Influence of Soft Skills, Hard Skills and Motivation on Student Work Readiness as the Z Generation to Face the Digital Era
Pengaruh Soft Skill, Hard Skill dan Motivasi pada Kesiapan Kerja Mahasiswa Sebagai Generasi Z Dalam Menghadapi Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4319Keywords:
Soft Skills, Work Motivation, Work Ability, Employee Performance, Communication SkillsAbstract
This research aims to determine the result of the influence of soft skills, hard skill and motivation on student’s work readiness as generation Z in facing the digital era. The use of this method in research is a quantitative method with an influencing type of associative research, namely from three independent variables to one dependent variable. The source of data collection uses primary data obtained by distributing questionnaires to respondents via google form. Primary data management is carried out using soft skills, hard skills and motivation simulthaneously influence work readiness in the context that has been studied.
Downloads
References
M. M. M. S. e. a. A. Suruwaky, “Peningkatan Hard Skill Sistem Informasi Digital Perikanan Tangkap di Era Digital 4.0,” Buletin SWIMP, vol. 1, no. 01, pp. 008-013, 2021.
K. P. Asriandi, “KOMPETENSI GENERASI Z DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” Journal of Management & Business, vol. 3, no. 3, pp. 184-200, 2020.
R. F. H. L. L. Hastini, “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?,” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), vol. 10, no. 1, pp. 12-28, 2020.
R. S. R. A. e. a. A. Pertiwi, “Peran Organisasi Kemahasiswaan dalam Membangun Karakter: Urgensi Organisasi Kemahasiswaan pada Generasi Digital Amalia,” Aulad: Journal on Early Childhood, vol. 4, no. 3, pp. 107-115, 2021.
M. Mardin, “Pengaruh Soft Skill Dan Hard Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Perbankan Syariah Iain Palopo,” p. 109, 2021.
A. F. L. E. e. a. F. Hamdani, “Pentingnya Pengembangan Soft Skills Generasi Milenial dalam Menghadapi Tantangan Pasca Pandemi Covid-19,” Indonesia Berdaya, vol. 3, no. 3, pp. 485-494, 2022.
S. Siswati, “PENGEMBANGAN SOFT SKILLS DALAM KURIKULUM UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 17, no. 2, p. 264, 2019.
D. M. B. B. D. Deswarta, “Pengaruh Soft Skill, Hard Skill Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau Dimasa Endemi Covid 19,” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), vol. 4, no. 1, pp. 364-372, 2023.
A. A. N. Afif, “KESIAPAN KERJA MAHASISWA AKUNTANSI DI ERA DIGITAL: CUKUPKAH HANYA HARD SKILLS?,” KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, vol. 14, no. 1, pp. 50-62, 2022.
O. N. G. L. Y. Ratulea, “PENGARUH HARD SKILL, SOFT SKILL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA AKHIR JURUSAN MANAJEMEN FEB UNSRAT MANADO,” Jurnal EMBA, vol. 10, no. 1, pp. 172-183, 2022.
A. Suarjana, “Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Dalam Upaya Mewujudkan Integrasi Kompetensi Hard skill, Soft Skill Lulusan Akuntansi,” Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 18, no. 2, pp. 125-137, 2022.
A. Y. I. Wahyuningsih, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Praktik Kerja Industri Melalui Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja,” Economic Education Analysis Journal, vol. 9, no. 2, pp. 532-551, 2020.
W. R. A. Mutoharoh, “Pengaruh Praktik Kerja Industri, Lingkungan Keluarga, Bimbingan Karier dan Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja,” Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 12, no. 1, p. 38, 2019.
T. A. K. W. S. Hanifah, “Analisis Bibliometrik Dalam Mencari Research Gap Menggunakan Aplikasi VOSviewer Dan Aplikasi Publish or Perish,” Journal of Innovation Research and Knowledge, vol. 2, no. 7, pp. 2713-2728, 2022.
B. N. A. Wibowo, “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Stmik Sinar Nusantara Surakarta,” Jurnal Ilmiah Edunomika, vol. 5, no. 02, p. 881, 2021.
C. W. C. B. Kartawinata, “Pengaruh Personal Interest Dan Self Control Terhadap Minat Investasi Pada Mahasiswa Generasi Z Di Bandung,” Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, vol. 4, no. 1, pp. 426-432, 2021.
J. D. Ayaturrahman, “PENGARUH SOFT SKILLS TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA AKUNTANSI DI YOGYAKARTA PADA ERA INDUSTRI 4.0,” 2022.
A. Suarjana, “Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Dalam Upaya Mewujudkan Integrasi Kompetensi Hard skill, Soft Skill Lulusan Akuntansi,” Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 18, no. 2, pp. 125-137, 2022.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.