The Relationship between Emotion Regulation and Career Adaptability in Final Year Students at Muhammadiyah University of Sidoarjo
Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Adaptabilitas Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3506Keywords:
Career Adaptability, Emotion Regulation, Final Year StudentAbstract
Based on the research results, it can be concluded that emotional regulation is positively correlated with career adaptability in final year students at Muhammadiyah University in SIdoarjo. This shows that the higher the emotional regulation, the higher the career adaptability of final year students. Conversely, the lower the emotional regulation, the lower the career adaptability of final year students.
Downloads
References
D. K. Nisak, “Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menempuh Skripsi,” 2018.
I. Nirwani, “Big Five Personality Sebagai Prediktor terhadap Adaptabilitas Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Kota Makassar” 2022.
M. U. Denanti, J. Wijaya, and L. Purwantini, “Adaptabilitas Karir Pada Mahasiswa Akhir Universitas Islam 45 Bekasi,” Konf. Nas., pp. 161–171, 2021, [Online]. Available: https://publikasi.unismabekasi.ac.id/index.php/konferensinasional/article/view/31
I. Nirwani, A. G. H. Zubair, and Nurhikmah, “Big Five Personality Sebagai Prediktor terhadap Adaptabilitas Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Kota Makassar,” J. Psikol. Karakter, vol. 2, no. 2, pp. 168–174, 2022, doi: 10.56326/jpk.v2i2.1953.
F. Ulfah and S. Z. Akmal, “Peran Kepribadian Proaktif Terhadap Adaptabilitas Karier Pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” J. Psikol. Ilm., vol. 11, no. 1, pp. 45–54, 2019, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI
N. A. Firdaus, “Hubungan Antara Nilai Individu dengan Adaptabilitas Karir pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung,” Universitas Islam Sultan Agung, 2022.
E. K. Sa’diyah, “Career Adaptability pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang,” Universitas Negeri Semarang, 2019. [Online]. Available: http://lib.unnes.ac.id/33613/1/1511412034_Optimized.pdf
R. N. K. Nabilla Desmasari kustanto, “Hubungan Antara Peer Attachment dengan Regulasi Emosi pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” vol. 9, no. 5, pp. 134–142, 2022.
E. L. Widuri, “Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama,” Humanit. Indones. Psychol. J., vol. 9, no. 2, pp. 147–156, 2012, doi: 10.26555/humanitas.v9i2.341.
K. A. Tamari and S. Z. Akmal, “Peran Dukungan dan Hambatan Kontekstual Terhadap Adaptabilitas Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” Psikologika J. Pemikir. dan Penelit. Psikol., vol. 23, no. 2, pp. 79–90, 2018, doi: 10.20885/psikologika.vol23.iss2.art1.
D. Ramadani, M. Fachrurrazi, and D. R. Hidayat, “Adaptabilitas Karir Dalam Perspektif Teori Perkembangan Karir Mark L. Savickas,” J. Ilm. Bimbing. Konseling Undiksha, vol. 11, no. 1, pp. 24–31, 2020, doi: 10.23887/jjbk.v11i1.27362.
K. Murphy, D. Blustein, A. Bohlig, and M. Platt, “The college-to-career transition: An exploration of emerging adulthood,” J. Couns. Dev., vol. 88, no. 2, pp. 174–181, 2010, doi: 10.1002/j.1556-6678.2010.tb00006.x.
K. M. Paula and J. Miftakhul, “Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Prakrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Penelit. Psikol., vol. 8, no. 9, pp. 14–23, 2021.
M. Mawardah and M. Adiyanti, “Regulasi Emosi dan Kelompok Teman Sebaya Pelaku Cyberbullying,” J. Psikol., vol. 41, no. 1, pp. 60–73, 2014, doi: 10.22146/jpsi.6958.
P. M. Yusuf and I. F. Kristiana, “Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Perilaku Prososial Pada Siswa Menengah Atas,” Cons. J. Ilm. Bimbing. dan Konseling, vol. 7, no. 3, pp. 98–104, 2017.
N. U. R. Lailatus, S. A. Adah, A. D. Ariana, F. Psikologi, and U. Airlangga, “Hubungan antara Parent Attachment dengan Regulasi Emosi pada Remaja,” vol. 1, no. 1, pp. 837–843, 2001.
J. Love et al., “JASP: Graphical statistical software for common statistical designs,” J. Stat. Softw., vol. 88, no. 1, 2019, doi: 10.18637/jss.v088.i02.
R. Abqir, Mulyana, Yunizar, “Kecerdasan emsoional, Adaptabilitas Karier, dan Kepuasan Karier Pada Front Line Employees,” vol. 11, no. 1, pp. 51–64.
F. Juniarti, S. Tiatri, and S. Monika, “Peran Persepsi Terhadap Keterlibatan Orang Tua Dan Regulasi Emosi Pada Orientasi Masa Depan Mahasiswa Universitas X,” Psibernetika, vol. 12, no. 1, pp. 29–38, 2019, doi: 10.30813/psibernetika.v12i1.1585.
Tarina Rahmaningtiyas, Wiwik Sulistiani, and Dewi Mahastuti, “Self-Efficacy Karir Dan Dukungan Keluarga Dengan Adaptabilitas Karir Siswa Sma,” J. Psikol. Poseidon, vol. 4, pp. 77–90, 2021, doi: 10.30649/jpp.v4i1.58
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.