Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Relationship between the Intensity of Using Online Games and Student Learning Interests


Hubungan Intensitas Penggunaan Game Online terhadap Minat Belajar Siswa

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2474

Keywords:

Game Online, intensity, Interest in Learning

Abstract

The research method was quantitative correlation. The sampling technique used purposive sampling, totaling 31 students at Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri for the 2022–2023 academic year. The research results obtained a significance value of 0.060 > 0.05. So it can be concluded that the variable intensity of playing online games is correlated but not significantly with the student's learning interest variable 

Downloads

Download data is not yet available.

References

] Achru P, Andi. “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran”, Jurnal Idaarah. Vol.3, Dec.2004

] Adams, E. Fundamental of Game Design third edition, San Fransisco New Riders, 2016

] Apriliyani, A. “Hubungan Intensitas Bermain Permainan Online Dengan Kecerdasan Emosional”, Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol.8, pp 40-47, 2020

] Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Afabeta. 2016

] Aiana, R dan Hidayah, F. “Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di SMA N 2 Batang”, Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, Vol.3, pp 30-33. 2015

] Birri, Maftuh Bastul dan Listyarini. “Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Muammadiyah 11 Semarang”, Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, vol.3, 2020

] Dewi, Azah Kurnia, Lestari, Sri Maria Puji dan SAndayanti, Vira. “MAmpukah Efikasi Diri Memiliki Peras Terhadap Minat Belajar”, Jurnal Psikologi Psikostudia, vol.12, pp 302-308. 2023

] Cahyo, A. Jejak-Jejak Permainan Tradisional Indonesia. Malang: UMM Press. 2017

] Chaplin, J. Kamus Lengkap Psikologi. Terj. Kartini Kartono. Jakarta ; Rajagrafindo. 2014

] Fauziah, E. R. “Pengaruh Game Online Terhdap Perubahan PErilaku Anak SMP N 1 Samboja”, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 1, pp 1-6. 2013

] Febrina, C. L “Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Agresivitas Siswa”, Jurnal Ilmiah visi P2TK Paud, Vol. 9, pp 28-35.2014

] Filananoka, L & Syah, A. M. “Pengaruh Intensitas Bermain Game terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMK Al -Ikhlash Dalegan Panceng Gersik”, Journal Broadcasting and Islamic: Communication Studies, Vol. 1, pp 112-119. 2020

] Firdaus, Yusnizal., et al. “Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Pengguna Game Online”. Jurnal Riset Terapan Akutansi, Vol,2. Pp 40-51. 2018

] Fridaram, O., et al. “Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw”, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1, pp 161-170. 2021

] HAmdani. “Pengaruh Intensitas Game Online Terhadap Penyesuaian Sosial Remaja”, Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, Vol 2, 2022

] Hidayat, Puput W dan Widjajanti, Djamilah B. “Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL” Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 13, pp 63-75. 2018

] Khairiyah, N. “Analisis Penggunaan Video Game Online Sebagai Media Dakwah” Jurnal An-Nufus, ol 1, pp 21-42. 2020

] Kustiawan, A.A dan Utomo, A.W. Jangan Suka Game Online dan Tindakan Pencegahan. Jawa Timur: Media Grafika. 2019

] Marleni, Lusi.” Faktor-Fakor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang”. Vol 1, pp 149-159. 2016

] Maulidar. “Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 2 Banda Aceh”, Jurnal Tunas BAngsa, Vol 6, pp 302-310. 2019

] Meutia. “Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas Tinggi SD Negeri Ujong Tanjong Genta Mulia” Vol. 11, 2020

] Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. JEES (Journal of English Educators Society). Vol. 1, pp 71-82. 2020

] Nizar, Hajaroh. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa.”. El-Midad: Jurnal PGMI, Vol. 11. 2019

] Novianti, R. “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang.” Ol 13, pp 1-20.2019

] Novika, K., Aminnuyati, & Okianna. “Pengaruh Addiction Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Smas Taman Mulia” Jurnal Pendidikan Ekonomi, pp 1-8. 2020

] Nur Hidayati. “Hubungan Antara Minat Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam” Jurnal SKripsi UIN Syarif Hidayatulah.. 2006

] Paraswati, Y. “Hubungan Antara Bimbingan Belajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII DI SMP N 2 Kasihan.” Jurnal Bimbingan Belajar. Vol. 147, pp 11-40. 2016

] Permana. “Peran intensitas bermain game online dan pola asuh permisif orangtua terhadap tingkat agresivitas pada remaja awal di Kota Denpasar”. Jurnal Psikolog Udayana. Vol. 6. 2019

] Purwaningtiyas. “Gambaran Subjective Well Being pada Individu Ditinjau dari Intensitas Bermain Game Online”. Jurnal Psikologi, vol.10. 2021

] Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. “Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar”. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda. Vol. 7, pp 5-13. 2019

] Sandi. “Hubungan Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Siswa-Siswi”. Jurnal Psikoborneo. Vol. 5. 2015

] Santrock, J. W. Life Span Deelopment Perkembangan Masa Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj). Jakarta: Penerbit Erlangga. 2012

] Sobandi, A., Nurhasnah, Siti. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen. Vol.1, pp 128-135. 2016

] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2019

Posted

2023-08-23