Profile of Scientific Communication and Collaboration Skills of Class VIII Middle School Students in Science Learning
Profil Keterampilan Komunikasi Ilmiah dan Kolaborasi Siswa SMP Kelas VIII pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2907Keywords:
Scientific communication, collaboration, science learningAbstract
This study aims to analyze the profile of scientific communication and collaboration skills of junior high school students VIII on science learning. This research was conducted in May 2023. The research subject is a class VIII student. From the data obtained, data analysis was carried out using three stages including data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study indicate that the profile scientific communication skills and collaboration skills of class VIII junior high school students in science learning in junior high schools muhammadiyahh 6 Krian on oral scientific communication skills students are able to express opinions his arguments in front of the class but with a lack of confidence and being able to answer questions with language easy to understand. Writing scientific communication skills students are able to compile reports systematically. Then on skills student collaboration is able to contribute well.
Downloads
References
D. D. Fatmawati, N. Shofiyah, P. Studi, P. Ilmu, P. Alam, dan U. M. Sidoarjo, “PENERAPAN LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS
DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF,” 2016.
F. E. Wulandari, U. M. Sidoarjo, dan K. Proses, “Pengaruh Pembelajaran berbasis proyek untuk melatihkan
keterampilan proses mahasiswa,” no. 2, hal. 247–254, 2016.
F. O. Rosa, “Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan
Proses Sains,” J. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 1, 2015, doi: 10.24127/jpf.v3i1.21.
P. Wahyuningsih dan S. Fatonah, “Analisis Berkomunikasi Dalam Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui
Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di Sdn 2 Negerikaton Pesawaran Lampung,” Tarb.
Wa Ta’lim J. Penelit. Pendidik. Pembelajaran, vol. 8, no. 1, hal. 1–22, 2021.
C. Kivunja, “Teaching Students to Learn and to Work Well with 21st Century Skills: Unpacking the Career
and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm,” Int. J. High. Educ., vol. 4, no. 1, hal. 1–11, 2014,
doi: 10.5430/ijhe.v4n1p1.
Yulianto dan S. Sutiarso, “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah dalam
Pembelajaran Matematika,” Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. 2017, vol. 1, no. 5, hal. 289–295, 2017.
Y. E. Ika, “Pembelajaran Berbasis Laboratorium IPA untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa
SMP Kelas VII,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), vol. 2, no. 2, hal. 101–113, 2018, doi:
30599/jipfri.v2i2.338.
H. Purnamawati, “Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif
dengan Pendekatan MIKiR,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 21, no. 2, hal. 664, 2021, doi:
33087/jiubj.v21i2.1521.
Siti Zubaidah, “Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,”
nd Sci. Educ. Natl. Conf., no. September, hal. 1–7, 2018.
Meilinawati, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN
DASAR SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN,” J. Mater. Process. Technol., vol. 1, no.
, hal. 1–8, 2018.
F. Octaviana, D. Wahyuni, dan S. Supeno, “Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan
Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, hal. 2345–2353,
, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2332.
M. R. Dewi, I. Mudakir, dan S. Murdiyah, “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study
terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” J. Edukasi, vol. 3, no. 2, hal. 29, 2016, doi:
19184/jukasi.v3i2.3526.
Fatia Fatimah, “Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran statistika elementer melalui Problem
Based Learning,” Cakrawala Pendidik., vol. No 2, hal. 267–276, 2012.
O. B. Pramesti, S. Astutik, P. Studi, dan P. Fisika, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA
SISWA SMA,” vol. 4, no. 1, hal. 21–30, 2020.
Ninla Elmawati Falabiba et al., “Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbinng Terhadap Kemampuan menarik
kesimpulan dan Kemampuan Berkomunikasi siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas X di SMAN 2
Sleman,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 5, no. 2, hal. 40–51, 2014.
N. N. Cahayani, A. H. Witono, dan H. Setiawan, “Profil Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SDN 2 Kuta
Tahun Pelajaran 2021/2022,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 2b, hal. 534–538, 2022, doi:
29303/jipp.v7i2b.546.
S. Aminah, T. T. Wijaya, dan D. Yuspriyati, “Baroody ( Hendriana , Soemarmo , 2014 ) dengan rasional a )
matematika adalah bahasa esensial informasi yang disampaikan dapat diketahui dan dipahami oleh orang lain
. Seperti apa yang usefulness of mathematics arise from the fact that mathematics provide,” vol. 1, no. 1, hal 15–22, 2018.
N. S. Hapsari et al., “Keterampilan Kerjasama Saat Diskusi Kelompok Siswa Kelas Xi Ipa Pada Materi Asam
Basa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Di Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya Group
Discussion’S Cooperation Skill of the Student Xi Science Class on Acid Base Ma,” Unesa J. Chem. Educ.,
vol. 3, no. 2, hal. 181–188, 2014.
Suprapto, “Dinamika Pendidikan Agama,” vol. 15, no. 2, hal. 1–415, 2018, doi: 10.15294/dp.v10i2.5103.
A. Aspridanel, T. Jalmo, dan B. Yolida, “Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan
Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi,” J. Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilm., vol. 7, no. 2,
hal. 77–87, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17480
S. Zubaidah, “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online,” no.
December 2016, 2020.
A. Atos, “TIME MANAGEMENT: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien,” Humaniora, vol. 5, no.
, hal. 777–785, 2014.
S. Saenab, S. R. Yunus, dan H. Husain, “Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap
Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA,” Biosel Biol. Sci. Educ., vol. 8, no. 1, hal. 29, 2019,
doi: 10.33477/bs.v8i1.844.
Z. I. Almarzooq, M. Lopes, dan A. Kochar, “Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive
Technology in Graduate Medical Education,” J. Am. Coll. Cardiol., vol. 75, no. 20, hal. 2635–2638, 2020,
doi: 10.1016/j.jacc.2020.04.015.
A. Utama, “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Sikap Saling
Menghargai Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas
Negeri 1 Palembang,” J. Konseling Komprehensif Kaji. Teor. dan Prakt. Bimbing. dan Konseling, vol. 4, no.
, hal. 58–68, 2017, [Daring]. Tersedia pada:
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkonseling/article/view/8070
E. T. Maasawet, “Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuiri
Terbimbing Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Vi Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2010/ 2011,”
BIOEDUKASI (Jurnal Pendidik. Biol., vol. 2, no. 1, 2011, doi: 10.24127/bioedukasi.v2i1.197.
D. Sufajar dan A. Qosyim, “Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa Di Masa
Pandemi Covid-19,” Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, vol. 10, no. 2, hal. 253–259, 2022, [Daring]. Tersedia
pada:
ensa/article/download/45054/40720
F. T. Talika, “Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi Bagi Remaja Di Desa Air Mangga Kecamatan
Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan,” E-Journal, vol. 5, no. 1, hal. 1–6, 2016.
W. Ruandini, R. W. Akhdinirwanto, dan N. Nurhidayati, “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa SMP N 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012,” Radiasi
J. Berk. Pendidik. Fis., vol. 1, no. 1, hal. 1–4, 2012, [Daring]. Tersedia pada:
https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/261
K. B. Siswa, “IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1, No. 1, April 2021 P-ISSN : - ; E-ISSN : -
https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna,” vol. 1, no. 1, hal. 1–13, 2021.
N. Nurwidodo, S. W. Romdaniyah, S. Sudarmanto, D. Rosanti, K. Kurniawati, dan Z. Abidin, “Analisis Profil
Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP
Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern,” Biosci. J. Ilm. Biol., vol. 9, no. 2, hal. 605, 2021, doi:
33394/bioscientist.v9i2.4642.
U. Usman, H. Inayah, A. Rahman, dan I. D. Lestari, “Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan
Komunikasi Lisan Pada Pembelajaran Biologi Di Sma/Ma,” Bio-Lectura J. Pendidik. Biol., vol. 9, no. 1, hal.
–78, 2022, doi: 10.31849/bl.v9i1.9765.
S. S. Winda Yusefni1, “PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENCE
WRITING HEURISTIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI TULISAN SISWA
SMP,” vol. 8, no. 1, hal. 1–7, 2016.
W. Yusefni dan S. Sriyati, “Analisis Hubungan Aktivitas Writing to Learn dengan Kemampuan
Berkomunikasi Lisan Siswa dalam Pembelajaran Science Writing Heuristic,” Pros. Simp. Nas. Inov. dan
Pembelajaran Sains 2015, vol. 2015, no. Snips, hal. 585, 2015
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.