Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Relationship Between Social Support Friends With Social Adjustment In Class VII Students of MTs Arrosyad


Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas VII Mts Arrosyad

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.520

Keywords:

Peer Social Support, Social Adjustment, Junior High School Students

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between peer social support and social adjustment in class VII students of MTs Arrosyad. This research method is quantitative correlation. The population of this study amounted to 113 students of class VII. The sample technique used is the saturated sample technique, so that all members of the population of 113 students are used as the research sample. The variables used are peer social support and social adjustment. Collecting research data using a scale of peer social support and social adjustment. Data analysis in this study used the Pearson's correlation test with the help of JASP. The results of this study indicate that there is a positive relationship between peer social support and social adjustment in students with a value of r = 0.985 with a significance <.001 (<0.005).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ramli.M, “Pengertian Peserta didik,” J. Japan Soc. Bronchol., vol. 1, no. 20, p. 99, 2015.

I. U. Okasari, “Perbedaan Penyesuaian Sosial Antara Siswa SMP Negeri 3 Teluk Dalam Dengan SMP Negeri 1 Simeulue Timur,” 2020.

K. F. Ajhuri, Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. 2019.

F. Faizin, “Pengelolaan Mutu Pendidikan Dalam Pengembangan Madrasah Tsanawiyah,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 47–73, 2020, doi: 10.33650/pjp.v7i1.1009.

Afrizawati, R. Anggraini, and Nurhayati, “Hubungan Konsep Diri Dan Penyesuaian Sosial Dengan Self Regulated Learning Di Era Pandemi Covid-19,” J. As-Said, vol. 1, no. 2, pp. 13–24, 2021, [Online]. Available: https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/40

K. Atiyah, A. Mughni, and N. Ainiyah, “Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri remaja,” J. Komun. dan Konseling Islam, vol. 2, no. 2, pp. 42–51, 2020.

Suparyanto dan Rosad (2015, “済無No Title No Title No Title,” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.

M. A. Kau and M. Idris, “Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 4, no. 3, p. 265, 2020, doi: 10.37905/aksara.4.3.265-274.2018.

A. Widjaya, “Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial the Correlation Between Self-Confidence and Social Adjustment of X,” Ris. Mhs. Bimbing. Konseling, vol. 4, pp. 14–22, 2018.

S. L. Nishfi and A. Handayani, “Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Pondok Modern Selamat 2 Batang,” J. Psychol. Perspect., vol. 3, no. 1, pp. 23–26, 2021, doi: 10.47679/jopp.311132021.

F. N. Khairiyah, “Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa,” vol. 7, no. Nomor 3, pp. 217–222, 2021, [Online]. Available: http://repository.unp.ac.id/35991/

A. Widjaya, “Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Bantul,” J. Ris. Mhs. Bimbing. dan Konseling, vol. 4, pp. 14–22, 2018.

M. E. Gunarta, “Konsep Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Sosial Mahasiswa Pendatang Di Bali,” Pers. Psikol. Indones., vol. 4, no. 02, 2016, doi: 10.30996/persona.v4i02.560.

Y. R. D. Santoso and J. T. Purnomo, “Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Remaja,” Humaniora, vol. 4, no. 1, pp. 27–44, 2017.

E. F. Tionardi, “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Baru Yang Berasal Dari Luar Kota Surabaya,” Calyptra J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 7, no. 2, pp. 3725–3738, 2019, [Online]. Available: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3634/2758

N. S. Wahyuni, “Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan bersosialisasi pada Siswa SMK Negeri 3 Medan,” J. Divers., vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2016, [Online]. Available: http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/512/363

W. . Windiyaningrum, “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Tingkat Stres Mahasiswa S1 Keperawatan Dalam Menyusun Skripsi Di Stikes Icme Jombang Tahun 2017,” J. Chem. Inf. Model., vol. 110, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.

Rasmini and Luh Ni, “Hubungan Emotional Focus Coping Dan Dukungan Sosial Dengan Stres Pada Perempuan Bali Dalam Pernikahan Budaya Patrilienal,” pp. 9–25, 2022.

I. N. Surasa and Murtiningsih, “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Harga Diri Remaja di SMPN 258 Jakarta Timur,” Borneo Nurs. J., vol. 3, no. 1, pp. 14–22, 2021.

F. Agustina and W. Widyastuti, “The Relationship Between Emotional Support With Psychological Well-Being In Students In Vocational High Schools,” Acad. Open, vol. 6, pp. 1–10, 2021, doi: 10.21070/acopen.6.2022.2344.

A. Jeklin, “‘Teknik Analisis Data ,’ pp.1-23, 2016.,” no. July, pp. 1–23, 2016.

S. B. Sabiq, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Santri SMP IT Darul Fikri Sidoarjo,” Skripsi Hub. Antara Dukungan Sos. Teman Sebaya Dengan Self Regul. Learn. Pada Santri SMP IT Darul Fikri Sidoarjo, 2020.

S. Maimunah, “Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri terhadap penyesuaian sosial,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 8, no. 2, pp. 275–282, 2020.

A. Ekanita and D. R. Putri, “Dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian sosial santriwati kelas VII madrasah tsanawiyah (MTS) pondok pesantren di sukoharjo,” Psikologika J. Pemikir. Dan Penelit. Psikol., vol. 24, no. 2, pp. 149–154, 2019.

P. F. Oetomo, “Analisis Faktor Penentu Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Universitas Surabaya,” 2014.

R. M. Hijrianti, “Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Wartawan.” University of Muhammadiyah Malang, 2016.

M. I. Rif’ati et al., “Konsep Dukungan Sosial,” J. Penelit. Fak. Psikol. Univ. Airlangga Surabaya, 2018.

O. T. Handono and K. Bashori, “Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap stres lingkungan pada santri baru.” Universitas Ahmad Dahlan, 2013.

K. Aini, “Bentuk dukungan sosial untuk anak autis studi kasus di SMP Bhakti Terpadu Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2013.

T. E. Rahmayati and Z. Lubis, “Hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri,” Anal. J. Magister Psikol. UMA, vol. 5, no. 2, pp. 43–49, 2013.

M. Chairani, I. Wiendijarti, and D. Novianti, “Komunikasi interpersonal guru dan orang tua dalam mencegah kenakalan remaja pada siswa (studi deskriptif pada siswa kelas XI SMA Kolombo Sleman),” J. Ilmu Komun., vol. 7, no. 2, pp. 143–152, 2014.

E. Susilowati, “Kematangan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa akselerasi tingkat SMP,” J. Online Psikol., vol. 01, no. 01, pp. 101–113, 2013.

E. Kristianawati and M. A. ad Djalali, “Hubungan antara kematangan emosi dan percaya diri dengan penyesuaian sosial,” Pers. J. Psikol. Indones., vol. 3, no. 03, 2014.

Posted

2023-03-13