Project Management Relationship Patterns Strengthening Pancasila Student Profiles and Extracurriculars in Developing Student Character
Pola Hubungan Manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3877Keywords:
Management Patterns, Extracurricular, CharacterAbstract
Kurikulum merdeka hadir dengan berbagai pembaruan yang ada. Program P5 merupakan salah satu hal baru yang hadir didalamnya. Program tersebut ada dengan tujuan pembentukan karakter dengan berbagai dimensi yang telah dicanangkan. Namun penguatan karakter tidak cukup hanya dengan program intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler hadir guna menguatkan dan membiasakan karakter mulia siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Menjelaskan pola hubungan manajemen projek penguatan profil pelajar pancasila dan ekstrakurikuler 2). Menyebutkan berbagai macam pola manajemen projek penguatan profil pelajar pancasila dan ekstrakurikuler untuk mendukung perkembangan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatrur dengan mengumpulkan berbagai macam artikel dengan kurun waktu 2021-2023 yang bersumber dari google scholar, garuda dan the lens. Pembentukan karakter di sekolah tidak cukup dengan transformasi pengtahuan di kelas melainkan harus didukung dengan kegiatan ekstrakurikuler. Keduanya memiliki peran yang cukup vital dalam penyususan dan pelaksanaan program sekolah.
Downloads
References
A. Y. Massie and K. R. Nababan, “DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA.”
H. J. Suriadi, F. Firman, and R. Ahmad, “Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 3, no. 1, pp. 165–173, Mar. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i1.251.
Y. Kurniawan and A. Sudrajat, “Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa madrasah tsanawiyah,” 2018.
F. Yunere, M. Anggraini, and M. H. Ningrum, “HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN PENGARUH TEMAN SEBAYA DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA REMAJA DI SMPS-PSM KOTA BUKITTINGGI,” vol. 3, no. 2, 2022.
“Dampak Media Sosial (TIK-TOK) Terhadap Karakter Sopan Santun DAMPAK MEDIA SOSIAL (TIK-TOK) TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Izza Nabilah Agustyn.”
F. Fensi, “PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA & SMK BHINNEKA TUNGGAL IKA, JAKARTA The Role of Social Media in The Formation of Characters for Bhineka Tunggal Ika High School, Jakarta”, [Online]. Available: https://journal.ubm.ac.id/index.php/pengabdian-
H. Nisa and ; Suwandi, “JM-TBI: Jurnal Manajemen dan Tarbiyatul Islam”, [Online]. Available: http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jm-tbi
A. S. Fibrianto et al., “PERAN BUDAYA ORGANISASI MORAL SISWA SMA NEGERI DI KOTA MALANG,” 2020.
S. Rahmayani and Z. Hadikusuma Ramadan, “Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa,” vol. 9, no. 3, pp. 475–480, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD
J. Magister Administrasi Pendidikan, M. Iqbal, and S. Ibrahim, “BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 KOTA LHOKSEUMAWE,” Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, vol. 8, no. 4, pp. 234–241, 2018.
A. Sahnan and T. Wibowo, “ARAH BARU KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR,” SITTAH: Journal of Primary Education, vol. 4, no. 1, pp. 29–43, May 2023, doi: 10.30762/sittah.v4i1.783.
D. Wahyu Ningsih, S. Nur Halizah, F. Zameilia Aldanty, and A. Qotuz Zuhro Fitriana, “Upaya Pengurus OSIS Dalam Mengatasi Konflik Antara Anggota Osis Di SMA 4 Jember,” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), vol. 3, no. 2, p. 234, 2023, doi: 10.47233/jebs.v3i2.768.
“Manajemen Konflik Kebijakan Pembina Pramuka Terhadap”.
Q. Y. Zakiyah, “MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER MADRASAH,” Jurnal Islamic Education Manajemen, vol. 3, no. 1, pp. 41–51, 2018, [Online]. Available: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema
A. Sutisnawati, A. Maksum, A. Marini, U. M. Sukabumi, and U. N. Jakarta, “DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 di Sekolah Dasar”.
A. L. Alindra et al., “Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar: Tinjauan Observasional Terhadap Kreativitas dan Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Pupuk Kujang,” Journal on Education, vol. 06, no. 01.
A. Maula and A. Rifqi, “Ailatul Maula & Ainur Rifqi, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Sidotopo I/48 Surabaya PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SDN SIDOTOPO I/48 SURABAYA,” 2023.
S. Sholikin and A. Prasetyo, “Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Profil Pelajar Pancasila pada Madrasah Ibtidaiyah,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 4, p. 1941, Oct. 2023, doi: 10.35931/am.v7i4.2752.
H. Wijaya, J. Zulfa Nabila, and F. Hidayahtullah, “PEMBENTUKAN CIVIC DISPOTITION MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK OPTIMALISASI FUNGSI MANAJEMEN SEKOLAH,” 2023.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.