Interpersonal Intelligence, Gratitude, and Prosocial Behavior in Adolescents
Kecerdasan Interpersonal, Rasa Syukur, dan Perilaku Prososial pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2551Keywords:
Interpersonal Intelligence, Gratitude, Prosocial BehaviorAbstract
Prosocial behavior is very important and must be owned by every teenager. The research objective is to determine the relationship between interpersonal intelligence, gratitude, and prosocial behavior. The population of this study was high school students of school X with a total of 760 and a sample of 254 students. The technique for taking samples is quota sampling technique. Research data collection techniques using interpersonal intelligence scale, gratitude, and prosocial behavior. To find out the relationship between interpersonal intelligence and gratitude variables with prosocial behavior variables, we used the product moment correlation statistical method with the help of SPSS 25. This study produced a significant positive relationship between interpersonal intelligence and prosocial behavior, and gratitude with prosocial behavior, namely (p) 0.000 <0.05. In this study the results of the correlation test between interpersonal intelligence and gratitude towards prosocial behavior also have a significant positive relationship.
Downloads
References
H. Erreygers, S., Vandebosch, H., Vranjes, I., Baillien, E., & De Witte, “Development of a Measure of Adolescents’ Online Prosocial Behavior,” J. Child. Media, vol. 12, no. 4, 2018.
A. Lathifah, “Poltekkes Kemenkes Yogyakarta | 9,” J. Kesehat., pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1134/4/4. Chapter 2.pdf
R. Kartikosari and I. Setyawan, “Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Intensi Perundungan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama H. Isriati Semarang,” Empati, vol. 7, no. 2, pp. 182–188, 2018.
U. W. Rahajeng and T. Y. A. Wigati, “Perilaku Prososial Sebagai Prediktor Status Teman Sebaya Pada Remaja,” J. Psikol. Teor. dan Terap., vol. 8, no. 2, p. 124, 2018, doi: 10.26740/jptt.v8n2.p124-132.
Hanurawan, Psikologi sosial terapan untuk pemecahan masalah perilaku sosial, Edisi 1, C. Depok : Rajawali Pers, 2018, 2018.
M. F. Tartila and L. A.-A. Aulia, “Kecerdasan Interpersonal dan Perilaku Prososial,” J. Psikol. J. Ilm. Fak. Psikol. Univ. Yudharta Pasuruan, vol. 8, no. 1, pp. 53–66, 2021, doi: 10.35891/jip.v8i1.2649.
A. I. D. P. Siska Friskica, Sri Hartini, “REGULASI EMOSI DITINJAU DARI PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMA RAKSANA DI MEDAN,” Psikologi, vol. 6, no. 2, pp. 53–59, 2020, [Online]. Available: http://perpustakaan.uhn.ac.id/adminarea/dataskripsi/Ervina1.pdf
J. A. Cahyani, “Hubungan Prefrensi Konten Media Sosial Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja Di Wilayah Kelurahan Brontokusuman,” Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta, 2022.
Puspita, “PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015,” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2016.
Niva, “Penerapan pendekatan cinematherapy untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa Bosowa International School Makassar,” J. Psikol. Pendidik. Konseling, vol. 2 (1), pp. 42–48, 2016, doi: 10.1061/jyceaj.0003734.
R. Wiati, “PERBANDINGAN PERILAKU PROSOSIAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN URUTAN KELAHIRAN,” FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA, 2019.
I. Khoirina, “Perbedaan Perilaku Prososial Remaja Ditinjau Dari Gender,” Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya., 2015.
R. Susanto, “Perilaku Sosial Remaja Di Kelurahan Lubuk Durian Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara.,” Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu., 2019.
A. Rohmiani, “Pengaruh kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal terhadap kesejahteraan psikologis pada remaja di MTsN 6 Tulungagung,” p. 104, 2018, [Online]. Available: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13543
F. A. Kusumaningruma, “Interpersonal intelligence and prosocial behavior among elementary school students,” Manag. Sci. Lett., vol. 9, no. 10, pp. 1645–1654, 2019, doi: 10.5267/j.msl.2019.5.023.
D. A. Pitaloka and A. Ediati, “Rasa Syukur Dan Kecenderungan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro,” Empati J. Karya Ilm. S1 Undip, vol. 4, no. 2, pp. 43–50, 2015.
K. Schumann, “A Force for Good: When and Why Religion Predicts Prosocial Behavior,” J. Moral Theol., vol. 9, no. 1, p. Schumann, K, 2020.
N. Fitroh, L. Lukman, and M. N. H. Nurdin, “Pengaruh ungkapan syukur dan motivasi terhadap perilaku prososial remaja,” J. Psikol. Sos., vol. 16, no. 2, pp. 136–147, 2018, doi: 10.7454/jps.2018.13.
S. Salihin, A. I. D. Putra, and N. N. Siregar, “Perilaku Prososial Ditinjau dari Rasa Syukur pada Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Borobudur (PMVB) Medan,” Insight J. Pemikir. dan Penelit. Psikol., vol. 16, no. 1, p. 159, 2020, doi: 10.32528/ins.v16i1.1989.
H. Husna, S. Sultani, and A. Aminah, “Hubungan Antara Interaksi teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 13 Banjarmasin,” J. Mhs. BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 7, no. 2, p. 1, 2021, doi: 10.31602/jmbkan.v7i2.3420.
S. F. R. Romdon, “Rasa syukur, identitas moral, dan pengaruh teman sebaya sebagai prediktor intensi perilaku prososial online pada mahasiswa pengguna media sosial di jakarta, bogor, depok, dan tangerang,” Repository.Uinjkt.Ac.Id, 2019, [Online]. Available: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46990
S. Azwar, Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2021.
T. K. P. W. Achmad, “Hubungan Antara Kebersyukuran Dengan Penerapan Program 5R (Ringkas, Resik, Rawat, Rajin) Pada Karyawan Bagian Gudang PT. X,” Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2019.
L. & E. W. M. Chasanah, “Perilaku Prososial pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial,” Chinese J. Aeronaut., vol. 35, no. 11, pp. i–ii, 2022, doi: 10.1016/s1000-9361(22)00214-x.
S. Azwar, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.
J. W. Santrock, Perkembangan Masa Hidup, 13th ed. Penerbit Erlangga, 2018.
B. Nirmala, I. Ketut Gading, and K. Ari Dwiarwati, “Pengembangan Skala Kecerdasan Interpersonal Remaja Sekolah Menengah Atas,” J. Bimbing. Konseling Indones., vol. 6, no. 1, pp. 72–79, 2021, doi: 10.24036/XXXXXXXXXX-X.
L. R. G. Aprilia, “Hubungan Antara Kebersyukuran dan Religiusitas dengan Hardiness Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 6, no. 3, pp. 334–340, 2018, doi: 10.30872/psikoborneo.v6i3.4645.
S. Zhada and E. W. Maryam, “The Relationship Between Interpersonal Interest and Prosocial Behavior In Muhammadiyah Unevirsity Sidoarjo Students [ Hubungan Antara Ketertarikan Interpersonal dengan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa ],” pp. 1–7, 2023.
S. Rinisari, N. P. Sari, and M. A. Setiawan, “Analisis Student Well-Being dan Gratitude dengan Perilaku Prososial Siswa di Masa Pandemi Covid-19,” Bul. Konseling Inov., vol. 2, no. 1, p. 21, 2022, doi: 10.17977/um059v2i12022p21-28.
W. Husna, R. Fahmi, and R. Kurniawan, “Hubungan Kebersyukuran Dengan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa,” Al-Qalb J. Psikol. Islam, vol. 10, no. 2, pp. 179–188, 2019, doi: 10.15548/alqalb.v10i2.960.
A. Linggi, “Optimalisasi Personal dan Social Capital Bagi Peningkatan Well-Being di Era Pandemi COVID-19,” 2022.
K. Y. Anjani, “Hubungan Empati dengan Perilaku Prososial pada Siswa SMK Swasta X di Surabaya,” Character J. Psikol., vol. 5, no. 2, 2018.
H. Shubhan and S. Aloysius, “Variabel-variabel yang Memengaruhi Perilaku Prososial Indonesia Tahun 2017,” Semin. Nas. Off. Stat., vol. 2021, no. 1, pp. 762–771, 2021, doi: 10.34123/semnasoffstat.v2021i1.1034.
I. C. Pamungkas, “Hubungan Rasa Syukur Dengan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Muslim Terdampak Covid 19,” Skripsi thesis, Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2021, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/89737
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.