Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Increasing Independence through a Practical life Learning Model of Self-Care Skills


Peningkatan Kemandirian melalui Model Pembelajaran Pratical Life Keterampilan Merawat Diri

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3416

Keywords:

Independence, Practical Life, Self Care Skills

Abstract

This research deepens the problem of increasing independence which is obtained from the results of the practical life learning process. Which efforts to increase independence are carried out to be able to provide independent growth in the quality of student learning. With several independent detection factors that are carried out to be able to see the growth of independence that students have. From this research the independence factor is that children are able to complete their own work, children are able to be responsible for themselves, and children are able to have self-confidence. In the end, the child's independence develops through the potential that exists within him. And the child's independence is also influenced by the environmental cycle that exists in practical life learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Akhtim Wahyuni, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Departemen ECE Teacher Education

References

D. Utami, “Upaya peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita,” J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 13, no. 1, hal. 1, 2019, doi: 10.32832/jpls.v13i1.2774.

A. Wahyuni dan N. F. Sari, “Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Make A Match pada Anak Usia Dini,” vol. 6, no. 6, hal. 6961–6969, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.2300.

H. Khairi, “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun,” J. Warn., vol. 2, no. 2, hal. 15–28, 2018, [Daring]. Tersedia pada: ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download

C. Sunarti, W. Uwie, dan A. Sumitra, “Pembentukan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Tk Almarhamah Cimahi,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 1, no. 2, hal. 47, 2018, doi: 10.22460/ceria.v1i2.p47-57.

M. Silranti, “Pengembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharmawanita Tunas Harapan,” J. PG-PAUD Trunojoyo J. Pendidik. dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, hal. 77–83, 2019, doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.5539.

Y. Ningsih, Fadilah, dan S. Lestari, “Peningkatan Kemandirian Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Amaliyah Sekadau,” Pendidik. dan pembelajaran khatulistiwa, vol. 3, no. 12, hal. 1–17, 2014.

E. Ambarsari, M. Syukri, dan D. Miranda, “Peningkatan kemandirian anak melalui metode pembiasaan usia 4- 5 tahun di taman kanak kanak mujahidin i,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 9, hal. 1–13, 2014, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6189

putra kusuma Dwi, “Perkembangan Keandirian Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Taman Kanak-Kanak Assalam Surabaya,” vol. 01, no. 03, hal. 1–7, 2020.

M. I. R. Pareira dan N. H. Atal, “Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita,” J. PG-PAUD Trunojoyo J. Pendidik. dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, hal. 35–42, 2019, doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5371.

W. Sari, “Meningkatkan Kemandirian Anak Di Sentra Bahan AlamPada Tk Bunga Mekar Kecamatan SeulimeumKabupaten Aceh Besar,” vol. 1, no. 1, hal. 108–114, 2016.

D. M. nur Dimyati, “Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, hal. 588–600, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i2.994.

M. Rini, “No Title,” 2022.

C. Education et al.,“JoECCE,” vol. 2, 2022.

P. C. Amanda, C. Atikah, dan T. E. Yuniarti, “Peran guru dalam mengoptimalkan kedisiplinan anak usia 4-5 tahun,” JPP PAUD FKIP Untirta, vol. 6, no. November 2019, hal. 173–182, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/semnas2017/article/view/38

F. A. Fadilah, H. Kurniawan, dan ..., “Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini dalam Pendidikan Keluarga,” Proceeding 5th Annu. Int. Conf. Islam. Educ., vol. 5, no. 1, hal. 134, 2021.

Sa’diyah rika, “Pendidikan anak merupakan pendidikan yang paling mendasar menempati posisi yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia . Rentang anak usia dini adalah dari lahir sampai delapan tahun merupakan rentang usia kritis dan sekaligus strategis d,” hal. 31–46, 2017.

R. A. Nasution, “Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori Oleh Raisah Armayanti Nasution , M . Pd,” J. Raudhah, vol. 05, no. 02, hal. 6, 2017, [Daring]. Tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/267075533.pdf

P. Khoerunnisa dan S. M. Aqwal, “Analisis Model-model Pembelajaran,” Fondatia, vol. 4, no. 1, hal. 1–27, 2020, doi: 10.36088/fondatia.v4i1.441.

W. Winata, A. Susanto, A. Suryadi, M. Satriana, dan S. Rohaeni, “Model Pengasuhan Anak Usia 3-4 Tahun Berbasis Practical Life di Homeschooling Tunggal,” vol. 6, no. 2, hal. 680–692, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1492.

T. D. Larasati, “Pengaruh model pembelajaran practical life terhadap kemandirian mengurus diri pada anak usia dini,” 2018.

M. Rantina, “Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life ( Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota , Tahun 2015 ) PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta diarahkan untuk mengembangkan peneliti melakukan observasi ke TK Negeri Pembina Kabupate,” J. Pendidik. Usia Dini, vol. 9, no. 2, hal. 181–200, 2015.

T. Rohmah, “Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Kelompok-a Di Ra Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya,” PAUD Teratai, vol. 2, no. 1, 2013.

T. Wijayanti, M. M. Syamsuddin, dan A. R. Pudyaningtyas, “Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Practical Life Activity Pada Anak Usia 5-6 Tahun,” Kumara Cendekia, vol. 7, no. 4, hal. 440, 2019, doi: 10.20961/kc.v7i4.31774.

A. Wahyuni, “Permainan Musik Feeling Band Sebagai Strategi Peningkatan Sikap Sabar Anak Usia 4-5 Tahun”, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1778.

M. J. Wulandari Asri Dwi, Saifuddin, “Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam,” J. Pendidik. Anak, vol. Vol. 4, no. 2, hal. 1–19, 2018, [Daring]. Tersedia pada: www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady Email

A. Krobo, “Kemandirian Anak Mengurus Diri Sendiri Dikembangkan Melalui Metode Pembiasaan,” PERNIK J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, hal. 70–77, 2021.

Posted

2023-09-29