Strategy for Utilizing School Reading Corners in Growing Students' Interest in Reading and Literacy
Strategi Pemanfaatan Sudut Baca Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca dan Literasi Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4191Keywords:
Strategy, Reading Corner, Interest in Reading, LiteracyAbstract
.The type of research is qualitative descriptive research. Data obtained from observations and interviews. The result of the research is to equip each class with a reading corner. Create a more interesting reading corner equipped with various varied reading sources. A work program that provides rewards to students to motivate them to be interested in reading and optimize their reading movements 15 minutes before learning activities. The internal supporting factor for students is that students at SD Muhammdiyah 1 Babat are able to read. The external factor is that there is a reading corner at school, although it is not optimal. The inhibiting factors are inadequate reading corner facilities and a poor collection of books, both fiction and non-fiction, as well as the arrangement of the reading corner space being less attractive, so it is necessary to provide books that are interesting and tailored to children's abilities and interests.
Downloads
References
Tarigan HG. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa; 2015.
Saleh T. Pentingnya Membaca dan Menggunakan Perpustakaan dalam Mengubah Kehidupan Manusia. Jupiter [Internet]. 2014;XIII(1):24–8. Available from: https://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/1672
Ginting ES. Penguatan literasi di era digital. Pros Semin Nas PBSI-III Tahun 2020 [Internet]. 2020;35 8. Available from: https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf
Fitriani Y, Aziz. IA. Literasi Era Revolusi Industri 4 . 0. SENASBASA (Seminar Nas Bhs dan Sastra). 2019;3(1):100–4.
Budiharto, Triyono, Suparman. Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seuneub Lada J Ilmu-ilmu Sejarah, Sos Budaya dan Kependidikan [Internet]. 2018;5(1):153–66. Available from:http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index
Kemendikbud. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. 1–90 p.
] Rofi’uddin MA, Hermintoyo H. Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di Smp Negeri 3 Pati. J Ilmu Perpust. 2017;6(1):281–90.
] Pradana FAP. Pengaruh Budya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. J Pendidik dan Konseling. 2020;2(1):81–5.
Ramadhan M. Metode Penlitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN); 2021.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2017.
Faizah DU. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: irektorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan; 2016.
Widodo S dkk. Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Pros Semin Nas Pendidik. 2015;
Mantu KS. Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. 2021;07(03):877–84.
Kemendikbud. Panduan Pemanfaatan Dan Pengembangan Sudut Baca Kelas Dan Area Baca Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal pendidikan dasar dan menengah Kementrian pendidikan dan kebudayaan; 2016.
Muhammad J, Amrah, Nurfaizah. Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa SDN 111 Kassi Buta Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jur Pendidik Guru Sekol Dasar, Univ Negeri Makassar, Makassar, Indones. 2023;
AFIFA MILDA L. PENGARUH REWARD TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA DI DAYAH MODERN DARUL ‘ULUM BANDA ACEH. Fak Adab DAN Hum Univ Islam NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM, BANDA ACEH. 2019;
Zulham M, Sarianti. Pengaruh Membaca Lima Belas Menit Sebelum Pembelajaran terhadap Minat Baca Siswa. J Pendidik Bhs dan Sastra. 2022;
Setiawati S, Mahmud ME. Studi Analisis Program Pojok Baca Dalam Menstimulasi Minat Baca Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Tahun Ajaran 2019-2020. J Tarb dan Ilmu Kegur Borneo. 2020;1(2):85–98.
Mulyani ET. Analisis Faktor-Faktor Pendukung Minat Baca Mahasiswa Jurusan Tari di Perpustakaan. Libr J Perpust. 2018;6(2):401.
Banowati EN, Mudrikatunnisa, Maula AR, Fajrie N. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas II Di SDN 2 Kedungsarimulyo. ALFIHRIS J Inspirasi Pendidik. 2023;1(4):116–27.
Sari CP. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. J Pendidik Guru Sekol Dasar [Internet]. 2018;7(32):3128–37. Available from: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13875/13400
Marg SA. Reading Corner in Schools of Mathura District, Uttar Pradesh. Dep Elem Educ. 2016;
Simon Paulus Olak Wuwur E. Faktor Penghambat Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Factors. J Sains dan Teknol. 2020;1(2):248–53.
Prayoga RA, Budiarto HA, Afif MF, Pradipta AS, Lestari AS. Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Pekan Literasi dan Pembiasaan 15 Menit Membaca: Studi Kasus MI Mulyadarama Girimukti. War LPM. 2023;26(4):388–400.
Purwati S. Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. J Ilmu Pendidik Sos sains, dan Hum. 2018;4(1):173–87.
Rosmalah R, Irfan M, Murnianti A, Nurdin M. Hubungan Fasilitas Perpustakaan Sekolah dengan Minat Baca Siswa Kelas V SD Gugus 32 Kecamatan Citta. JPPSDJurnal Pendidik dan Pembelajaran Sekol Dasar. 2022;1(4):247.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.