Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Application of Science Explore Books on Earth and Solar System Materials to Improve Understanding of Science Concepts for Grade VII Students


Penerapan Buku Jelajah Sains pada Materi Bumi dan Tata Surya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa Kelas VII

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3385

Keywords:

Concept Understanding, Science Exploration Book, Earth and Solar System.

Abstract

Understanding concepts is a very important aspect in learning, especially in science learning where there are many complex concepts and theories so good understanding is needed. This research aims to determine the increase in students' understanding of science concepts before and after the application of the Science Exploration Book on Earth and Solar System material in class VII by taking samples using a purposive sampling technique. Data collection in this research was in the form of pretest and posttest and analyzed using N-Gain to determine the increase in understanding.. Based on the research results, there is an increase in the form of differences in the average results of students' pretest and posttest, so it can be concluded that the application of the Science Exploration Book can improve students' understanding of science concepts in Class VII on Earth and Solar System material with a low N-Gain Score category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sakila, R. Lubis, N.F. Saftina. Mutiara. Asriani, D. (2023). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1): 119-123.

E. R. Rusti, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Melalui Penggunaan Media Power Point,” J. Rev. Pendidik. dan …, vol. 6, no. 1, pp. 5–10, 2023.

F. P. Jaghung, M. Y. Kua, and N. W. P. Aryani, “Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Mata Pelajaran Ipa Smp Kelas Viii,” J. Citra Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 831–843, 2023, doi: 10.38048/jcp.v3i1.1052.

Pramesti, B. T., & Mampouw, H. L. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Peluang Siswa SMP Ditinjau Dari Teori APOS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1054-1063.

Mufida, A., & Qosyim, A. (2020). Implementasi Experiental Learning Pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep siswa SMP, 8(3), 307-314.

R. Radiko, E., Kurniawan, Y., & Muliyani, “Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya., vol. 3, no. 2, pp. 52–54, 2018.

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93-102.

P. Didik, P. Konsep, P. R. Aryani, I. Akhlis, and B. Subali, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 8, no. 2, 2019.

S. Febriyana, M. Ahied, A. Fikriyah, and M. Yasir, “Profil Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Materi Tata Surya,” Nat. Sci. Educ. Res., vol. 4, no. 1, pp. 56–64, 2021, doi: 10.21107/nser.v4i1.8140.

I. M. Sari, “Peningkatan Keterampilan Generik Sains pada Materi Tata Surya melalui Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Solar System Scope untuk Siswa SMP,” J. Teach. Learn. Phys., vol. 4, no. 2, pp. 1–17, 2019, doi: 10.15575/jotalp.v4i2.4294.

D. Rahardian, T. W. Adi Putra, and F. N. Hakim, “Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Multimedia dengan Metode Mind Mapping untuk Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu,” Elkom J. Elektron. dan Komput., vol. 12, no. 2, pp. 1–9, 2020, doi: 10.51903/elkom.v12i2.29.

A. Yusuf, I. N. Suardana, and K. Selamet, “Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Ipa Smp Materi Tata Surya,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Sains Indones., vol. 4, no. 1, pp. 69–80, 2021, doi: 10.23887/jppsi.v4i1.33181.

Shofroul Lailiyah, Nur Kuswanti, and Lina Arifah Fitriyah, “Monopoli IPA sebagai Media Pembelajaran di SMP/MTs Kelas VII pada Materi Tata Surya,” Ed-Humanistics J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 779–786, 2021, doi: 10.33752/ed-humanistics.v6i1.1461.

S. L. Saniah and H. Pujiastuti, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di SD Bakung III,” J. Sos. J. Hail Pemikiran, Penelitian, dan Pengemb. Keilmuan Sosiol. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 76–80, 2021.

I. Magdalena, R. Nadya, W. Prahastiwi, and U. Muhammadiyah Tangerang, “Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Bunder Iii,” BINTANG J. Pendidik. dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 377–386, 2021.

E. Winangsih and R. D. Harahap, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 452–461, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4433.

A. L. Suryana*, D. Rosana, I. Wilujeng, S. Suyanta, and N. W. Widyapuraya, “Profil Kemampuan Literasi Teknologi Siswa SMP Kelas VII dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPA,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 11, no. 1, pp. 178–190, 2023, doi: 10.24815/jpsi.v11i1.27496.

R. Wahyuningtyas and B. S. Sulasmono, “Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 23–27, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.77.

S. L. Saniah and H. Pujiastuti, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di SD Bakung III,” J. Sos. J. Hail Pemikiran, Penelitian, dan Pengemb. Keilmuan Sosiol. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 76–80, 2021.

S. Syafri and R. Ratnawulan, “Penerapan buku teks IPA terpadu dalam pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 13 Padang,” Pillar Phys. Educ., 2019.

A. Purwanto and W. Widodo, “Analisis Keefektifan Komik Edukasi Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa,” Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, vol. 10, no. 2, pp. 208–213, 2022.

D. Unaradjan, Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, 2019.

Restami, M. P. Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(1), 11-20. 2019

B. Sumargo, Teknik sampling. Unj press, 2020.

E. P. Ramdhani, F. Khoirunnisa, and N. A. N. Siregar, “Efektifitas modul elektronik terintegrasi multiple representation pada materi ikatan kimia,” J. Res. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 162–167, 2020.

Fauziyah, E. I., Praherdhiono, H., & Ulfa, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Video dengan Pengayaan Tokoh dan Animasi terhadap Pemahaman Konseptual Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 448-455.

Susilawati, S. Pemahaman konsep IPA ditinjau dari konsep diri dan kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 57-78. 2022

Muttaqiin, A. Urgensi Buku Digital pada Konten IPA Terpadu. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 2(1), 37-40. 2019

Aulia, J., Zarkasih, Z., & Nova, T. L. Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 70-76. 2020

Budiasa, P., & Gading, I. K. Model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 253-263. 2020

Arifuddin, A., Sutrio, S., & Taufik, M. Pengembangan bahan ajar kontekstual berbasis hands on activity dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 894-900. 2022

Salimah, H., Hidayah, N., & Fitri, A. Eksperimentasi Model Discovery Learning Berbasis LKPD Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik MTs Ishthifaiyah Nahdliyah. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 205-212. 2021

Dianti, I. P., Handoko, A., & Netriwati, N. Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Disertai Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Kreativitas Belajar. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(1), 85-93. 2020

Puspitasari, L., Astuti, B., & Masturi, M. Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Physics Education Research Journal, 2(2), 69-82. 2020

Astuti, P. Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prisma, 10(1), 121-129. 2021

Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari self efficacy siswa dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 115-128. 2019

Posted

2023-09-20