Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Assistance in Using WhatsApp Business Features to Support MSME Sales Promotion in Sidoarjo Regency


Pendampingan Penggunaan Fitur WhatsApp Business sebagai Pendukung Promosi Penjualan UMKM di Kabupaten Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4381

Keywords:

MSMEs, training, WhatsApp Business

Abstract

Beberapa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menggunakan aplikasi WhatsApp Business sebagai alat komunikasi pemasaran produknya, namun banyak UMKM yang belum memahami cara menggunakan fitur-fitur yang ada di WhatsApp Business, program pengabdian ini menjelaskan beberapa pendekatan pelatihan WhatsApp Business, implementasi atau praktik fitur-fitur WhatsApp Business dan tahap terakhir evaluasi. Berdasarkan program pelatihan WhatsApp Business 110, IMKM lebih memilih memilih aplikasi WhatsApp Business sebagai alat komunikasi bagi pelanggan. UMKM kini juga ingin memiliki jangkauan pemasaran yang luas dan mampu menjangkau pelosok tanah air sekalipun. 1) Melalui pelatihan WhatsApp Business, UMKM kini dapat meningkatkan pemahaman dan kesuksesan pemasarannya serta ingin lebih dikenal masyarakat luas. 2) Dengan dukungan tersebut, UMKM yang sebelumnya tidak memiliki WhatsApp Business kini memiliki platform untuk memasarkan produknya lebih luas. 3) Nah bagi peserta yang belum mengetahui atau memahami cara menggunakan fitur-fitur WhatsApp Business, setelah mengikuti pelatihan dapat memahami cara menggunakan fitur-fitur tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

-Article Text-11168-1-10-20230820.pdf. (t.t.).

Abdullah, M. A. F. (2017). Memanfaakan Whatsapp Business Sebagai Sarana Pnunjang Digital Marketing Umkm Di Tengah Pandemik Covid-19 Kelurahan Tanjung Duren. jurnal komnika, 6(3), 1–12. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/view/1227

Article+0201-115-122-1.pdf. (t.t.).

Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 08(02), 246–270. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/Eksyar

Astuti, M., Sembiring, R., & Zuchriadi, A. (2022). Akselerasi Pengembangan Wirausaha “Dapurkana” Melalui Digitalisasi dengan Penerapan Katalog WA Bisnis dan Perencanaan Konten Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1775–1782. https://doi.org/10.54082/jamsi.542

Darmawan, Y. (2022). Sosialisasi Pengunaan WA Business Kepada Pelaku UMKM di Desa LOPANG, Kecamatan Kembangbahu LAMONGAN. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 39–48. https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/safari

Ferdian, M., Laila, R., & Muzdalifah, L. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Menggunakan Whatsapp Business Dan Go-food Bagi Umkm. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1–6. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.411

Hermawan, S., Rochmaniah, A., & Arizanda Rahayu, R. (2020). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Umkm Kuliner Melalui Pelatihan Akuntansi, Branding, Dan Halal Food. Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.47841/adpi.v1i1.17

Ikerismawati, S., Sholiha, I., & Hardiyanti, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1294–1302. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3139

Kn, J., Ardia, V., Annisa, K., Amalia, A., & Hidayat, A. (t.t.). Membangun Bisnis Online melalui Pelatihan Whatsapp Marketing pada UMKM Pelaku Bisnis Kopi Gayo Lues, Aceh. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6.

Nurastuti, W., & Amrullah, Y. A. (2023). Pelatihan WA Bisnis dan Foto Produk Bagi Balai Penyuluhan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Bersahaja di Kota Yogyakarta. Panrita_Abdi jurnal pengabdian kepada masyarakat LP2M Universitas Hasanuddin, 7(1), 77–84. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

Permata, A. G., Febriana, P., & Rochmaniah, A. (2023). Peningkatan Pemasaran Dan Identitas Produk Kerupuk Desa Jumputrejo Melalui Pembuatan Logo Dan Kemasan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1789. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16788

Setyawan, N. A., Pratiwi, M. I., Wiedayanti, D. F., & Eviyanti, N. (2023). Mentoring Perolehan Nib Dan Implementasi Digital Marketing Komunitas Umkm Kelurahan Mangunharjo. Communnity Development Journal, 4(4), Hal. 8667-8673. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/19523/14415

Trisnani, -. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 6(3). https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1227

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.362

Posted

2024-04-01