Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Application of the Tajdied Method in Learning to Read the Al-Qur'an in Forming Outstanding Students in Elementary Schools


Penerapan Metode Tajdied pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dalam Membentuk Siswa Berprestasi di Sekolah Dasar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4249

Keywords:

Tajdied Method, Al-Qur'an, Achievement, Elementary School

Abstract

This research aims to explore the implementation of the Tajdied method in enhancing the ability to read the Quran and the achievements of students at SD Muhammadiyah 1 Krian. Utilizing a qualitative method and a field research approach, data were collected through observation, interviews, and documentation involving fourth-grade students, BTQ teachers, and the Head Coordinator of BTQ. Data analysis followed the Miles & Huberman method. The research findings indicate that the Tajdied method is effective in shaping students who excel in reading the Quran. Therefore, the application of the Tajdied method can be considered a productive step in producing a generation that is not only proficient in Quranic recitation, but also has a profound understanding and excels in practicing Islamic teachings.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. A. Fachrurozi, “Keutamaan membaca Al-Qur’an menurut pandangan KH. Muntoha Al-Khafidz (Studi Filologi kitab Abharul Qur’an),” PhD Thesis, IAIN KUDUS, 2023. Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9994

D. Hernawan dan M. Muthoifin, “Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an,” Profetika J. Studi Islam, vol. 19, no. 1, hlm. 27–35, 2019.

F. M., “Analisis Rendahnya Minat Baca Tulis Al-Qur’an dan Faktor yang Mempengaruhinya di SMP 8 BTN Sekkang Mas Kabupaten Pinrang,” UIN Alauddin Makassar, 2019.

N. M. Nisak, “Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al Qur’an di Sekolah Dasar,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 2, no. 2, hlm. 150–164, 2018.

A. Nursalikah, “65 Persen Muslim Indonesia tidak Bisa Baca Alquran,” Republika Online. Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://republika.co.id/share/qrg3fn366

I. Laila, “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an di SDN 02 Batu Alang Sibarambang,” Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus, 2023.

A. Mawardi, “Membaca Al-Quran dan Kecerdasan Spiritual: Sebuah Studi Pada Santri Pondok Pesantren Khairul Ummah Kabupaten Bantaeng,” PILAR, vol. 14, no. 1, Art. no. 1, Jun 2023.

I. R. Nur dan R. Aryani, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan,” Akad. J. Mhs. Humanis, vol. 2, no. 3, hlm. 100–110, 2022.

S. Sapuroh, “Efektivitas Ekstrakulikuler BTQ Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di SMPN 9 Rejang Lebong,” Educ. J. Inov. Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, vol. 2, no. 1, hlm. 63–71, 2022.

R. P. Rijkiyani, S. Syarifuddin, dan N. Mauizdati, “Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, hlm. 4905–4912, 2022.

D. H. Muhammad, “Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran Melalui Metode Qiroati,” JIE J. Islam. Educ., vol. 3, no. 2, hlm. 142–162, 2019.

S. Effendi, “Sejarah dan Perkembangan Metode Pembelajaran Baca Al-Qur’an di Indonesia,” 2021, Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/1662

A. Indal, Metode Pembelajaran Al-Qur’an: Kumpulan Metode-Metode Belajar Huruf Al-Qur’an. Yogyakarta: SUKA-Press, 2022.

Z. Arifin, “Metode Tajdied Menghafal Al-Quran.” Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2019&q=Metode+tajdied+menghafal+al-quran&btnG=#d=gs_qabs&t=1706001461838&u=%23p%3DPywytS6_qMIJ

A. Ghofi, “Implementasi Metode Tajdied Dalam Baca Al–Quran Di SD Muhammadiyah 1 Jember.,” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2019. Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21988

M. Yusron dan M. Tamyiz, “Analisis Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Tahfidz Metode Tajdied di MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro,” Stud. Religia J. Pemikir. Dan Pendidik. Islam, vol. 6, no. 2, 2022, Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://scholar.archive.org/work/sdy4yr7izbfpxflwjn7ogi47qm/access/wayback/http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Studia/article/download/14624/pdf

O. M. A. Nashiruddin AR, “Implementasi Metode Tajdid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Gurah,” PhD Thesis, IAIN Kediri, 2021. Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://etheses.iainkediri.ac.id/4700/

A. N. AN dkk., “Pelatihan Metode Tajdied Untuk Peningkatan Membaca Al-Qur’an Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat,” J. Pema Tarb., vol. 2, no. 1, hlm. 50–68, 2023.

M. W. Tirtanang, “Metode Tajdied Dalam Mengembangkan Potensi Anak Didik Dibidang Baca Alqur’an di SD Muhammadiyah 10 Surabaya,” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2019. Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4742

C. T. Wahyudi, “Implementasi Metode Tajdid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran (Studi Multisitus di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tulungagung dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Trenggalek),” PhD Thesis, IAIN Tulungagung, 2019. Diakses: 23 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/11958/

SD Muhammadiyah 1 Krian, “SD Muhammadiyah 1 Krian - Unique and Solutif School,” SD Muhammadiyah 1 Krian. Diakses: 25 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://sdmsakri.sch.id/

H. Basri dan N. Chasanah, “Implementasi Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dengan Metode Tajdied Siswa pada Tingkatan Dasar SMP Muhammadiyah 04 Kebomas,” Tamaddun J. Pendidik. Dan Pemikir. Keagamaan, vol. 24, no. 2, hlm. 091–096, 2023.

Posted

2024-02-28