The Relationship Between Student Perceptions of Teacher Performance and Learning Activeness on Cognitive Learning Outcomes of Grade 8th Secondary School Students
Hubungan Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2723Keywords:
Student Perceptions of Teacher Performance, Learning Aktivity, Cognitive Learning Outcome, Secondary School StudentsAbstract
Abstrak - The purpose of this study is to describe: 1) the relationship between student perceptions of teacher performance on student cognitive learning outcomes, 2) the relationship between active learning and student cognitive learning outcomes, 3) the relationship between student perceptions about teacher performance and active learning on student cognitive learning outcomes. This type of research is quantitative research with the Ex-post Facto correlation method. Purposive sampling technique. Data were analyzed using inferential statistical tests. The results of this study show: 1) there is a relationship between student perceptions of teacher performance on student cognitive learning outcomes, 2) there is a relationship between active learning on student cognitive learning outcomes, 3) there is a simultaneous relationship between student perceptions of teacher performance and active learning on outcomes students' cognitive learning.
Keywords - Student Perceptions of Teacher Performance; Learning Activity; Cognitive Learning Outcome; Secondary School Students
Downloads
References
Nuraini, “Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak,” 2017.
T. Widyaningtiyas, “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dengan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas XII Program Keahlian Jasa Boga Smk Negeri 6 Yogyakarta,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.
P. Ratnasari, “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI AP Mata Pelajaran Mail Handling di SMK Negeri 4 Klaten,” pp. 106–115, 2017.
G. Marhento, “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Mengajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 1, no. 3, pp. 223–235, 2015,
A. Septiana, “Hubungan Gaya Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika,” vol. 3, no. 3, pp. 260–270, 2015.
R. Andriani, “Kinerja Guru Fisika : Bagaimana Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Mereka ?,” J. Nat. Sci. Integr., vol. 1, no. 1, pp. 42–52, 2018.
S. A. Khomariya, “Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Keaktifan Bertanya Pada Materi Struktur Tumbuhan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016,” pp. 1–9, 2016.
F. S. Septi Riani, Nurhaty Purnama Sari, “Hubungan Antara Minat Baca dan Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 53 Batam,” Simbiosa, vol. 5, no. 1, pp. 51–55, 2016, doi: 10.33373/sim-bio.v5i1.810.
P. Pertiwi, “Hubungan Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali,” Universitas Negeri Semarang, 2019.
B. Retno Palupi, Sri Anitah, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII DI SMPN 1 Pacitan,” J. Teknol. Pendidik. dan pembelajaran, vol. 2, no. 2, pp. 157–169, 2014.
F. W. Rikizaputra, “Hubungan Antara Motivasi Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 13 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017,” vol. 4, no. 1, pp. 97–110, 2017.
A. H. S. I Made Tegeh, Ni Luh Ariesti Pratiwi, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD,” J. IKA, vol. 17, no. 2, pp. 150–170, 2019, doi: 10.23887/ika.v17i2.19850.
A. Welly, “Hubungan Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VII di SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh,” 2020.
N. Ayuningsih, “Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Biologi Tersertifikasi Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 20 Makassar,” 2015.
S. R. Indah Ayu Lestari, Hermansyah Amir, “Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia,” Alotrop J. Pendidik. dan Ilmu Kim., vol. 1, no. 2, pp. 113–116, 2017.
L. Mardila, “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Biologi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Budi Dharma Dumai,” 2019.
M. U. Karim, “Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Proses Pembelajaran Aktif Dan Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 49 Jakarta,” 2017.
D. E. Listiani, “Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Professional Guru Biologi Kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2019/2020,” 2020.
R. Perastiani, “Hubungan Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 10 Kota Bogor Skripsi,” 2022.
R. A. Skolikhah, “Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Kelas V SD Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2013/2014le,” 2014.
I. S. Kadek Dwi Cita Pusparini, Ketut Suma, “Hubungan Motivasi Intrinsik , Persepsi Siswa , Motivasi Intrinsik dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Fisika dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA,” Pendidik. Fis. Undiksha, vol. 10, no. 1, pp. 12–23, 2020.
Y. Setyawati and A. Estiastuti, “Hubungan Kemandirian Dan Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar PKN,” vol. 6, no. 4, pp. 255–263, 2017.
A. R. Chairini Fathonah, “Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 9, no. 4, p. 921, 2021, doi: 10.30872/psikoborneo.v9i4.6873.
I. G. L. W. I Wayan Subagia, “Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 5, no. 1, pp. 39–54, 2016, doi: 10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293.
Sugiyono and P. Lestari, Metode Penelitian Komunikasi. ALFABETA,CV, 2021.
R. M. Selvianti Pakabu, Nurhayati B., “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Di Toraja Utara,” 2016.
S. Anik Wulandari, “Hubungan Antara Minat, Lingkungan, Dan Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Fisika,” vol. 3, no. 2, pp. 84–92, 2016.
F. A. Muhammad Zuhemi, Soewarno, “Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Pada SMAN 1 Darul Imarah Muhammad,” J. phi, vol. 1, no. 5, pp. 27–32, 2020.
A. F. Yenny Kurniawati, Ngadimin, “Hubungan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 2, pp. 243–246, 2017.
M. Putri Dea, “Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dan Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021),” 2021. http://repositori.unsil.ac.id/5015/ (accessed Jun. 10, 2023).
N. Adriyawati, “Hubungan Antara Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V di SDN Segugus 3 Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu,” 2022. http://repository.uncp.ac.id/1373/ (accessed Jun. 12, 2023).
E. P. Akhmad Sukri, “Hubungan Persepsi Dan Tingkat Keaktifan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Pada Perkuliahan Bioteknologi Di Universitas Muhammadiyah Malang,” pp. 1–7, 2013.
N. Hernawati, “Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Kelas VI DI SDN Parung 01 Kecamatan Parung Kabupaten Bogor,” vol. 6, no. 2, pp. 57–71, 2017.
F. W. Azza Muzayanah, Soeprijanto, “Hubungan Antara Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Rangkaian Listrik (Studi Kasus Pada Smkn 26 Jakarta Paket Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Kelas X),” J. Electr. Vocat. …, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2016,
Y. G. Fathiya Eka Putri, Fitrah Amelia, “Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Edumatika J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, p. 83, 2019, doi: 10.32939/ejrpm.v2i2.406.
Z. L. dan B. Kusmanto, “Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru, Keaktifan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Salam,” UNION J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 57–64, 2016, doi: 10.30738/.v4i1.407.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.