Cultivating Independent Character in Children Aged 4-5 Years at RA Ar-rahmahTenggulunan Candi Sidoarjo
Penanaman Karakter Mandiri pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar rahmah Tenggulunan Candi Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2858Keywords:
character building , independence, early childhoodAbstract
This study discusses the cultivation of independent character in children aged 4-5 years at RA AR-RAHMAH Tenggulunan, Candi Sidoarjo. The research method used is a qualitative researcher with a case study approach, through observation and interview methods. The results of the research were carried out well and the application of independent character on the second character pillar played a very important role and there were supporting and inhibiting factors.
Downloads
References
N. A. Wiyani, “Manajemen Program Pembiasaan bagi Anak di PAUD Banyu Belik Purwokerto,” ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, vol. 8, no. 1, p. 029, 2020, doi: 10.21043/thufula.v8i1.7044.
M. Khaironi, “Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi,” Golden Age Univ. Hamzanwadi, vol. 01, no. 2, pp. 82–89, 2017.
A. Landasan, P. Karakter, and R. Megawangi, “Bab Iv Pandangan Ratna Megawangi Tentang Pendidikan Karakter Dan Implementasinya Di Tk Karakter Depok Jawa Barat,” vol. 3, no. 1, 2016, [Online]. Available: www.suarapembaruan.com/News/2002/05/10/editor/edi02.htm,
E. Dewi, “Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi,” Sukma J. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 93–116, 2019, doi: 10.32533/03105.2019.
N. A. Amri and I. Intisari, “Pretend Play Sebagai Dasar Pengembangan Karakter Anak Usia Dini,” PEMBELAJAR J. Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, p. 36, 2019, doi: 10.26858/pembelajar.v3i1.6864.
M. Purba, S. Syahrial, and M. Fauziddin, “Menanamkan Moral Sejak Dini Melalui Buku Bergambar Pilar Karakter Sopan Santun Pada Anak Usia Dini Di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar,” J. Teach. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 146–155, 2020, doi: 10.31004/jote.v2i1.1140.
Marliyanti, B. Rahardjo, and F. Rozie, “Penerapan Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui 9 Pilar Karakter Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hidayah Samarinda,” vol. 7, no. 2, p. 15, 2020.
E. K. Zubaedi, Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-Dimensinya, vol. 53, no. 9. 2013.
D. Dan, K. Pada, and A. Usia, “PENGEMBANGAN MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK R . SRI MARTINI MEILANIE Early Childhood Education Lecturer , Faculty of Education , Jakarta State PENDAHULUAN Anak adalah amanah dan karunia Allah SWT , maka di dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebag,” pp. 281–292.
P. Kemandirian and A. Usia, “MELALUI METODE MENDONGENG DENGAN MEDIA BONEKA JARI DI TK PELANGI TENGGARONG SEBERANG,” pp. 1–14, 2017.
D. D. P. Sari and A. Rohman, “Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kemandirian Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1070–1079, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1685.
S. Mustoip, Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018. 2018.
S. Melda, A. Anizar, and Rahmi, “Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Guru Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 98–108, 2020.
G. A. Nurahma and W. Hendriani, “Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif,” Mediapsi, vol. 7, no. 2, pp. 119–129, 2021, doi: 10.21776/ub.mps.2021.007.02.4.
R. Windiarti, Inayah, I. Hermawan, and I. R. Aulia, “Indonesian Journal of Early Childhood Stimulating Children ’ s Good Characters Through The Use Of Micro Doll-Assisted Adventure Games : An Innovation In Educational Technology,” Indones. J. Early Child. Educ. Stud., vol. 8, no. 2, pp. 86–91, 2019.
Z. Saleh, “BAB III analisis 2,” 1Lexy J. Meleong, Metodol. Penelit. Kualitatif (Bandung PT. Remaja Rosdakarya, 2007), vol. 1, pp. 9–25, 2021, [Online]. Available: http://repository.iainpare.ac.id/2732/
Eni, “済無No Title No Title No Title,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., no. Mi, pp. 5–24, 1967.
Juwairiah, “Membentuk Karakter Anak Usia Dini dengan Mengenalkan Cerita Rakyat Dari Aceh,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 3, no. 1, pp. 1–18, 2017
U. Hasanah, “Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini,” Golden Age J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 35–53, 2018, doi: 10.29313/ga.v2i1.3990.
N. Kusumastuti, “Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini,” J. Golden Age, vol. 4, no. 02, pp. 333– 344, 2020, doi: 10.29408/jga.v4i02.2525.
P. A. Antara, “DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK Putu Aditya Antara THE IMPLEMENTATION OF EARLY CHILDHOOD CHARACTER EDUCATION,” J. Ilm. VISI PGTK PAUD dan Dikmas, vol. 14, no. 1, pp. 17–26, 2019.
N. D. Simatupang, S. Widayati, K. R. Adhe, and A. N. Shobah, “Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Sekolah,” J. Anak Usia Dini Holistik Integr., vol. 3, no. 2, p. 52, 2021, doi: 10.36722/jaudhi.v3i2.593.
K. A. Ningsih, I. Prasetyo, and D. F. Hasanah, “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sentra Bahan Alam,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1093–1104, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1172.
A. Landasan, P. Karakter, and R. Megawangi, “Bab Iv Pandangan Ratna Megawangi Tentang Pendidikan Karakter Dan Implementasinya Di Tk Karakter Depok Jawa Barat,” vol. 3, no. 1, 2016, [Online]. Available: www.suarapembaruan.com/News/2002/05/10/editor/edi02.htm,
A. Krobo, “Identifikasi Penerapan Pendidikan Karakter,” pernik J. PAUD, vol. 3, no. 1, 2020.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.