 2, hlm. 122–132, Okt 2021, doi: 10.15408/tazkiya.v9i2.17540.
D. Aulia dan E. R. Kustanti, “Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Boarding School di Madrasah Tsanawiyyah NU Assalam dan Madrasah Tsanawiyah Amtsilati,” Jurnal Empati, vol. 10, no. 03, hlm. 205–209, 2021.
A. Sandi, “Hubungan Antara Daya Juang dengan Efikasi Diri Pada Santri,” 2020.
O. D. Anggraini, E. N. Wahyuni, dan Laily Tiarani Soejanto, “Hubungan antara Efikasi Diri dengan Resiliensi Menghadapi Ujian pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Trawas,” Jurnal konseling Indonesia, vol. 2, no. 2, hlm. 50–56, 2017, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
P. C. D. Maharani dan M. T. S. Hartati, “Hubungan antara Self Efficacy dan Dukungan Sosial dengan Resiliensi Siswa SMK Negeri 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2020/2021,” vol. 8, no. 1, 2021.
K. Puspitasari, “Pengaruh Dukungan Sosial Kawan Sebaya terhadap Regulasi Diri dalam Belajar Siswa Sekolah Berasrama (Boarding School),” 2018.
N. Sepfitri, “Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi Siswa MAN 6 Jakarta,” 2015.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.