Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Relationship between Self-Efficacy and Academic Stress in Final Students


Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Akhir

##article.authors##

  • Rayhan Deta Maulana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ramon Ananda Paryontri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4142

Keywords:

self-efficacy, academic stress, students

Abstract

The aim of this research is to determine the relationship between self-efficacy and academic stress in students at Muhammadiyah University of Sidoarjo. The research method used was a correlational quantitative method with a total of 7,872 students as subjects with sample determination developed by Isaac and Michael used at the 5% level for 334 students. The method for taking samples in this research is by probability sampling technique which uses proportional stratifield random sampling. The scale measurement technique used in this research uses a Likert scale model. The data analysis technique uses product moment correlation with the SPSS Version 25 application. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, L., & Tomayahu, M. B. (2019). Tingkat Stres Dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus. Jambura Health and Sport Journal, 1(1).

Afnan, A., Fauzia, R., & Tanau, M. U. (2020). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stress Pada Mahasiswa yang Berada dalam Fase Quarter Life Crisis. Jurnal Kognisia, 3(1).

Afryan, M., Saputra, O., Lisiswanti, R., & Ayu, P. R. (2019). Hubungan tingkat stres terhadap motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan dkripsi pada mahasiswa tingkat akhir fakultas kedokteran universitas lampung. Kesehatan Dan Agromedicine, 6(1), 63–67.

Amalia, V. R., & Nashori, F. (2021). Hubungan Antara Religiusitas dan Efikasi Diri dengan Stres Akademik Mahasiswa Farmasi. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(1).

Amira, I., Sriati, A., Hendrawati, H., & Chaerani, A. (2021). Literature Review: Intervensi Dalam Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Interventions To Reduce Students Anxiety. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 21(2).

Anggraeni, M. W. (2021). Hubungan Antara Husnudzon Dan Resiliensi Pada Remaja Dengan Orang Tua Bercerai. Skripsi.

Anwar, N. (2020). Husnudzon dan Penerimaan Diri Pada Orang Dengan HIV/AIDS.

Asih, G. Y., Widhiastuti, H., & Dewi, R. (2018). Stres kerja. Semarang University press.

Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas malahayati program studi pendidikan dokter. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 83–93. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.283

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3).

Bisinglasi, M. G. I. (2016). Hubungan Self-Efficacy Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Angkatan 2014. In Doctoral dissertation. Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.

Branson, V., Dry, M. J., Palmer, E., & Turnbull, D. (2019). The Adolescent Distress-Eustress Scale: Development and Validation. Sage Open, 9(3).

Brulé, G., & Morgan, R. (2018). Working With Stress: Can We Turn Distress Into Eustress? Journal of Neuropsychology Dan Stress Management, 3(1).

Efrianti, M. (2021). Gambaran stres akademik pada mahasiswa dalam belajar online. In Skripsi.

Erlisya, R. (2021). Hubungan Self Esteem Dengan Impulsive Buying Pada Mahasiswa UIN Suska Riau. In Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Fadillah, A. E. R. (2013). Stres Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi universitas mulawarman yang sedang menyusun skripsi. Psikoborneo, 1(3), 148–156.

Fairuzzahra, D. A., Aryandari, D., & Purwadi, M. (2018). Hubungan Antara Husnudzon dan Kecemasan Pada Mahasiswa.

Fatima, Y. M., Nafisah, A., Lusiana, T. V., Dewi, S. S., & Marmoah, S. (2021). Efikasi diri mahasiswa peserta kegiatan pertukaran pelajar melalui perkuliahan jarak jauh. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 25–36. https://doi.org/10.21009/pip.351.3

Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1).

Fazila, Z. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh Di Masa Pandemi Covid-19. In Doctoral dissertation. UIN Ar-Raniry.

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1).

Hakiki, M. I., & Mariyati, L. I. (2020). Overview of Academic Stress of FPIP Psychology Study Program Students Programming Thesis Courses in 2017/2018. Academia Open, 3(10).

Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan Antara Kesabaran Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Pekanbaru. An-Nafs, 13(01).

Insani, A. (2021). Kesadaran Stres Akademik Selama Pembelajaran Dari Rumah. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2).

Laili, Y. N. U. (2022). Hubungan Antara Berfikir Positif Dengan Efikasi Diri Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. In Doctoral dissertation. UIN Raden Intan Lampung.

Maharani, A. (2022). Hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa semester akhir di fakultas psikologi uin suska riau [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/62037/

Maharanissa, M. A. (2022). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung Ditinjau Dari Konsep Diri Dalam Menyelesaikan Skripsi. In Doctoral dissertation. UIN Raden Intan Lampung.

Mahesti, N. P. R. E., & Rustika, I. M. (2020). Peran kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap resiliensi pada mahasiswa universitas udayana yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 53. https://doi.org/10.24843/jpu.2020.v07.i02.p06

Mawaddah, H. (2021). Analisis efikasi diri pada mahasiswa psikologi unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3633

Muna, S., & Atinkut, Z. (2018). Prevalence and associated factors of stress among undergraduate students in ambo university: implication for intervention. International Journal of Psychology and Counselling, 10(4), 29–39. https://doi.org/10.5897/ijpc2018.0532

Munawaroh, L., Salam, A. Y., & Yunita, R. (2023). Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Stress Akademik dan Motivasi Siswa Tahfidz Di SMA Unggulan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia,2(11).

Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2).

Muslim, M. (2020). Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2).

Nadyandra, K. R., & Nio, S. R. (2023). Hubungan stress akademik dengan motivasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(2), 3614–3622.

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses dan Hasil Belajar Matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes. Journal on Teacher Education, 1(2).

Nurhasanah, A., & Hawadi, L. F. (2022). Efikasi Diri Akademik sebagai Mediator dalam Hubungan antara Husnudzan dan Stres Akademik pada Mahasiswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4).

Nurulita, F. P., & Handayani, L. (2022). Analisis Strategi Coping Stress Saat Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Pada Siswa SMA Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2).

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.30653/001.201932.93

Pramesta, D. K., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7).

Puteri, R. K. (2018). Hubungan Antara Khusnudzon dan Resiliensi Pada Penyintas Bencana Longsor.

Putri, C. P., Mayangsari, M. D., & Rusli, R. (2020). Pengaruh Stres Akademik Terhadap Academic Help Seeking Pada Mahasiswa Psikologi Unlam Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Rendah. Jurnal Kognisia, 1(2).

Putri, V. K. H. (2015). Hubungan Antara Kemandirian Dengan Stress Akademik Pada Mahasiswa Yang Merantau Di Salatiga. In Doctoral dissertation. Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.

Qian, L., & Fuqian, Z. (2018). Academic Stress, Academic Procrastination and Academic Performance: A Moderated Dual-Mediation Model. Risus, 9(2).

Rachmawati, Y. E. (2012). Hubungan antara self efficacy dengan kematangan karir pada mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir di universitas surabaya. Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1–12.

Ramadan, M. R. M., & Yushita, A. N. (2022). Pengaruh Stres Akademik, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(1).

Ramadhan, H., & Oktariani. (2022). Gambaran tingkat stress akademik pada mahasiswa akhir. Journal Education of Batanghari, 4(10), 1–8. https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB

Reddy, K. J., Menon, K. R., & Thattil, A. (2018). Academic stress and its sources among university students. Biomedical and Pharmacology Journal, 11(1), 531–537. https://doi.org/10.13005/bpj/1404

Rihartini, R. (2021). Hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa santri di pesantren as-sa ’adah terboyo semarang. Prosiding Seminar Nasional Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humaniora, 1(1).

Rochmah, S. A. (2019). Pengaruh Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Husnudzon Terhadap Peningkatan Self Esteem Pada Siswa SMP Al Manshur Candi Sidoarjo.

Rudland, J. R., Golding, C., & Wilkinson, T. J. (2020). The Stress Paradox: How Stress Can Be Good For Learning. Medical Education, 54(1).

Rusdi, R. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Manajemen Waktu Terhadap Stres Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2).

Rusydi, A. (2012). Husn Al-Zhann: The Concept of Positive Thinking in Islamic Psychology Perspective and Its Benefit on Mental Health. Proyeksi, 7(1).

Salam, A. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Stres Akademik Pada Siswa. In Doctoral dissertation. Universitas 17 Agustus 1945.

Saputri, K. A. (2020). Hubungan antara self-efficacy dan social support dengan tingkat stres pada mahasiswa akhir penyusunan skripsi di fip unnes tahun 2019. Konseling Edukasi : Journal of Guidance and Counseling, 4(1). https://doi.org/10.2224/sbp.2013.41.9.1519

Saraswati, N., Dwidiyanti, M., Santoso, A., & Wijayanti, D. Y. (2021). Hubungan efikasi diri dengan kecemasan menyusun skripsi pada mahasiswa keperawatan. Holistic Nursing and Health Science, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.14710/hnhs.4.1.2021.1-7

Shankar, N. ., & Park, C. (2016). Effects of Stress on Students’ Physical and Mental Health and Academic Success. International Journal of School and Educational Psychology, 4(1).

Telussa, P. C. R., & Kusumiati, R. Y. E. (2022). Hubungan natara efikasi diri dan kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skrispi. Psychology and Counseling, 3(2), 149–244.

Tettitriana, T. (2019). Hubungan Stres Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester III STIK Stella Maris Makassar. In Doctoral dissertation. STIK Stella Maris.

Venkatesh, B., & Ram, N. (2015). Eustress : a Unique Dimension to Stress Management. Voice of Research, 4(2).

Wistarini, N. N. I. P., & Marheni, A. (2019). Peran Dukungan Sosial Keluarga dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana.

Yuda, M. P., Mawarti, I., & Mutmainnah, M. (2023). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. In Doctoral dissertation. Universitas Jambi.

Yuwanto, D., Mayangsari, M. D., & Anward, H. H. (2016). Hubungan efikasi diri dengan kesiapan kerja pada mahasiswa yang sedang mempersiapkan skripsi. Jurnal Ecopsy, 1(4).

Posted

2024-02-27