Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Relationship between the Intensity of Playing Online Games and the Social Skills of Teenagers in Sidoarjo


Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Keterampilan Sosial Remaja di Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3889

Keywords:

Intensity of Playing Online Games, Social Skill, Teenager

Abstract

This research aims to finding out whether there is a correlation or relationship between the intensity of playing online games and the social abilities or skills of teenagers in Sidoarjo. The research method used is quantitative correlational. Data collection is based on the theory of intensity of playing online games and dimensions of social skills. The research subjects were members of the Mobile Legends Sidoarjo community on the Facebook platform with a total of 206 respondents. The results of the simple linear regression analysis test show that there is a negative relationship between the intensity of playing online games and the social skills of children in Sidoarjo. Apart from that, it is known that the influence of the intensity variable of playing online games on the social skills variable is 5.1%, while the remaining 94.9% is influenced by other variables or factors that can influence teenagers' social skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. L. Rizal and P. A. Pratiwi, “Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Keterampilan Sosial Remaja Di Kota Padang,” Attadib J. Elem. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 126–134, 2022.

S. A. S. Lubis, “Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Keterampilan Sosial Pada Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Rahmat Islamiyah,” Universitas Medan Area, 2022.

M. Irvansyah, “Analisis Penyebab Hikikomori Melalui Pendekatan Fenomenlogi,” JAPANOLOGY, vol. 2, no. 2, pp. 28–39, 2014.

M. Grattia, “Mengenali Hikikomori, Fenomena ‘Mengasingkan Diri’ Pada Remaja Di Jepang,” detikEdu, 2023. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6713036/mengenal-hikikomori-fenomena-mengasingkan-diri-pada-remaja-di-jepang (accessed Sep. 09, 2023).

R. Fadli, “Dampak Pandemi Terhadap Kemampuan Sosial Anak,” Halodoc.com, 2022. https://www.halodoc.com/artikel/dampak-pandemi-terhadap-kemampuan-sosial-anak

CNN Indonesia, “Survei: 19,3 Persen Anak Indonesia Kecanduan Game Online,” Cnnindonesia.Com, 2021. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211002135419-255-702502/survei-193-persen-anak-indonesia-kecanduan-internet (accessed Feb. 16, 2023).

D. E. Kurniawan, “Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta,” J. Koseling Gusjigang, vol. 3, no. 1, pp. 97–103, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/1120/1071

A. Rahmat, “Hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial remaja di 4 game centre di kecamatan klojen kota malang,” Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014. [Online]. Available: http://etheses.uin-malang.ac.id/5993/1/08410004.pdf

S. Virlia and S. Setiadji, “Hubungan Kecanduan Game Online Dan Keterampilan Sosial Pada Pemain Game Dewasa Awal Di Jakarta Barat,” Psibernetika, vol. 9, no. 2, pp. 93–101, 2016, doi: 10.30813/psibernetika.v9i2.460.

P. Hadi, A. Sinring, and F. Aryani, “Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP,” J. Psikol. Pendidik. dan Konseling J. Kaji. Psikol. Pendidik. dan Bimbing. Konseling, vol. 4, no. 1, p. 32, 2018, doi: 10.26858/jpkk.v4i1.4474.

Erizka, Martunis, and A. Bakar, “Korelasi Intensitas Bermain Game Online Mobile Legend Dengan Keterampilan sosial Siswa MAN 3 Banda Aceh,” J. Ilm. Mhs. Bimbing. dan Konseling, vol. 4, no. 3, pp. 60–66, 2019.

N. P. Dewi, “Hubungan Antara Intensitas Game Online Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja,” Surakarta, 2014.

G. Fernando R, “Hubungan antara Bermain Game Online dengan Perilaku Sosial dan Prestasi Belajar,” Universitas Lampung, 2018. [Online]. Available: http://digilib.unila.ac.id/30458/3/SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

H. Kartini, “Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Intensitas Bermain Game Online dengan Intensi Berperilaku Agresif Pada Siswa,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 4, no. 4, pp. 482–489, 2016, doi: 10.30872/psikoborneo.v4i4.4232.

S. M. Efastri, L. Lhaura, and C. C. Islami, “Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget dengan yang Tidak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4461–4470, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2296.

A. Y. Pinasti and R. N. Khourunnisa, “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Kecenderungan Kecanduan Game Online Selama Pandemi Covid-19 pada Remaja di Kota Surabaya,” Character J. Penelit. Psikol., vol. 9, no. 5, pp. 125–133, 2022.

D. Rahmawati, “Hubungan Antara Kepribadian Neurotik Dan Kontrol Diri Dengan Kecanduan Game Online Mobile Legends Pada Gamers Di Pekanbaru,” UIN Suska Riau, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D), Ke-4. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, 19th ed. Bandung: Alfabeta, 2013.

A. Hidayat, “Uji Normalitas dan Metode Perhitungan (Penjelasan Lengkap),” statistikian.com, 2013. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html

Posted

2024-01-31