Preprint has been published in a journal as an article
DOI of the published article https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v10i3.63237
Preprint / Version 1

The Effect of Teams Games Tournament Assisted by Flipcharts on the Cognitive Abilities of Elementary School Students


Pengaruh Teams Games Tournament Berbantuan Flipchart terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4251

Keywords:

Kognitif, Pembelajaran Kooperatif, Flipchart, Capaian Pembelajaran, teams games tournament

Abstract

Masalah kurangnya inovasi guru dalam pembelajaran merupakan faktor utama terjadinya suasana kelas yang membosankan, sehingga siswa sering mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa sekolah dasar dengan menggunakan media dan model pembelajaran kooperatif turnamen permainan tim. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wunut II Porong. True-Experimental Design dengan Posttest-Only Control Group Design, menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas VI yang terdiri dari 30 siswa dengan menggunakan pengumpulan data simple random sampling menggunakan instrumen dalam tes pilihan ganda yang berisi indikator domain kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan nilai posttest kelas kontrol dengan metode ceramah, kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan flipchart memiliki nilai unggul terhadap kemampuan kognitif siswa. Diantisipasi bahwa menggunakan paradigma pembelajaran turnamen permainan tim untuk konten studi sosial menggunakan flipchart akan meningkatkan hasil belajar siswa dan memperkuat keterampilan kognitif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. N. Sudiana, “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar PPKn melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament,” Journal of Education Action Research, vol. 7, no. 1, pp. 99–101, 2023, doi: 10.23887/jear.v7i1.52519.

Rahmiati and F. Azis, “Peranan Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 3 Kepulauan Selayar,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 3, pp. 3–7, 2023, Accessed: Oct. 07, 2023. [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2476/2000

O. C. Wuwung, “Strategi Pembelajaran & Kecerdasan Emosional,” N. Azizah, Ed., Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

E. Sutisna, L. Novita, and M. Iqbal Iskandar, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku,” Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 4, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

F. V. Amseke et al., Teori dan Aplikasi Psikologi Perkembangan. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

M. S. Hapudin, Teori Belajar Dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif, 1st ed. Jakarta: Kencana, 2021.

H. Basri, “Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan , vol. 18, no. 1, pp. 2–4, 2018, Accessed: May 19, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/11054

P. Sintya Devi and G. Wira Bayu, “Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual,” Mimbar PGSD Undiksha, vol. 8, no. 2, pp. 238–252, 2020, Accessed: Oct. 08, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525

J. Al-Taujih, A. S. Hasibuan, S. Nelwati, and S. Mardison, “Hubungan Kesiapan Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik,” Jurnal Al-Taujih, vol. 6, no. 1, pp. 37–43, Jan. 2020, [Online]. Available: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/

Pusat Penelitian Kebijakan, “Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018,” in Risalah Kebijakan , F. Nur’aini, I. Ulumuddin, L. S. Sari, and S. Fujianita, Eds., 2021.

I. M. Astikajaya, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu pada Siswa Kelas VI SD,” Journal of Education Action Research, vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2023, doi: 10.23887/jear.v7i1.52129.

P. Raya and A. Rahman, “Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas V Min 9 Barito Kuala,” Prosiding Pendidikan Guru Agama Islam, vol. 3, no. 2, pp. 1–3, 2023, Accessed: Oct. 07, 2023. [Online]. Available: https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/4096

A. Sofyan, S. Febriyani, and Yuliyana, “Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 1, no. 2, pp. 40–48, 2021, Accessed: Oct. 08, 2023. [Online]. Available: https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud/article/view/1307

N. L. Nitiasih, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik,” Indonesian Journal of Educational Development (IJED), vol. 2, no. 2, pp. 366–368, 2021, Accessed: Oct. 08, 2023. [Online]. Available: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1181

N. K. T. Srilaksmi and K. B. Indrayasa, “Inovasi Pendidikan Dalam Peningkatan Strategi Mutu Pendidikan,” PINTU:Pusat Penjaminan Mutu, vol. 1, no. 1, pp. 33–34, 2020, Accessed: Oct. 07, 2023. [Online]. Available: https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jurnalmutu/article/view/896

J. P. W. Mahadi, P. S. Firmani, K. Westra, I. Dewa, and G. K. Wirawan, “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Model Pembelajaran Inovatif Di Sd Negeri 3 Ubud Pada Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Pgri Mahadewa Indonesia,” vol. 2, no. 2, pp. 61–69, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6605840.

D. Ambarwati, U. B. Wibowo, H. Arsyiadanti, and S. Susanti, “Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 173–184, 2022, doi: 10.21831/jitp.v8i2.43560.

C. Talakua and F. Aloatuan, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flipchart terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 24 Maluku Tengah,” BIODIK, vol. 7, no. 01, pp. 95–101, Mar. 2021, doi: 10.22437/bio.v7i01.12228.

R. Putri, N. Budiarti, A. Rulyansah, J. Rihlah, R. R. Mardhotillah, and Y. I. Nurfaiza, “Pelatihan Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar: Sebuah Experiential Learning sebagai Upaya Mewujudkan Potensi Pembelajaran Aktif,” 2022.

R. E. Slavin, “Cooperative Learning: Student Teams. What Research Says to the Teacher.,” in Cooperative Learning: Student Teams, Washintong, D.C., 1982.

Y. R. Rafflesines, M. Putra, and I. W. Sujana, “Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flipchart Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V,” Media Komunikasi, vol. 18, no. 1, pp. 22–30, 2019, Accessed: Oct. 08, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/22235

A. Yulianto, N. Sufiati, and N. Rokhima, “Penggunaan Media Flip Chart terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong,” Jurnal Papeda, vol. 4, no. 1, pp. 42–43, 2022, Accessed: Oct. 08, 2023. [Online]. Available: https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/1881

S. Achriyati, R. Yuliana, and L. Nulhakim, “Pengembangan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar,” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 11, no. 4, pp. 1249–1251, Aug. 2022, doi: 10.33578/jpfkip.v11i4.8611.

F. Ke and B. Grabowski, “Gameplaying for maths learning: Cooperative or not?,” British Journal of Educational Technology, vol. 38, no. 2, pp. 249–259, Mar. 2007, doi: 10.1111/j.1467-8535.2006.00593.x.

I. W. Mustika, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika,” Jurnal IKA, vol. 18, no. 1, pp. 59–62, 2020, doi: https://doi.org/10.23887/ika.v18i1.28384.

U. Maimunah, N. Temas, and K. Batu, “Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas 5 SDN Temas 02 Batu,” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), vol. 2, no. 1, pp. 188–209, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.widyahumaniora.org/

S. Melindawati, “Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 55–67, 2021, Accessed: Oct. 15, 2023. [Online]. Available: https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/1050/pdf

I. W. Mertayasa, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V,” Journal of Education Action Research, vol. 6, no. 1, pp. 49–55, Feb. 2022, doi: 10.23887/jear.v6i1.41914.

D. Arisetya, “Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Sistem Rangka Manusia,” Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, vol. 3, no. 1, pp. 15–16, 2019, Accessed: May 21, 2023. [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/view/5084

Z. Aloahyt, D. M. Taher, and A. Mas’ud, “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terintegrasi Saintifik Berbantuan Media Charta Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Halmahera Selatan,” Jurnal Bioedusi, vol. 5, no. 2, p. 105, 2022, Accessed: Oct. 15, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/bioedu/article/view/5353

S. Novrica, L. Hakim, and A. Pratama, “Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Berbasis Gambar Terhadap Penguasaan Materi IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 1299–1300, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6769.

P. Drestajumna, S. Istiningsih, A. Harjono, M. Hakim, P. Fkip, and U. Mataram, “Pengembangan Media Flip Chart Berbasis Model Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Gugus 2 Labuapi Tahun Ajaran 2021/2022,” PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 3, pp. 201–202, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.educ3.org/index.php

Y. S. Hertarini, E. Rohaeni, and A. Ruhyanto, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Flipchart Pada Mata Pelajaran Ekonomi,” Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 229–238, 2022, Accessed: Oct. 15, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/6388

I. Magdalena, A. Hidayah, and T. Safitri, “Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang,” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, pp. 48–62, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

A. A. N. P. Laksana, I. W. Adnyana, I. G. A. A. Saputra, I. K. Y. Pranata, I. P. E. Kresnayadi, and G. H. A. Susila, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli,” Jurnal Pendidikan Kesehatan rekreasi, vol. 7, no. 1, pp. 141–149, 2021, doi: 10.5281/zenodo.4445059.

Musdalipa, F. Razak, and J. Alam, Buku Panduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Ular Tangga. Solok: Mitra Cendekia Media, 2022. Accessed: Jun. 07, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Panduan_Model_Pembelajaran_Kooperat/T56oEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=tgt&pg=PA23&printsec=frontcover

M. Huda, Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.

Isjoni, Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok, 8th ed. Bandung: Alfabeta, 2014.

R. E. Slavin, “Student Team Learning: An Overview and Practical Guide. Second Edition.,” in Student Team Learning: An Overview and Practical Guide, Second edition., Washington, D.C., 1988.

I. Sembiring, B. Tarigan, and D. Budiana, “Model Kooperatif Team Games Tournament (TGT): Peningkatan kreatifitas, kerjasama dan keterampilan bermain sepakbola siswa tunarungu,” Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, vol. 1, no. 2, pp. 128–140, Dec. 2020, doi: 10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5652.

D. K. Adiputra and Y. Heryadi, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar,” HOLISTIKA:Jurnal Ilmiah PGSD, vol. 5, no. 2, p. 108, 2021, Accessed: Oct. 08, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/11308

S. Rahmawati, A. Trisiana, and M. Mustofa, “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Tematik Integratif,” Jurnal Pendidkan Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 3828–3830, 2023, Accessed: Oct. 08, 2023. [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5839/4893

F. Rifai, S. P. Sari, D. K. Nasution, I. S. Nasution, and Syamsuyurnita, “Penggunaan Media Flip Chart Pada Minat Belajar Siswa Kelas II Sangar Bimbingan Gombok Utara,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 4, pp. 1683–1691, 2023, Accessed: Oct. 15, 2023. [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3672

A. Lestari, L. Nulhakim, and O. Rosidin, “Pengembangan Media Flipchart Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SDN Beberan 1,” Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 2857–2864, 2023, Accessed: Oct. 15, 2023. [Online]. Available: https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8411

Y. Shi and S. Qu, “The effect of cognitive ability on academic achievement: The mediating role of self-discipline and the moderating role of planning,” Front Psychol, vol. 13, pp. 1–3, Oct. 2022, doi: 10.3389/fpsyg.2022.1014655.

M. Yusuf, Inovasi Pendidikan Abad 21 Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini, 1st ed. Yogyakarta: Selat Media Patners, 2023.

Y. T. Suci, “Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensisosial Sebagai Landasan Teori Dalampelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Disekolah Dasar,” Journal of Research and Education and Learning Studies, vol. 3, no. 1, pp. 232–239, 2018, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/269/375

O. Arifudin, “Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia,” Jurnal Al-Amar (JAA), vol. 4, no. 1, pp. 13–22, 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/87

I. Alwi, “Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir,” Jurnal Formatif, vol. 2, no. 2, pp. 140–141, 2019, Accessed: Dec. 03, 2023. [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/234836-kriteria-empirik-dalam-menentukan-ukuran-60ddb857.pdf

I. P. A. A. Payadnya and I. G. A. N. T. Jayantika, Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS, 1st ed. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Posted

2024-02-29