Interest Interest and Attitude in Learning Cultural Arts in Grades IV and V at Primary School
Minat dan Sikap Belajar Seni Budaya Pada Kelas IV dan V di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3474Keywords:
Interest, Attitude, Cultural Arts, SDI Jalaluddin BangilAbstract
This study aims to determine the interest and attitude of learning cultural arts in grade IV and V students. Using a quantitative approach, data collection using questionnaires and structured observations. Data analysis techniques using percentage techniques. The population is a sample of students in class. IV 14 students and class. V 34 students. Based on the data analysis, it can be concluded that in class IV students the level of interest in learning cultural arts is high and the level of learning attitude is very appropriate and less appropriate. For data analysis on fifth grade students at SDI Jalaluddin Bangil, the level of interest in learning cultural arts is very high and the level of learning attitude is very appropriate. It can be suggested from the results of this study that students can further improve the harmony of the suitability of their interests and learning attitudes.
Downloads
References
Firdaus, Amalia Inas dan Mukhibat. 2022. Pengaruh Sikap dan Minat Belajar Siswa dengan Nilai Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Sareh Wasilah Al Islam Magetan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022, hal 63-72.
Gupita E. C., Elfrida. 2019. Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Tradisional di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional PGSD.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyana, Auina dan Hidayat, Sholeh. 2013. Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 2, Juni 2013
Nanda S., Triano. 2010. Studi Tentang Minat dan Sikap Belajar Siswa Kelas VIII Reguler, RSBI dan Akselerasi terhadap Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.
Arif , L dan Samidjo. 2018. Hubungan antara Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Kejuruan dengan Hasil Belajar Gambar Teknik . Jurnal Taman Vokasi 6(1). 92-97.
Janna A., Miftakhul. 2006. Sikap, Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Seni Budaya (seni rupa) di SMA Negeri 1 Bangil Tahun Ajaran 2007/ 2008. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.
Purwanto, Ngalim M. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Aina. 2013. Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 2, Juni 2013.
Sarjono Priyo, Petrus. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Indriyanti, Poppy & Indah P. S., Dyan. 2017. Eksplorasi Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Tari Di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Yogyakarya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
Kurniaman, Otang & Noviana, Eddy. 2017. Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Riau: Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.
Sunaengsih, Cucun. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, Volume 3 Nomor 2 Oktober 2016.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Siska, Yulia. 2018. Korelasi Sikap, Minat, dan Motivasi Belajar dengan Pengetahuan Sejarah Lokal Lampung. Mimbar Sekolah Dasar, Vol 5(1) 2018, 51-62
Riwahyudin, Arfi. 2015. Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Ssekolah Dasar di i Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6 Edisi 1 Mei 2015.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.