Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

The Impact of Self-Control and Peer Compliance on Order Compliance Student of Vocational High School


Pengaruh Kontrol Diri dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Kepatuhan Tata Tertib pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2427

Keywords:

Self-Control, Peer Comformity, Compliance Orders

Abstract

This study aims to study the influence of selfl-control and conformity among peers on compliance with the order of students at SMK Krian 2 Sidoarjo. The study used a corellational quantitative approach with a total sample of 306 students. The technique used for data collection is to use three psychological scale: the self-control scale, the conformity scale of peers, and the student’s compliance scale. The data is then analyze using a linear regression test. The results of the study obtained a sig. value of 0.000, which showed that self-control and peer conformitu combined by 24.5% had an impact on orderly compliance. Thus, it can be concluded that there is an influence between self-control and peer conformity on the observance of the order by high school students

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sabri, M. Yusuf, and Syahbuddin, “Kepatuhan Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah (Studi pada Siswa SMP Negeri 1 Siompu),” Selami, vol. 3, no. 47, pp. 255–270, 2018.

M. A. M. Irwansa, “Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Di SMKN 1 Makassar,” J. tomalebbi, vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2016.

A. Liana, “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dalam Menaati Tata Tertib Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modelling pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 19 Kota Jambi Tahun Ajaran 2015 / 2016,” J. Ilm. Dikdaya, vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2016.

W. T. Hastiningsih and M. Syaifudin, “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Memilih Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 1 Magetan,” Diajar J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 129–138, 2023, doi: 10.54259/diajar.v2i1.1457.

N. A. Puspitasari, “Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah,” Skripsi, 2017, [Online]. Available: http://eprints.umm.ac.id/43623/

R. D. Nurani, “Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Dengan kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah Pada Siswa Di SMK Negeri 6 Yogyakarta,” J. Ris. Mhs. Bimbing. dan Konseling, vol. 4, no. 3, pp. 179–189, 2018.

S. D. Demonika, “Pengaruh Kondisi Lingkungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Dalam Melaksanakan Tata Tertib,” 1.446 J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar Ed. 15 Tahun ke-8 2019 PENGARUH, pp. 446–455, 2019.

H. Nabila and H. Noor, “Hubungan antara self control dengan obedience pada siswa kelas VIII SMP Istiqamah Bandung,” Proseding Psikol., vol. 8, no. 2, pp. 571–576, 2016.

A. Putra, “Gambaran Kepatuhan (Obedience) Mahasiswa Dalam Menjalankan Protokol Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Fakultas Psikologi Universitas Bosowa,” 2018. [Online]. Available: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

T. Grzyb and D. Dolinski, “You and I are alike, so I will hold back – The effect of directed empathy on the behavior of participants of Stanley Milgram’s obedience paradigm,” Acta Psychol. (Amst)., vol. 234, no. February, p. 103859, 2023, doi: 10.1016/j.actpsy.2023.103859.

Juniartika, “Kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah Pada Sekolah Pada Siswa Di SMK XX Padang,” J. Psikol., vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2013.

S. Menka, “Effect Of Peer Pressure On Obedience/Disobedience Behaviour Of Under Graduate Students,” Sch. Res. J. Interdiscip. Stud., vol. 4, no. 27, pp. 3085–3090, 2016.

Yuningsih, “Menguatkan Kembali Pendidikan Keagamaan Dan Moral Anak Didik,” J. state Islam. Univ., vol. 8, no. 2, pp. 199–216, 2014, [Online]. Available: https://eje.bioscientifica.com/view/journals/eje/171/6/727.xml

H. Hasanusi, “Penalaran Moral Dalam Mencegah Delikuensi Remaja,” J. Qiro’ah, vol. 9, no. 1, pp. 1–16, 2019.

S. Kusumadewi, T. Hardjajani, and N. A. Priyatama, “Hubungan antara Dukungan Sosial Peer Group dan Kontrol Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo,” J. Ilm. Psikol. Candrajiwa, vol. 1, no. 2, 2012.

Sumaryati and T. Kurniasih, “Tingkat Kepatuhan Tata Tertib Sekolah oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta,” J. Citizsh., vol. 3, no. 42, pp. 165–178, 2014.

L. M. dan A. Mardliyah, “Perilaku Kepatuhan Siswa Madrasah Aliyah dalam Pencapaian Prestasi Belajar Akidah Akhlak,” J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 33–58, 2020, [Online]. Available: journal.Unipdu.ac.id/index.php/jpi/index.

S. Mardison, “Konformitas Teman Sebaya Sebagai Pembentuk Perilaku Individu,” J. Al-Taujih Bingkai Bimbing. dan Konseling Islam., vol. 2, no. 1, pp. 78–90, 2016, doi: 10.15548/atj.v2i1.941.

M. Khairati, A. B. Rakhmat, H. A. Radde, and M. Y. Sudirman, “Konformitas Sebagai Prediktor Pengambilan Keputusan Untuk Menjadi Pelaku Demonstrasi pada Mahasiswa di Kota Makassar,” EduPsyCouns J., vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2022.

D. Diputri, “Perilaku sepatuhan Siswa : Deskripsi dan Rancangan Intervensi Psikologid Minat Utama Bidang Psikologi Pendidikan,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

R. Duri, “Perbedaan Kontrol Diri (Self Control) Siswa Ditinjau Dari Perlakuan Orang Tua (Otoriter),” J. Al-Taujih Bingkai Bimbing. dan Konseling Islam., vol. 4, no. 2, 2021.

D. Rahayu and G. R. Affandi, “The Relationship between Self-Control and Students’ Compliance Behavior on Senior High School,” Acad. Open, vol. 7, pp. 1–10, 2022, doi: 10.21070/acopen.7.2022.5474.

R. D. Marsela and M. Supriatna, “Kontrol Diri : Definisi dan Faktor,” J. Innov. Couns. Theory, Pract. Res., vol. 3, no. 2, pp. 65–69, 2019, [Online]. Available: http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling

M. Amalia and N. Wahyumiani, “Hubungan Manajemen Stress Dengan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas X Kecantikan SMK,” G-Couns J. Bimbing. dan Konseling, vol. 6, no. 2, pp. 318–324, 2022, doi: https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3471.

Y. Etikasari, “Kontrol Diri Remaja Penggemar K-Pop (K-Popers) (Studi pada Penggemar K-pop di Yogyakarta ),” J. Ris. Mhs. Bimbing. dan Konseling, vol. 4, no. 3, pp. 190–202, 2018.

A. Sakinah, Yuliana, and Afrizawati, “Hubungan Kontrol Diri Dengan Kepatuhan Santri Mahasiswa Putri Pada Aturan di Pondok Pesantren Hidayatullah Batam,” vol. 1, no. 1, 2022.

I. Sylvia and I. Setiawan, “Hubungan Antara Konformitas Kelompok Teman Sebaya Dengan Disiplin Siswa SMA Negeri 5 Padang,” J. Diakronika, vol. XII, no. 31, p. 164, 2012.

T. P. Amsari and R. D. D. Nurhadianti, “Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepatuhan Santri dalam Melaksanakan Tata Tertib,” J. IKRA-ITH Hum., vol. 4, no. 1, pp. 113–119, 2020.

H. P. Hanifa and M. Muslikah, “Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dengan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah,” J. EDUKASI J. Bimbing. Konseling, vol. 5, no. 2, pp. 136–153, 2019, doi: 10.22373/je.v5i2.5092.

N. S. B. Malda, “Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Dengan Kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah Pada Siswa SMP Negeri 1 Adiwerna,” Universitas Islam Sultan Agung, 2021.

L. Jessica, “Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dan Materialisme pada Remaja,” 2018. [Online]. Available: https://repository.usd.ac.id/16071/2/139114057_full.pdf

N. M. Ghufron and R. Risnawati, Teori-Teori Psikologi, Cetakan 2. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Z. Parasayu, “Hubungan Antara Konformitas dan Perilaku Agresif Pada Remaja Skripsi,” Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 2018.

S. Ma’rufah, A. Matulessy, and I. Noviekayati, “Persepsi Terhadap Kepemimpinan Kiai , Konformitas Dan Kepatuhan Santri Terhadap Peraturan Pesantren,” Pers. J. Psikol. Indones., vol. 3, no. 02, pp. 97–113, 2014.

A. S. Yusuf Kurniawan, “Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah),” SOCIA J. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 14, no. 2, 2017, doi: 10.21831/socia.v14i2.17641.

A. Agustin and S. K. Kusnadi, “Pendekatan mindfulness untuk meningkatkan kontrol diri anak berhadapan hukum (ABH),” J. Psikol. Media Ilm. Psikol., vol. 17, no. 2, pp. 40–47, 2019.

M. Ali and M. Ansori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

S. Ulandari and D. Dwi, “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik,” J. Moral Kemasyarakatan, vol. 8, no. 2, pp. 12–28, 2023, doi: https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309.

Posted

2023-08-22