Analysis of Factors Affecting Delays in Inpatient Claims at Siti Fatimah Tulangan Hospital Sidoarjo
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Klaim Rawat Inap di Rumah Sakit Siti Fatimah Tulangan Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4327Keywords:
enabling, predisposing, pending claim, reinforcingAbstract
Medical records are documents that contain patient identity information, examination results, medical procedures, treatment and other services provided by the patient. By referring to a preliminary study conducted by researchers at the 'Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan Sidoarjo Hospital. The results obtained regarding BPJS inpatient claim files in January 2022 were 23 pending claim files, the causes of pending claims were inaccurate diagnosis codes, diagnoses and actions that did not match the medical resume. The supporting factor for coders is not D3 Medical Records education and the inhibiting factor is 1 coder with a job description workload as PIC (Person in Charge) coding, as a nursing committee member, and as an anesthesia nurse. The aim of this research is to identify factors that influence delays in inpatient claims by identifying a sequence of problems using the MCUA (Multiple Criteria Utility Assessment) method. The research method applied is descriptive qualitative
Downloads
References
“Menkes. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/1128/2022 Tentang Standar Akreditasi Rumah Sakit. 2022;”
“Menkes. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis. 2022;”
“Menkes. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman Indonesia Case Base Groups (Ina-Cbg) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan. 2021; ”
S. Mandia, “BPJS Claims Pending Case Coding Training at AISYIYAH PADANG RSU,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 1, hlm. 55–61, Feb 2023, doi: 10.31849/dinamisia.v7i1.12032.
E. K. Kurnia, “FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT X PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2022,” 2022.
Y. Utomo dan H. Markam, “Pengaruh Kompetensi PMIK Terhadap Kualitas Koding Klinis Di RSU Vertikal Kementerian Kesehatan DKI Jakarta,” J. Manaj. Inf. Kesehat. Indones., vol. 8, no. 2, hlm. 106, Okt 2020, doi: 10.33560/jmiki.v8i2.264.
N. Nazhifah, I. Alia Yustika, dan M. Hidayati, “Analisis Kebutuhan SDM Petugas Rekam Medis dengan Menggunakan Metode Analisis Beban Kerja Kesehatan (ABK-Kes),” Cerdika J. Ilm. Indones., vol. 1, no. 8, hlm. 1021–1028, Agu 2021, doi: 10.36418/cerdika.v1i8.169.
W. Maryati, I. O. Rahayuningrum, dan N. P. Sari, “DAMPAK BEBAN KERJA CODER YANG TINGGI TERHADAP KETIDAKAKURATAN KODE DIAGNOSIS,” J. Manaj. Inf. Kesehat. Indones., vol. 8, no. 1, hlm. 49, Mar 2020, doi: 10.33560/jmiki.v8i1.252.
S. F. Nabila, M. W. Santi, Y. Tabrani, dan A. Deharja, “Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Akibat Koding Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo,” J-REMI J. Rekam Med. Dan Inf. Kesehat., vol. 1, no. 4, hlm. 519–528, Okt 2020, doi: 10.25047/j-remi.v1i4.2157.
W. Kurnianingsih, “Hubungan Pengetahuan Coder dengan Keakuratan Kode Diagnosis Pasien Rawat Jalan BPJS berdasarkan ICD – 10 Di Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo.,” J. Manaj. Inf. Dan Adm. Kesehat. JMIAK, vol. 3, no. 01, Jun 2020, doi: 10.32585/jmiak.v3i01.680.
E. Nurhayati dan N. Nuraini, “UPAYA PERBAIKAN KELENGKAPAN PENGISIAN HASIL PENUNJANG PADA RINGKASAN PULANG PASIEN RAWAT INAP DI RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK,” vol. 3, no. 1, 2021.
R. Wulandari dan D. Sonia, “Analisis Kompetensi Perekam Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas
Cicalengka DTP,” Cerdika J. Ilm. Indones., vol. 1, no. 12, hlm. 1802–1889, Des 2021, doi: 10.36418/cerdika.v1i12.268.
“Menkes. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.01.07/MENKES/312/2020 Tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. 2020;”
M. Puspaningsih, C. Suryawati, dan S. P. Arso, “EVALUASI ADMINISTRASI KLAIM BPJS KESEHATAN DALAM MENURUNKAN KLAIM PENDING,” vol. 7, no. 6, 2022.
M. Alfarizi, “Komunikasi Efektif Interprofesi Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit,” ETTISAL J. Commun., vol. 4, no. 2, hlm. 151, Des 2019, doi: 10.21111/ejoc.v4i2.3568.
P. I. Sari, “PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI TENAGA KESEHATAN DI RSIA CEMPAKA AZ – ZAHRA BANDA ACEH,” Community Dev. J., 2023.
N. A. Fadlilah, E. T. Ardianto, dan S. Farlinda, “EVALUASI KINERJA PETUGAS KODING & KLAIM JKN RI DI RSUP DR. HASAN SADIKIN BANDUNG,” vol. 1, no. 3, 2020.
S. M. Fauziah, N. A. Rumana, D. R. Dewi, dan L. Indawati, “Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Bhakti Mulia Tahun 2019,” 2020.
D. Riyanto, M. Nyorong, dan D. Syamsul, “Analisis Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Haji Medan,” 2022.
N. Nuraini, R. A. Wijayanti, F. Putri, A. Deharja, dan M. W. Santi, “OPTIMALISASI MANAJEMEN PENANGANAN KLAIM PENDING PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT CITRA HUSADA JEMBER,” vol. 11, 2019.
E. Yulianti, N. Fitriyah, dan A. B. Suryantara, “PERSEPSI USER TERHADAP SISTEM KLAIM BPJS KESEHATAN DALAM KERANGKA TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA RUMAH SAKIT,” vol. 13, 2022.
E. S. Maulida dan A. Djunawan, “Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga,” MEDIA Kesehat. Masy. Indones., vol. 21, no. 6, hlm. 374–379, Des 2022, doi: 10.14710/mkmi.21.6.374-379.
H. Mursyid, S. Rahayub, dan V. S. Koloic, “A Scoping Review: Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap di Rumah Sakit,” J. Rekam Medis Dan Inf. Kesehat., vol. 6, no. 1, hlm. 22–35, Mar 2023, doi: 10.31983/jrmik.v6i1.9462.
R. H. Nono, “PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP KINERJA DOKTER DAN PERAWAT DI RSUD RUTENG-NTT”.
H. Faiha, P. Fannya, dan D. H. Putra, “Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Koja Tahun 2023,” J. Sos. Dan Sains, vol. 3, no. 9, hlm. 927–935, Sep 2023, doi: 10.59188/jurnalsosains.v3i9.1009.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.