Improving Fine Motor Skills Through Batik Activities Using the Ecoprint Technique in Children Aged 5-6 Years at 'Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Randengan Kindergarten
Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik dengan Teknik Ecoprint pada Anak Usia 5-6 Tahun dii TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Randengan
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2589Keywords:
Fine Motoric Skills, Early Childhood, Making Batik Using the Ecoprint TechniqueAbstract
The purpose of this study was to determine the increase in fine motor skills of children aged 5-6 years through batik activities using the ecoprint technique. The research was conducted at 'Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Randengan Tanggulangin Kindergarten with 20 children as research subjects. The research method used was classroom action research (CAR) through the Kemmis and Mc.Tanggart models, through four stages namely planning, implementation, observation and reflection. The achievement target of this class action research is 75%. In the previous cycle, the achievement value of fine motor skills was 48.75%. In cycle I, the child's fine motor value was 62.5% through batik activities using the ecoprint technique. Furthermore, after reflection and improvement in cycle II, the child's overall score was 86.25%. The results of this study prove that batik activities using the ecoprint technique can improve the fine motor skills of children aged 5-6 years.
Downloads
References
S. K. Sari, I. Izzati, and S. Ismet, “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Gambar Cetak Geometri Pada Pendidikan Anak Usia Dini,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 149–155, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i1.275.
D. Suryono, “Dr . Dodon Suryono,” Stimulasi Aspek Perkemb., 2018.
2019 Santosa, “hubungan antara kegiatan meronce dengan kemampuan motorik halus anak usia dini,” Carbohydr. Polym., vol. 6, no. 1, pp. 5–10, 2019.
A. Yunita, A. Fatimah, and Fahmi, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik. Anak Usia dIni, vol. 8, no. 1, pp. 25–34, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/11742/7480
M. Meriyati, C. W. Kuswanto, D. D. Pratiwi, and E. Apriyanti, “Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 729, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.667.
A. Munar, H. Hibana, and S. Surahman, “Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun,” J. PG-PAUD Trunojoyo J. Pendidik. dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 8, no. 2, pp. 1–9, 2021, doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10691.
Z. N. Wandi and F. Mayar, “Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 363, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.347.
D. Fitria, D. S. A. Wulan, and D. Yarshal, “Pengaruh Kegiatan Handicraft Terhadap Motorik Halus Anak Tk Kelompok B Di Tk Karunia Kecamatan Tuntungan,” J. Tarb., vol. 25, no. 2, 2018, doi: 10.30829/tar.v25i2.369.
P. Almi and I. Yeni, “Pemanfaatan Membatik Sederhana untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 102–108, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i1.249.
E. Roostin, “Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana,” Kiddo J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 66–79, 2020, doi: 10.19105/kiddo.v1i2.3481.
N. C. A. Susanto, M. Latief, R. D. Puspitasari, R. Bemis, and H. Heriyanti, “Pengenalan ecoprint guna meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33474/jipemas.v4i1.8974.
S. Y. Ningsih and F. Mayar, “PEMBELAJARAN BATIK DARI WORTEL SEBAGAI ALTERNATIF TEKNIK MEMBATIK SEDERHANA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK,” PENGARUH Pengguna. PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, vol. 15, no. 1, pp. 165–175, 2016, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Y. Fatmala and S. Hartati, “Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak,” J. Pendidik. Tambusari, vol. 4, no. 2, pp. 1143–1155, 2020.
B. W. D. S. and M. A. Alvin, “Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi Dengan Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas Dan Tunjung,” J. Litbang Kota Pekalongan, vol. 17, pp. 1–5, 2019, doi: 10.54911/litbang.v17i0.101.
V. Kharishma and U. Septiana, “Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru PAUD,” Semin. Nas. Seni, Teknol. dan Masy., vol. 2, pp. 183–187, 2019.
R. S. liliani wia, Asma Kurniati, “upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan ecoprint di TK IT AL-KUBRA kelurahan Wanci kabupaten Wakatobi,” Lentera Anak, vol. 1 No. 2, no. 2, pp. 63–77, 2022, [Online]. Available: http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JLA/article/view/924&ved=2ahUKEwirj-Ps3s3tAhXHb30KHX9yAEIQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw2aZPwq9AL_kOGBWjdOw4l_
R. Hasibuan and N. I. S. Rakhmawati, “inovasi pembelajaran anak usia dini berbasis kearifan lokal melalui kegiatan ecoprint di masa pandemic covid 19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1930–1942, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.594.
Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas. jakarta, 2010.
R. R. Sidabutar and H. Siahaan, “Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Daun dalam Kegiatan Pembelajaran,” Aṭfālunā J. Islam. Early Child. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 39–47, 2019, doi: 10.32505/atfaluna.v2i1.930.
A. diana Shanty, A. Handayani, and bagus ardi Saputro, “Pengembangan Metode Membatik Ecoprint Untuk Menumbuhkan Motorik Halus Anak Tk,” J. Pendidik. Dan Profesi Pendidik, vol. 8, no. 1, pp. 21–34, 2022.
O. S. Tawulo and L. Anhusadar, “Membatik Jumputan untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Home Visit,” KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 5, no. 1, p. 37, 2022, doi: 10.24014/kjiece.v5i1.13064.
M. D. S. Wahyuningrum and S. Watini, “Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 5384–5396, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.3038.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.