The Influence of Word of Mouth, Taste, and Service Quality on Customer Satisfaction at Wizzmie in Sidoarjo
Pengaruh Word of Mouth, Cita Rasa, dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Wizzmie di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4938Keywords:
Word Of Mouth, Taste, Service Quality, Costumer SatisfactionAbstract
This study aims to determine how much influence the variables of word of mouth, taste, and service quality have on customer satisfaction at wizzmie in Sidoarjo. service quality on customer satisfaction at wizzmie in Sidoarjo. This research uses quantitative methods with a descriptive analysis approach. The population in this study were wizzmie noodle customers. The sampling technique in this study used a non-probality sampling method with purposive sampling technique with the respondent's criteria, namely men and women, purchasing at least 2 times, and already purchasing wizzmie products in Sidoarjo. Data collection techniques by distributing questionnaires and answers are measured using a Likert scale. The data technique uses multiple linear regression tests in this study using the Statistical Package For The Social Science (SPSS) software program version 24.0. The results of this study prove that Word Of Mouth affects customer satisfaction, taste affects customer satisfaction, service quality affects customer satisfaction.
Downloads
References
Agrina,Yulika Rosita, Febri Candra, dan Lena Ellitan, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Beli Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan Wizzmie di Surabaya,” Ekoma Jurnal Ekonomi Manajemen, Akuntansi., vol. 3, no. 1, pp. 218–237, 2023.
Kusnandar, Viva Budy, “PDB Industri Pengolahan Nonmigas Indonesia (2022),” databoks, 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/13/makanan-dan-minuman-topang-sepertiga-industri-pengolahan-nasional-pada-2022
Kurnia, Yustiana “Menu Wizzmie Sidoarjo Beserta Harganya, Ada Mi Pedas dengan Level hingga 50 Cabai Artikel ini telah tayang di TribunTravel.com dengan judul Menu Wizzmie Sidoarjo Beserta Harganya, Ada Mi Pedas dengan Level hingga 50 Cabai, https://travel.tribunnews.com/20,” TribunTravel.com, 2023. https://travel.tribunnews.com/2023/08/25/menu-wizzmie-sidoarjo-beserta-harganya-ada-mi-pedas-dengan-level-hingga-50-cabai
Fitriana,Suci , “Wizzmie, Tempat Mie Murah Baru di Bandung Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul ‘Wizzmie, Tempat Mie Murah Baru di Bandung’, Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/scftriani/643bbe5308a8b566d8578cc5/wizzmie-tempat-mie-murah-baru-di-b,” Kompasiana.com, 2023.
Mustajab,Ridwan “DataIndonesia.Id,” Website, 2023. https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-462-pada-kuartal-ii2023
Agrina,Yulika Rosita, Febri Candra, dan Lena Ellitan, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Beli Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan Wizzmie di Surabaya,” Ekoma Jurnal Ekonomi Manajemen, Akuntansi., vol. 3, no. 1, pp. 218–237, 2023.
Kusnandar, Viva Budy, “PDB Industri Pengolahan Nonmigas Indonesia (2022),” databoks, 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/13/makanan-dan-minuman-topang-sepertiga-industri-pengolahan-nasional-pada-2022
Kurnia, Yustiana “Menu Wizzmie Sidoarjo Beserta Harganya, Ada Mi Pedas dengan Level hingga 50 Cabai Artikel ini telah tayang di TribunTravel.com dengan judul Menu Wizzmie Sidoarjo Beserta Harganya, Ada Mi Pedas dengan Level hingga 50 Cabai, https://travel.tribunnews.com/20,” TribunTravel.com, 2023. https://travel.tribunnews.com/2023/08/25/menu-wizzmie-sidoarjo-beserta-harganya-ada-mi-pedas-dengan-level-hingga-50-cabai
Fitriana,Suci , “Wizzmie, Tempat Mie Murah Baru di Bandung Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul ‘Wizzmie, Tempat Mie Murah Baru di Bandung’, Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/scftriani/643bbe5308a8b566d8578cc5/wizzmie-tempat-mie-murah-baru-di-b,” Kompasiana.com, 2023.
Mustajab,Ridwan “DataIndonesia.Id,” Website, 2023. https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-462-pada-kuartal-ii2023
Nuraina dan Mohammad Sofyan, “Pengaruh Cita Rasa, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada D'Besto,” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 2, no. 3, pp. 449–460, 2022.
Prasetyo, Joko, Burhanudin, dan Ida Aryati, “Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan,” Jurnal Ilmiah Edunomika, vol. 3, no. 2, p. 6, 2021.
Itasari, Indar Astuti, Nurnawati Hindra Hastuti, dan Agus Supriyadi, “Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 5, no. 0, pp. 52–59, 2020.
Fauzen, Muhammad, dan Dewi Komala Sari, “Investigatiing the Impact of Store Atmosphere, Product Quality, and Word of Mouth on Purchase Decisions: A study at Kiroro Bakrey,” Academia Open., vol. 13, no. 2, pp. 1–12, 2020.
Cahyani, Putri Dwi, Nadia Utami, and Sekar Bibit Lestari, “Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta),” Jurnal Valuasi Jurnal Ilmu Manajamen dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 2, pp. 851–866, 2022.
Zuhdi, Saefudin, “Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan, Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Grab Teknologi Indonesia,” Jurnal Ilmu Manajamen Kesatuan, vol. 10, no. 1, pp. 87–96, 2022, doi: 10.37641/jimkes.v10i1.1276.
Nurani, Mokhmad Eldon, dan Berty Phecilia Ruspenendy, “Pengaruh Servicescape, Brand Image, Dan Word of Mouthterhadap Kepuasan Konsumen,” Business, Entrepreanur Management Jurnal vol. 1, no. 1, pp. 42–49, 2022, [Online]. Available: https://journal.unita.ac.id/index.php/bemj/article/download/579/436
Janah, Zafiroh Nurul, Maruta, dan Agung Pudjianto, “Pengaruh Brand Image , Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mie Gacoan Gresik,” Administrasi Bisnis, pp. 131–135, 2021.
Taufi, Amin, Aris Risman, Suci dan Zufri, Progam Studi Manajemen, and Fakultas Ekonomi dan Bisnis, “Pengaruh Cita Rasa Dan Layout Terhadap Kepuasan Konsumen Di Letter Coffee,” Jurnal Ilmu Sosial, Manajamen, dan Akutansi, vol. 1, no. 4, pp. 471–474, 2022..
Putri, Noni Adetiansi, Hayanudin Safri, dan Zufri. "Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Etika Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Warung Kopi Gelas Batu Kota Pinang"Jurnal Manajemen Akutansi. Vol.2, no.2 pp. 132-143,2022
Utami, Ida Ayu Inten, dan Made Jatra “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pelanggan Restoran Baruna Sarnur,” Jurnal Manajamen Dan Bisnis, vol. 4, no. 7, pp. 1984–2000, 2015.
Zakiy, Muhammad, dan Ervita Putri Azzahrog, “Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 3, no. 1, pp. 26–38, 2017.
Septiyandini,Della, Ida Aryati, dan Istiqomah “Kepuasan Pelangggan Ditinjau Dari Harga, Cita Rasa, dan Word Of Mouth (Studi Kasus Pada Pelanggan Bubur Badran di Nusukan Banjarsasri),” Jurnal Edunomika, vol. 07, no. 02, pp. 1–7, 2023.
Lesamana, Agung Indra and Dewi Komala Sari, “The Influence of Service Quality, Price and Location on Purchase Decisions at Hijab Shops in Mojokerto City,” Academia Open, vol. 7, pp. 1–17, 2022, doi: 10.21070/acopen.7.2022.2805.
Siregar,Edison, Riset Dan Seminar Sumber Daya Manusia, cetakan pertama. Bandung: Widina Media Utama 2022.
Nugraha, Finnan Aditya Ajie Nugraha,Suharyono, and Andriani Kusumawati “Pengaruh Word of Mouth, Citra Merek, Brand Trust, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu Telkomsel (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Bago Tulungagung),” Jurnal Ilmu Riset Manajamen., vol. 9, no. 8, pp. 37–52, 2020, [Online]. Available: www.fe.unisma.ac.id
Nugraha, Finnan Aditya Ajie Nugraha,Suharyono, and Andriani Kusumawati, “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelin dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kober Mie Setan jalan Simpang Soekarno-Hatta nomor 1-2 Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 22, no. 1, pp. 1–7, 2015.
Zahroh, Ufatuz “Pengaruh Produk, Word of Mouth, Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajamen, vol. 7, no. 3, pp. 1–18, 2018.
Husna,Arinal, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ayam Geprek Warung Endus Sibuaya,” Jurnal Valuasi Jurnal Ilmu Manajamen dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 2, pp. 340–352, 2021, doi: 10.46306/vls.v1i2.24.
Sari,Rini R “Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Tempat Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Kedai Mie Djoedes Pare) Rini,” Jurnal Ekonomi Bisnis, 2018.
Agustin,Regina Puji,Adi Suparwo,Wulan Yuliana, dan Denok Sunarsi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya pada Word of Mouth Jasa Pengurusan Nenkin di CV Speed Nenkin,” JIIP - Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 3, pp. 186–190, 2021, doi: 10.54371/jiip.v4i3.249.
Maimunah,Siti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen,” Iqtishad equity Jurnal Manajamen., vol. 1, no. 2, pp. 57–68, 2020, doi: 10.51804/iej.v1i2.542.
Indasari,Meithiana, Pemasaran & Kepuasan, Cetakan Pertama. Surabaya: Unitomo Pers, 2019.
Sitorus,Onny Fitriana dan Novelia Utami, Buku Ajar Strategi promosi pemasaran, Cetakan Pertama. Jawa tengah: CV. Eureka Media Aksara. 2023.
Lupiyoadi,Rambat Manajemen Pemasaran, Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat, 2017.
Fauzia,Dwi Oktaviani,dan Riverra Pantro Sukmo, “Pengaruh Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Dimediasi Dengan keputusan Pebelian Di Mie Gacoan Depok,” Jurnal Ekonomi. Akuntansi, Manajamen., vol. 2, no. 2, pp. 91–107, 2023.
Nugra,Finnan Aditya Ajie, Suharyono, dan Andriani Kusumawati, "Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen" (Studi Pada Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekar,” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 22, no. 1, pp. 1–7, 2018.
Aldiana,Upik, Setyo Adjie, dan Edi Santoso “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Wom (Word of Mouth) Terhadap Kepuasan Konsumen,” Asset Jurnal Manajamen dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 71–83, 2020, doi: 10.24269/asset.v2i2.2390.
Sari, Manajerial Restorant di Era Modern, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
Prasati, galih Ayu,dan Putri Maisara, “Pengaruh Fasilitas, Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Di Solo Raya,” Publik Jurnal Manajamen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, vol. 9, no. 2, pp. 276–288, 2022, doi: 10.37606/publik.v9i2.327.
Tjiptono, Strategi Pemasaran prinsip & penerapan, edisi I. Yogyakarta: Andi Offset, 2019.
Dedeh Kurniasih, Kepuasan Konsumen Studi Terhadap Word Of Mouth, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek, Cetakan Pertama, Serang: Bintang Sembilan Visitama, 2021.
Nanincova,Niken, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro,”Jurnal Agora, vol. 7, no. 2, pp. 1–5, 2019.
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta, 2018.
Hikmawati, Fenti, Metodologi Penelitian. Cetakan Ketiga. Depok: PT. RajaGrafindo Prasada,2020.
Duryadi, Buku Ajar Penelitian Ilmiah. "Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS" Cetakan Pertama. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik,, vol. 7, no. 1. 2021.
Salsabila, Aisyah dan Ali Maskur, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang),” Seiko Jurnal Managament Bisnis., vol. 5, no. 1, pp. 156–167, 2022, [Online]. Available: https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1902
Widakdo, Giri et al., Statistik Dasar Kesehatan, Cetakan Pertama. Surakarta: Tahta Media Group 2023.
Rashid, buku metode penelitian, Cetakan pertama, Kediri: IAIN Pers. 2022.
Syahrum and Salim, “Metodologi Penelitian Kuantitatif.” Cetakan Pertama. Bandung : Cipustaka Media, 2012.
Gendro, Sari Sasi, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2022.
Hamid, Marwan, Ibrahim Sufi, Wen Konadi, dan Yusrizal, “Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25", Edisi Pertama,” Aceh: Universitas Almuslim, p. 165, 2019.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.