Improving Students Learning Outcomes on Prayer Materials with Digital Snakes and Ladders
Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Salat Menggunakan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3858Keywords:
Media Digital of Snakes and Ladder, Learning Result, Pray EducationAbstract
The problem examined in this study is due to the learning outcomes of students who have not reached school standards related to prayer material. So, this study introduces the use of fun and attention-grabbing digital snakes and ladders media..This study to evaluate changes in students' learning outcomes on the topic of prayer in accordance with the application of digital snakes and ladders media during PAI lessons. This research implements Classroom Action Research implemented at SD Hang Tuah 9 with subject of 16 students of class III-B. Data collection includes interviews with third grade PAI teachers, observation sheets, tests, and documentation. The results of the study were that in the pre-cycle the students' learning outcomes were obtained with an average of 61, then increased in cycle I, namely 75.38 continued to cycle II which score of 95.15. This indicates that digital snakes and ladders media can improve student learning outcomes.
Downloads
References
T. Prasetyo and Z. MS, “Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19,” J. Elem. Edukasia, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.31949/jee.v4i1.2769.
H. Putria, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, “Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 861–870, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460.
A. Sukandi and P. Maulana, “Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menerapkan Metode Demonstrasi dan Alat Peraga sebagai Media Pembelajaran di SD,” vol. 3, no. 2, 2020.
A. Hasan and P. Putra, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 02 Lengkenat,” Karang. J. Bid. Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengemb., vol. 3, no. 1, pp. 15–20, 2021, doi: 10.55273/karangan.v3i1.83.
S. S. Wahyuni and E. P. S. Tambunan, “Efektivitas Pemberian Kuis Menggunakan Aplikasi Google Form pada Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8033–8039, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3599.
W. Somayana, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM,” J. Pendidik. Indones., vol. 1,
no. 3, pp. 350–361, 2020, doi: 10.36418/japendi.v1i3.33.
W. R. Syachtiyani and N. Trisnawati, “Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 90–101, 2021, doi: 10.37478/jpm.v2i1.878.
R. Haryadi and H. N. Al Kansaa, “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar
Siswa,” AtTàlim J. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 2548–4419, 2021.
W. A. D. Pamungkas and H. D. Koeswanti, “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil
Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 4, no. 3, pp. 346–354, 2022, doi:
23887/jippg.v4i3.41223.
S. Nurfadhillah, D. A. Ningsih, P. R. Ramadhania, and U. N. Sifa, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III,” Pensa J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 243–255, 2021.
A. F. Hilman, A. Karjatin, and F. S. Lestari, “Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang PHBS Melalui Media Ular Tangga yang Dimodofikasi,” vol. 14, no. 1, pp. 9–15, 2022.
I. M. Laily, A. P. Astutik, and B. Haryanto, “Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 160–174, 2022, doi: 10.31538/munaddhomah.v3i2.250.
B. Waluyo, “Pengembangan Meida Pembelajaran PAI Berbasis ICT,” AN-Nur Kaji. Pendidik. dan Ilmu Keislam., vol. 7, no. 2, pp. 230–250, 2021.
V. H. Saputra and P. Donaya, “Komik Digital Berbasis Scientific Method Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19,” J. Ris. Teknol. dan Inov. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 89–100, 2021.
P. W. Saputra and I. G. D. Gunawan, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam Upaya
Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di Masa Covid-19,” no. 3, pp. 86–95, 2021, [Online]. Available:
https://prosiding.iahntp.ac.id
A. Novitasari and F. Kristin, “Pengembangan Media Pembelajaran UTAPSI (Ular Tangga Pintar Edukasi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar,” J. basicedu, vol. 5, no. 6, p. 6349_6356, 2021.
A. F. Purwianto and E. F. Fahyuni, “Pengaruh aplikasi Quizizz PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar
Siswa pada Masa Pandemi COVID-19,” Ta’dibuna J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 4, p. 551, 2021, doi:
32832/tadibuna.v10i4.5829.
A. Asari et al., Penerapan Media Pembelajaran Era Digital, no. June. CV.ISTANA AGENCY, 2023.
I. C. Lestari, “Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar,” Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 79–87, 2021.
F. B. Karhe, “Penerapan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Media Permainan Ular Tangga,” J. Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796, vol. 1, no. 3, pp. 78–82, 2020, doi: 10.36312/jcm.v1i3.192.
S. Hidayati, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid- 19 Melalui Metode Demonstrasi Materi Salat Bagi Siswa Kelas II SDN Gumpang 03,” J. Pendidik., vol. 30, no. 3, p. 433, 2021, doi: 10.32585/jp.v30i3.1882.
E. Maksum, N. Nurhalina, D. K. Nugrahaeni, I. Inayah, and M. Lukman, “Permainan Ular Tangga
Modifikasi Untuk Promosi Kesehatan Tentang Protokol Kesehatan Covid-19 Bagi Anak Sekolah Dasar,” J.
Pengabdi. Kesehat. Komunitas, vol. 2, no. 2, pp. 89–102, 2022, doi: 10.25311/jpkk.vol2.iss2.1238.
F. V. Bahari and Y. Yuliani, “Pengembangan Permainan Ular Tangga pada Materi Pertumbuhan dan
Perkembangan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA,” Berk. Ilm. Pendidik.
Biol., vol. 10, no. 3, pp. 617–626, 2021, doi: 10.26740/bioedu.v10n3.p617-626.
G. D. Setyaji, “Meningkatkan Rasa Percaya Diri Berbicara Di Depan Umum Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Ular Tangga Pada Siswa SMP Negeri 1 Randudongkal,” Advice J. Bimbing. dan Konseling, vol. 3, no. 1, p. 24, 2021, doi: 10.32585/advice.v3i1.1431.
P. D. Swamilaksita, I. P. Sari, and P. Ronitawati, “Media Ular Tangga Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Keamanan Makanan Jajanan Anak Sekolah,” J. Pengabdi. Masy. AbdiMas, vol. 7, no. 2, 2021, doi: 10.47007/abd.v7i2.3963.
H. H. Batubara, Media Pembelajaran Efektif, no. October. Semarang: Fatawa Publishing, 2020.
F. Triastuti et al., “Rendy Rinaldy Saputra, Ja’far Sodiq, Cahya Ningsih-Analisis Hubungan Penerapan
Metode UMMI dengan kemampuan baca Qur’an siswa SDIT Khoiru Ummah Liwa-Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2018.pdf,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 10, no. 2, pp. 1–14, 2019, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/q25d4%0Ahttp://150.107.142.43/index.php/ASTONJADRO/article/vie/5
/0%0Ahttp://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.doattachType=PDF&id=9987%0Ahttp
s://www.researchgate.net/publication/340299131_Perkembangan_
N. Alam and M. B. Ulum, “Pengaruh Pemberian Reward terhadap Prestasi Belajar Siswa,” Learn. J. Inov. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 165–172, 2023.
Amiruddin, D. M. Sarah, A. I. Vika, N. Hasibuan, M. S. Sipahutar, and F. E. M. Simamora, “Pengaruh
Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” no. April, pp. 210–219, 2022, doi:
47709/educendikia.v2i1.1596.
Ahmad et al., “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemberian Reward dan Punisment bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah,” JARTIKA J. Ris. Teknol. dan Inov. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 267–278, 2021.
H. W. Jaya and P. E. Wanda, “Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata elajaran PPKn di SMP Efata Serpong,” Formosa J. Sci. Technol., vol. 1, no. 6, pp. 723–738, 2022, doi:
55927/fjst.v1i6.1519.
W. L. Lumbantobing, S. Silvester, and B. G. Dimmera, “Penerapan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Di Wilayah Perbatasan,” Sebatik, vol. 26, no. 2, pp. 666–672, 2022, doi: 10.46984/sebatik.v26i2.2170.
A. Khoridha, H. Pagarra, and Sayidiman, “Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Besar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V,” vol. 1, no. 4, pp. 43–56, 2022.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.