Analysis of the Work Environment, Work Spirit, Rewarding Employee Performance Related to Job Satisfaction as Intervening Variables PT. Air Bersih Jawa Timur (Perseroda)
Analisis Lingkungan Kerja, Semangat Kerja, Pemberian Penghargaan Terhadap Kinerja Karyawan Terkait Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening PT. Air Bersih Jawa Timur (Perseroda)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2222Keywords:
Work Environtment, Work Spirit, Awards, Employee Performance, Job SatisfactionAbstract
This research aims to determine the effect of the work environment, morale and reward on employee performance. Work environment, work enthusiasm and appreciation of job satisfaction. Job satisfaction on employee performance. Work environment, work enthusiasm and reward for employee performance through job satisfaction as an intervening variable. This study used a quantitative research type method with hypothesis testing, the population in this study were 88 employees of PT. Air Bersih Jawa Timur (Perseroda), the sampling technique uses Total Sampling. The source of data used in this study is the distribution of questionnaires to become primary data. The results of the study concluded that the work environment, work enthusiasm and awarding had an effect on employee performance. Work environment, work enthusiasm and awarding influence on job satisfaction. Job satisfaction affects employee performance. Work environment, work enthusiasm and awarding influence on employee performance through job satisfaction as an intervening variable.
Downloads
References
A. D. Satria, U. Brawijaya, and K. Karyawan, “PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( STUDI PADA PDAM TIRTA TAMAN SARI KOTA MADIUN ).”
S. Y. Pratiwi, INTERVENING ( Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Wonosobo ). 2011.
K. Dan and K. Terhadap, “Analisis pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja,” vol. 6, pp. 17–26.
R. Fauzia and A. Wardha, “Pengaruh Lingkungan Kerja , Kompensasi , dan Kedisiplinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Kantor Pos,” vol. 1, no. 9, pp. 3136–3150, 2022.
A. Aziz, N. Pratama, and A. Wardani, “Pengaruh Kemampuan Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja ( Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang,” vol. 8, no. 2, pp. 119–129, 2017.
N. Made and D. Kansa, “Ni Made Dewi Kansa Putri Peran Semangat Kerja …,” vol. 1, no. 2, pp. 60–76, 2019.
B. Sidoarjo, “Analisis kinerja karyawan dilihat dari pemberian reward melalui kepuasan kerja pada karyawan pt. hanarida tirta birawa sidoarjo,” vol. 8, pp. 323–331, 2020.
U. B. Darma, D. Andini, W. Agustian, M. Perusahaan, F. Vokasi, and U. B. Darma, “ANALISIS PEMBERIAN REWARD TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT . KAI ( PERSERO ) DIVISI REGIONAL III,” pp. 99–103.
B. D. A. N. Curup, “PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN ( STUDI KASUS PADA KARYAWAN KOPERASI NUSANTARA CABANG,” pp. 164–173, 2020.
A. Kiswuryanto, “ANALISIS PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan Bagian HRD di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Bogor),” Skripsi. Semarang Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Diponegoro, 2014.
A. P. Sari, “Pengaruh Kompensasi, Iklim Kerja, Semangat Kerja dan Karakteristik Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Bank Bukopin TBK Cabang Sultan Agung),” Skripsi Udinus Repos., pp. 1–17, 2013.
M. Burhan, J. E. H. J. Foeh, and H. A. Manafe, “Pengaruh Komunikasi , Kedisiplinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening ( Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia ),” JIM J. Ilmu Mulidisiplin, vol. 1, no. 2, pp. 447–458, 2022.
M. D. B. Walangitan, J. Manajemen, F. Ekonomi, and U. S. Ratulangi, “PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( STUDI KASUS PADA PT . BRI ( PERSERO ) TBK . KANTOR CABANG MANADO ) THE EFFECT OF REWARD AND PUNISHMENT ON EMPLOYEE LOYALTY WITH JOB SATI,” vol. 10, no. 2, pp. 207–216, 2022.
M. Siregar, “Hubungan Antara Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Dengan Semangat Kerja Pada Karyawan Bank Mandiri Cabang Balige,” J. Divers., vol. 5, no. 1, pp. 33–36, 2019, doi: 10.31289/diversita.v5i1.2471.
D. A. N. Disiplin and K. Terhadap, “Pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan,” vol. 12, pp. 3–8, 2022.
V. N. P. E-issn, P. Komunikasi, K. Karyawan, P. T. Wika, and D. Cilacap, “Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal,” vol. 5, pp. 472–487, 2023, doi: 10.47476/reslaj.v5i2.1552.
D. I. Lamongan, “KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT . STARFOOD INTERNATIONAL,” vol. 21, no. 1, 2022.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.