Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Relationship Between Self-Concept and Emotional Intelligence with Peer Conformity Among Students in Junior High School 2 Tanggulangin, Sidoarjo


Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional dengan Konformitas Teman Sebaya pada Siswa SMP Negeri 2 Tanggulangin, Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5205

Keywords:

Peer Comformity, Self-Concept, Emotional Intellegence, Adolescence

Abstract

This study aims to find the relationship between self-concept and emotional intelligence with peer conformity among students at State Junior High School 2 Tanggulangin. This research uses a quantitative research method with correlation type. The subjects used in this study were 658 students of State Junior High School 2 Tanggulangin, with a research sample size of 265. The instruments used in this study were the Tennessee Self Concept Scale Second Edition, with a reliability value of 0.833; the emotional intelligence scale with a reliability value of 0.862; and the peer conformity scale with a reliability value of 0.906. The data analysis technique used in this study is multiple correlation analysis using SPSS 25 for Windows. The results of the study show that there is a positive relationship between self-concept and emotional intelligence with peer conformity among students at State Junior High School 2 Tanggulangin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. P. & N. N. A. F. Rizkyta, “Hubungan Antara Persepsi Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan dan Kematangan Emosi Pada Remaja,” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, vol. 6, no. 2, hlm. 1–13, 2017, [Daring]. Tersedia pada: http://url.unair.ac.id/5e974d38

A. Syahraeni, “Pembentukan Konsep Diri Remaja,” Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, vol. 7, no. 1, hlm. 61–76, Mei 2020, doi: 10.24252/al-irsyad%20al-nafs.v7i1.14463.

K. Z. Putro, “Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja,” APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, vol. 17, no. 1, hlm. 25–32, 2017, doi: 10.14421.

K. Yunanda, L. Parwata, A. A. I. Agung, R. Sudiatmika, N. L. Pande, dan L. Devi, “Pengaruh Teman Sebaya, Orang Tua, dan Guru Terhadap Masalah Belajar Anak Superior,” JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, vol. 1, no. 1, hlm. 1–11, 2018, doi: 10.23887/jppsi.v1i1.21911.

D. Basaria, “Gambaran Kecerdasan Emosi pada Remaja di Pulau Jawa dan Bali,” Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, vol. 12, no. 1, hlm. 81–100, 2019, doi: 10.24912/provitae.v12i1.5055.

E. Wardati dan M. Diterbitkan, Buku Ajar Psikologi Sosial: Penerapan Dalam Permasalahan Sosial. 2019. doi: 10.21070/2019/978-602-5914-69-0.

B. A. Ganta, C. H. Soetjiningsih, dan A. Info, “Hubungan Konformitas Teman Sebaya dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Laki-Laki,” Jurnal Imiah Psikologi, vol. 10, no. 2, hlm. 404–411, 2022, doi: 10.30872/psikoborneo.

R. Rahmayanthi, “Konformitas Teman Sebaya dalam Perspektif Multikultural,” JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, vol. 1, no. 1, hlm. 71–82, 2017, doi: 10.17509/jomsign.v1i1.6052.

D. Nur Ariyani, “Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Citra Tubuh Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Kalasan,” Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, vol. 4, no. 8, hlm. 407–414, Agu 2018, Diakses: 29 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/download/12581/12127

A. Humaida, N. Erlyani, dan F. K. Ekaputri, “Pengaruh Konformitas Kelompok Terhadap Minat Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Di Man 2 Banjar,” Jurnal Kognisia, vol. 2, no. 1, hlm. 1–4, 2019, doi: 10.20527/jk.v2i1.1594.

C. K. Dewi, “Pengaruh Konformitas Teman Sebaya TerhadapPerilaku Bullying Pada Siswa SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta,” 2015.

D. Kuswijayanti, U. Tagela, dan Setyorini, “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Konformitas Siswa Kelas VIII SMPN 1 KANDANGAN, Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019,” Jurnal Psikologi Konseling1, vol. Vol. 14, no. 1, hlm. 362–372, Jun 2019, doi: 10.24114/konseling.v14i1.13733.

A. D. M. R, “Pengaruh Antara Kepercayaan Diri dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Kemandirian Siswa Kelas VIII MTs Al-Yasini,” Malang, Sep 2017.

C. Kusuma Dewi, “Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta,” Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 4, no. 10, hlm. 1–12, 2015, Diakses: 12 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/271/249

Y. W. Eshasiwi, “Hubungan Trait Big-Five Personality dan Harga Diri Terhadap Konformitas Teman Sebaya,” Psikoborneo, vol. 3, no. 4, hlm. 424–432, 2015, doi: 10.30872/psikoborneo.v3i4.3882.

R. S. Damayanti, R. Sovitriana, E. Nilawati, dan F. A. Widyayani, “Konformitas dan Kematangan Emosi dengan Perilaku Agresi Siswa SMK di Jakarta Timur,” IKRAITH-humanira, vol. 2, no. 3, hlm. 74–79, Nov 2018.

R. Ariana, “Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Konformitas Teman Sebaya pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kediri,” Malang, Des 2018.

R. D. Ayuningrum, “Pengaruh Konsep Diri Remaja Terhadap Konformitas Teman Sebaya Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Ulujami Kabupaten Pemalang,” Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2019.

Ranny, R. A. A. M, E. Rianti, S. H. Amelia, M. N. N. Novita, dan E. Lestariana, “Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling,” Jurnal Penelitian Guru Indonesia, vol. 2, no. 2, hlm. 40–47, 2017, doi: 10.29210/02233jpgi0005.

A. N. Mochtan, “Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Konsep Diri Siswa SMA di Tanggerang Selatan,” Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 2019.

A. W. Wahid, A. Larasati, A. Ayuni, dan F. Nashori, “Optimisme Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Ditinjau dari Kebersyukuran dan Konsep Diri,” Humanitas (Monterey N L), vol. 15, no. 2, hlm. 160, Agu 2018, doi: 10.26555/humanitas.v15i2.8725.

A. Nisa Fitri Tiarasari dan B. Muchsini, “Hubungan Antara Resiliensi dan Self-Compassion dengan Kecerdasan Emosional Pada Mahasiswa,” Tata Arta" UNS, vol. 6, no. 3, hlm. 13–28, Des 2020, Diakses: 12 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/59132/34523

F. Oktaviani, P. Tommy, dan Y. S. Suyasa, “Uji Validitas Isi (Content Validity) Alat Ukur Kecerdasan Emosional Tarumanagara,” Prosiding Seri Seminar Nasional (SERINA), vol. 1, no. 1, hlm. 597–604, 2021, doi: 10.24912/pserina.v1i1.17463.

A. A. Syachri, H. Handoko, I. S. Pratama, dan Z. Ramadon, “Hubungan Konformitas Peer Group dengan Quarter Life Crisis Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta,” Saskara: Indonesia Journal of Society Studies, vol. 2, no. 2, hlm. 63–77, 2022, doi: 10.21009/Saskara.022.05.

Wijaya Purnadeka, “Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Agresivitas Verbal Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020,” 2020. Diakses: 5 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42410

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatifm Kualitatif dan R&D, 19 ed. ALFABETA, 2013.

N. Alisa Darman dan Rinaldi, “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Konformitas Pada Mahasiswa Yang Berorganisasi,” Jurnal Riset Psikologi, vol. 3, no. 1, hlm. 1–12, 2019, doi: 10.24036.

R. O. Cahyaningsih dan D. K. Dewi, “Hubungan antara Konsep Diri dengan Konformitas dalam Gaya Berpakaian pada Mahasiswa,” Character: Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 0, no. 3, hlm. 1–7, 2019.

H. Faramitha, “Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Konsep Diri Remaja dan Implikasinya Bagi Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 6 Barru,” Jurnal Edukasi Saintifik, vol. 3, no. 2, hlm. 101–110, 2023.

S. Mardison, “Konformitas Teman Sebaya Sebagai Pembentuk Perilaku Individu,” Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, vol. 2, no. 1, hlm. 78–90, 2016.

A. Ramadhani, “Hubungan Konformitas dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tidak Bekerja,” Psikoborneo, vol. 4, no. 3, hlm. 383–390, 2016.

M. Khairati dkk., “Konformitas Sebagai Prediktor Pengambilan Keputusan Untuk Menjadi Pelaku Demonstrasi pada Mahasiswa di Kota Makassar,” Edupsycouns : Journal Of Education, Psychology and Counseling, vol. 4, no. 1, hlm. 1–13, 2022.

V. Lim dan R. O. Tumanggor, “Konformitas Teman Sebaya Pada Siswa Sekolah Menengah Ditinjau Dari Gender Siswa,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 6, hlm. 7393–7403, 2023, Diakses: 29 April 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Posted

2024-07-17