DOI of the published article https://doi.org/10.47213/bp.v6i1.171
The Influence of Implementation of Trainer Crimping Learning Media on Computer Learning Outcomes and Basic Networks at Vocational High School Muhammadiyah 1 Taman
Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Trainer Crimping Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar SMK Muhammadiyah 1 Taman
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4952Keywords:
Trainer, Crimping, Learning MediaAbstract
Students attending Vocational High School (SMK) are required to be proficient in cable crimping and network design. These are the most fundamental subjects.However, these subjects still present numerous challenges due to the traditional teaching methods of lectures, group projects, and discussions, which demotivate students to learn.The goal of this study was to find out how well the students knew the fundamentals of cable crimping.An understanding, preparation, and method for cable crimping are provided by this study.Network simulation research employs experimental and design methods in a single group, with a pre-test and post-test design.
Downloads
References
Achdiani , Y., & Rusliyani , A. Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Mempersiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga , 5(2), 34–43. . (2017).
Aldila , S., & Mukhaiyar , R. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. 51–57. (2020).
Ali, M. Peningkatan Mutu Pendidikan Vokasi Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Prosiding - Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro, 80–91 (2013).
Alwan , M. Pengembangan E-Book Multimedia Berbasis 3D. Jurnal AtTadbir STAI Darul Kamal NW Kerang, I( 2), 26–40. (2018).
Ariyanto, Aribowo, D., & Fatkhurrokhman, M. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kit Pengendali Motor 3 Phase Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di SMKN 4 Kota Serang. JUPITER(Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 05(1), 1–7. (2020).
Asyhari , A., & Silvia, H. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Berupa Buku Saku Pendahuluan Pembelajaran IPA Terpadu Sesuai amanat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), bahwa model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model implementasi saya. 05 (April), 1–13. (2016).
Cikarge , GP, & Utami, P. Analisis dan Desain Media Pembelajaran untuk Praktik Teknik Digital Menurut Rps.Elinvo (Gadgets, Informatics, and Professional Instruction), 3(1), 92-105. . (2018)
Dewantara, GP, Ratnaya, IG, & Adiarta, A.. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Dasar untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha , 9(3), (2020)
Hakky , MK, Wirasasmita , RH, & Uska , MZ . Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Mata Pelajaran. (2018).
Hapnita, W., Abdullah, R., Yualitas Gusmareta, & Rizal, F. Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(1), 1–8. (2017)
Hasanah, N., Mahali, M. I., & Wulandari, B. Pengembangan Trainer Internet Of Things Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Internet Of Things. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(2), 19–29. https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i2.20353 (2018).
Hasanah, T. A. N., Huda, C., & Kurniawati, M. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Gelombang Bunyi untuk Siswa SMA Kelas XII. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 56. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1631 (2017).
Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1),57–96. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2130/1568 (2016)
Lasminto, W., & Arsana, I. Pengembangan Media Trainer Sistem Pengapian Cdi Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Mata Diklat Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian Siswa Kelas Xii Tsm Di Smk Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 2(01), 24–33. (2013)
Muhammad, I., Ardiansyah, D., & Galuh, L. Model Multitester Kabel Menggunakan Mikroprosesor Atmega2560. 0251. (2017).
Nur Ifani, L., Harimurti, R., Kholis, N., & Budi Santosa, Agus, 2021. Pengembangan Media Trainer Arduino Uno Berbasis Iot Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronik Di SMKN 1 Jetis Rina Harimurti Nur Kholis Agus Budi Santosa. 10(3), 357–365. (2021)
Nurhidayah, F., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. Analisis Kebutuhan Worksheet Untuk Pembelajaran Berbasis Masalah Di Smkn 2 Batu. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan pengembangan, 1(7), 1224–1228. (2016).
Pakshi Jenaro, D. F., Santosa, A. B., Sulistyo, E., & Widodo, A. Pengembangan Media Trainer Pintu Otomatis Dengan Sensor Ultrasonik , Rfid , Dan Pir Berbasis Arduino Pada Mata Pelajaran Mikroprosessor Dan Mikrokontroler Kelas X Di SMKN 1 Driyorejo Deva Feggantara Pakshi Jenaro S1 Pendidikan Teknik Elektro , Fakultas Te. Pendidikan Teknik Elektro, 10, 11–18. . (2021).
Pebruanti, L., & Munadi, S. Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Improving Motivation And Learning Outcomes In Basic Programming Using Modules In SMKN 2 Sumbawa. 5(1), 365–376. (2015).
Pratiwi, A. D., Hatta, P., & Efendi, A. Studi Kelayakan Trainer Jaringan Komputer Sebagai Media Belajar Pada Praktikum Jaringan Komputer Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 14(1), 25. https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i1.17662 (2021).
Primartadi, A. Pengaruh metode student teams-achievement division (STAD) dan problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa SMK otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1024 . (2013)
Putri, A. R., & Muzakki, M. A. Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus,1–7. (2019)
http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2019/27 Aprilia_Riyana.pdf
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524 . (2019).
Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11445 . (2020)
Sriadhi, Waluyo, B. D., & Simanjuntak, K. Pengembangan Trainer Mikrokontroler Berbasis Arduino Nano Pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman, Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Kelas Xi Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Di Smk N. 1 Lubuk Pakam. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(1), 1. https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22626 (2021).
Sulfemi, W. B., & Qodir, A. Relationship of 2013 Curriculum With Motivation Learning Students in Pelita Ciampea Vocational School. Jurnal Ilmiah Edutecno, 17(2), 1–12. (2017).
Utami, R. P. Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran. 12, 62–81. Wahyudin, W., & Hardiansyah, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Trainer (Alat Latih) Perakitan Laptop Di SMK Negeri 2 Makassar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4), 542–549. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1578 (2017).
Wastono, F. Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMK pada Mata Diklat Teknologi Mekanik dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 396.
https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7837 (2016).
Winatha, & Dewi. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Flipped Learning Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 96–105. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.633 (2021).
Zakir, M. Pengembangan Trainer Mikrokontroler Lengan Robot Sebagai Media Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik. 01(01), 16–18. (2020).
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.