Improve Initial Numeracy Skills Through Animated Arithmetic Media of Children Aged 5-6 Years at TK Ar-Rochman Pondok Jati Sidoarjo
Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Hitung Animasi pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ar-Rochman Pondok Jati Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2256Keywords:
Early Childhood, animated arithmatic media, counting startsAbstract
This study discusses efforts to improve initial numeracy skills through animated arithmetic media at Ar-Rochman Kindergarten Pondok Jati Sidoarjo.The research method used is the Classroom Action Research model of Kemmis and Mc.Taggart with the stagees of planning, implementing, observing, and reflecting. Action subjects totaled 15 children. The activity begins with the Pre-Cycle, then the research process uses 2 stages, namely Cycle I, children study with assistance and Cycle II, children study alone with friends. The results of the study showed that the initial numeracy skills of the Pre-Cycle, Cycle I and Cycle II experienced a significant increase. This proves that there is an increase in children’s initial numeracy skills after using animated arithmetic media.
Downloads
References
M. Busyro and S. Herlina,”Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif”, Jurnal PGPAUD, vol. 1, no.2, pp 76-246.
Wahyuni.S.I and Windasari. W, “Permainan Interaktif Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok B RA Al Asyar’y”, vol. 2, no. 3, pp 306-313, 2020.
N. Paramita, P. Rintayati and S. Wahyuningsih,”Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penerapan Permainan Sains”, Jurnal Kumara Cendekia, vol. 7, no.2, pp 126-137, 2019.
Heni. F and Alkhudri. S,”Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di Paud Kasih Ibu Kecamatan Kumbai”. J. Pendidikan Anak Usia Dini, vol.1, no. 2, pp 169-178, 2018.
Hartini. D.S.R, “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Gerak dan Lagu”. J. Pakar Guru, vol.2, no. 2, pp 122-130, 2022.
Rahmah Siti,”Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berhitung Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Qodir Wage Taman Sidoarjo, 2020.
Malapata. E and Wijayaningsih. L,”Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Lumbung Hitung”, Jurnal Obsesi, 2019.
Syaikhu. A, Malik. A.H and Aisyah.S, “Implementasi Metode Permainan Berhitung Melalui Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Online”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, pp 94-100, 2021.
Hatiningsih. N and Deslegina, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Puzzle”, vol. 7, no.3, pp 654-661, 2022.
Susi. M and Umi. K,”Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Video Animasi Pada Kelompok A Di RA Ar-Rohmah Pekukukan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto”. J. Pendidikan Islam AUD, vol. 2, no.2, pp 241-249, 2022.
Delfia. E and Mayar. F, “Analisis Pembelajaran Berhitung Melalui Media Prisma Pintar Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi, vol. 4, no. 1, 2020.
Pramita. S. M, Evia. D, and Fadilah,”Penggunaan Media Animasi Bergambar Dalam Mengembangkan Ketrampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini”. J. Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.5, no. 2, pp 65-74, 2022.
Bisri Wahida,”Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pemanasan Global Kelas VII SMPN 5 Tinambung Kabupaten Poliman”, 2019.
Ghasya. V. A.D, Hamdani and Saifullah.K.N, “Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 35 Pontianak Selatan”, vol. 5, no. 1, pp 99-109, 2023.
I Gusti.A.O.N, and Ni Made. L.C.D,”Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi IPA Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V”. J. Edutech Undiksha,vol. 8, no. 1, pp 122-130, 2021.
Anggraini Vivi, “Stimulasi Kecerdasan Logika Matematika Melalui Medi Animasi Lagu Berbasis Tematik Pada Masa Pandemic Covid 19 di Kota Bukittinggi”, vol. 7, no-1, pp 107-115, 2021.
Niwayan.U.R.D, Nice. M. A, and Dewa. G. F. W,”Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi”. J. Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 9, no. 1, pp 99-106, 2021.
Handayani Sri,”Keefektifan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Matematika Anak Usia Dini Berdasarkan Gender, 2020.
Hasila. H and Elisa. T,”Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Berintegrasi Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. JIM Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 2, pp 216-219, 2017.
Wahyuni. A and Safitri. B. N, “Permainan Musik Felling Band Sebagai Strategi Peningkatan Sikap Sabar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol.6, no. 3, pp 1439-1448, 2022.
Syaikhu. A, Malik. A.H and Aisyah.S, “Implementasi Metode Permainan Berhitung Melalui Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Online”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, pp 94-100, 2021.
Jayadiningrat. G. M, Marsono and Jayanthi. M. A. I, “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Bahan Alam”. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol.5, no. 2, pp 21-32, 2022.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.