Preprint / Version 1

Profile of Scientific Communication and Collaboration Skills of Class VIII Middle School Students in Science Learning


Profil Keterampilan Komunikasi Ilmiah dan Kolaborasi Siswa SMP Kelas VIII pada Pembelajaran IPA

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2907

Keywords:

Scientific communication, collaboration, science learning

Abstract

This study aims to analyze the profile of scientific communication and collaboration skills of junior high school students VIII on science learning. This research was conducted in May 2023.  The research subject is a class VIII student. From the data obtained, data analysis was carried out using three stages including data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study indicate that the profile scientific communication skills and collaboration skills of class VIII junior high school students in science learning in junior high schools muhammadiyahh 6 Krian on oral scientific communication skills students are able to express opinions his arguments in front of the class but with a lack of confidence and being able to answer questions with language easy to understand. Writing scientific communication skills students are able to compile reports systematically. Then on skills student collaboration is able to contribute well.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. D. Fatmawati, N. Shofiyah, P. Studi, P. Ilmu, P. Alam, dan U. M. Sidoarjo, “PENERAPAN LEMBAR

KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS

DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF,” 2016.

F. E. Wulandari, U. M. Sidoarjo, dan K. Proses, “Pengaruh Pembelajaran berbasis proyek untuk melatihkan

keterampilan proses mahasiswa,” no. 2, hal. 247–254, 2016.

F. O. Rosa, “Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan

Proses Sains,” J. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 1, 2015, doi: 10.24127/jpf.v3i1.21.

P. Wahyuningsih dan S. Fatonah, “Analisis Berkomunikasi Dalam Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui

Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di Sdn 2 Negerikaton Pesawaran Lampung,” Tarb.

Wa Ta’lim J. Penelit. Pendidik. Pembelajaran, vol. 8, no. 1, hal. 1–22, 2021.

C. Kivunja, “Teaching Students to Learn and to Work Well with 21st Century Skills: Unpacking the Career

and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm,” Int. J. High. Educ., vol. 4, no. 1, hal. 1–11, 2014,

doi: 10.5430/ijhe.v4n1p1.

Yulianto dan S. Sutiarso, “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah dalam

Pembelajaran Matematika,” Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. 2017, vol. 1, no. 5, hal. 289–295, 2017.

Y. E. Ika, “Pembelajaran Berbasis Laboratorium IPA untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa

SMP Kelas VII,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), vol. 2, no. 2, hal. 101–113, 2018, doi:

30599/jipfri.v2i2.338.

H. Purnamawati, “Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif

dengan Pendekatan MIKiR,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 21, no. 2, hal. 664, 2021, doi:

33087/jiubj.v21i2.1521.

Siti Zubaidah, “Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,”

nd Sci. Educ. Natl. Conf., no. September, hal. 1–7, 2018.

Meilinawati, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK

MENINGKATKAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN

DASAR SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN,” J. Mater. Process. Technol., vol. 1, no.

, hal. 1–8, 2018.

F. Octaviana, D. Wahyuni, dan S. Supeno, “Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan

Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, hal. 2345–2353,

, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2332.

M. R. Dewi, I. Mudakir, dan S. Murdiyah, “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study

terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” J. Edukasi, vol. 3, no. 2, hal. 29, 2016, doi:

19184/jukasi.v3i2.3526.

Fatia Fatimah, “Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran statistika elementer melalui Problem

Based Learning,” Cakrawala Pendidik., vol. No 2, hal. 267–276, 2012.

O. B. Pramesti, S. Astutik, P. Studi, dan P. Fisika, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA

SISWA SMA,” vol. 4, no. 1, hal. 21–30, 2020.

Ninla Elmawati Falabiba et al., “Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbinng Terhadap Kemampuan menarik

kesimpulan dan Kemampuan Berkomunikasi siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas X di SMAN 2

Sleman,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 5, no. 2, hal. 40–51, 2014.

N. N. Cahayani, A. H. Witono, dan H. Setiawan, “Profil Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SDN 2 Kuta

Tahun Pelajaran 2021/2022,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 2b, hal. 534–538, 2022, doi:

29303/jipp.v7i2b.546.

S. Aminah, T. T. Wijaya, dan D. Yuspriyati, “Baroody ( Hendriana , Soemarmo , 2014 ) dengan rasional a )

matematika adalah bahasa esensial informasi yang disampaikan dapat diketahui dan dipahami oleh orang lain

. Seperti apa yang usefulness of mathematics arise from the fact that mathematics provide,” vol. 1, no. 1, hal 15–22, 2018.

N. S. Hapsari et al., “Keterampilan Kerjasama Saat Diskusi Kelompok Siswa Kelas Xi Ipa Pada Materi Asam

Basa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Di Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya Group

Discussion’S Cooperation Skill of the Student Xi Science Class on Acid Base Ma,” Unesa J. Chem. Educ.,

vol. 3, no. 2, hal. 181–188, 2014.

Suprapto, “Dinamika Pendidikan Agama,” vol. 15, no. 2, hal. 1–415, 2018, doi: 10.15294/dp.v10i2.5103.

A. Aspridanel, T. Jalmo, dan B. Yolida, “Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan

Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi,” J. Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilm., vol. 7, no. 2,

hal. 77–87, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17480

S. Zubaidah, “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online,” no.

December 2016, 2020.

A. Atos, “TIME MANAGEMENT: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien,” Humaniora, vol. 5, no.

, hal. 777–785, 2014.

S. Saenab, S. R. Yunus, dan H. Husain, “Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap

Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA,” Biosel Biol. Sci. Educ., vol. 8, no. 1, hal. 29, 2019,

doi: 10.33477/bs.v8i1.844.

Z. I. Almarzooq, M. Lopes, dan A. Kochar, “Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive

Technology in Graduate Medical Education,” J. Am. Coll. Cardiol., vol. 75, no. 20, hal. 2635–2638, 2020,

doi: 10.1016/j.jacc.2020.04.015.

A. Utama, “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Sikap Saling

Menghargai Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas

Negeri 1 Palembang,” J. Konseling Komprehensif Kaji. Teor. dan Prakt. Bimbing. dan Konseling, vol. 4, no.

, hal. 58–68, 2017, [Daring]. Tersedia pada:

https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkonseling/article/view/8070

E. T. Maasawet, “Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuiri

Terbimbing Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Vi Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2010/ 2011,”

BIOEDUKASI (Jurnal Pendidik. Biol., vol. 2, no. 1, 2011, doi: 10.24127/bioedukasi.v2i1.197.

D. Sufajar dan A. Qosyim, “Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa Di Masa

Pandemi Covid-19,” Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, vol. 10, no. 2, hal. 253–259, 2022, [Daring]. Tersedia

pada:

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45054%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/p

ensa/article/download/45054/40720

F. T. Talika, “Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi Bagi Remaja Di Desa Air Mangga Kecamatan

Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan,” E-Journal, vol. 5, no. 1, hal. 1–6, 2016.

W. Ruandini, R. W. Akhdinirwanto, dan N. Nurhidayati, “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa SMP N 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012,” Radiasi

J. Berk. Pendidik. Fis., vol. 1, no. 1, hal. 1–4, 2012, [Daring]. Tersedia pada:

https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/261

K. B. Siswa, “IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1, No. 1, April 2021 P-ISSN : - ; E-ISSN : -

https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna,” vol. 1, no. 1, hal. 1–13, 2021.

N. Nurwidodo, S. W. Romdaniyah, S. Sudarmanto, D. Rosanti, K. Kurniawati, dan Z. Abidin, “Analisis Profil

Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP

Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern,” Biosci. J. Ilm. Biol., vol. 9, no. 2, hal. 605, 2021, doi:

33394/bioscientist.v9i2.4642.

U. Usman, H. Inayah, A. Rahman, dan I. D. Lestari, “Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan

Komunikasi Lisan Pada Pembelajaran Biologi Di Sma/Ma,” Bio-Lectura J. Pendidik. Biol., vol. 9, no. 1, hal.

–78, 2022, doi: 10.31849/bl.v9i1.9765.

S. S. Winda Yusefni1, “PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENCE

WRITING HEURISTIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI TULISAN SISWA

SMP,” vol. 8, no. 1, hal. 1–7, 2016.

W. Yusefni dan S. Sriyati, “Analisis Hubungan Aktivitas Writing to Learn dengan Kemampuan

Berkomunikasi Lisan Siswa dalam Pembelajaran Science Writing Heuristic,” Pros. Simp. Nas. Inov. dan

Pembelajaran Sains 2015, vol. 2015, no. Snips, hal. 585, 2015

Posted

2023-08-29