Perceived Conveniece, Perceived Benefits, and Trust on Interest in Using The ShopeePay Digital Wallet
Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital ShopeePay
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2217Keywords:
Perceived Convenience, Perceived Benefits, Trust, Interest in UseAbstract
This study aims to determine the effect of perceived convenience, perceived benefits and trust on interest in using the Shopeepay digital wallets in Sidoarjo. This research uses quantitative methods. The population in this study amounted to 150 respondents. Samples were taken using non probability sampling method by purposive sampling. Data analysis in this study using SPSS for Windows 23. The results of this study indicate that perceived convenience has a significant effect on interest in using, perceived benefits have a significant effect on interest in using and trust has a significant effect on interest in using. Also obtained the results of perceived convenience, perceived benefits and trust have a significant effect on interest in using Shopeepay digital wallets in Sidoarjo
Downloads
References
A. Indah And M. Hariasih, “The Effect Of Financial Knowledge, Financial Attitude And Personality On Financial Management Behavior At Fruit Street Vendors In Sidoarjo,” Acad. Open, Vol. 7, Pp. 1–14, 2022, Doi: 10.21070/Acopen.7.2022.3427.
M. Sallika Marra Rizki Darista, “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Ovo Sebagai Alat Pembayaran E-Money,” Vol. 09, No. 01, Pp. 27–37, 2021.
Muhammad Farid Iffat, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Dompet Elektronik Di Kota Medan,” Vol. 5, No. 2020, Pp. 441–449, 2022, Doi: 10.20885/Ncaf.Vol5.Art50.
A. B. Pratama And I. D. G. D. Suputra, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik,” E-Jurnal Akunt., Vol. 27, P. 927, 2019, Doi: 10.24843/Eja.2019.V27.I02.P04.
W. Desita And G. A. K. R. S. Dewi, “Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash Pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet),” J. Akunt. Profesi, Vol. 13, No. 01, Pp. 115–124, 2022.
F. Mawardani And R. Dwijayanti, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee,” J. Pendidik. Tata Niaga, Vol. 9, No. 3, Pp. 1455–1463, 2021.
A. S. Z. Siti Umul Khoiriyah, Moh. Halim, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology Pada Aplikasi Dana,” J. Ris. Akunt. Dan Bisnis, Vol. 9, No. 1, Pp. 70–79, 2023.
W. Limawati, Endah Pri Ariningsih, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo,” Nucl. Phys., Vol. 13, No. 1, Pp. 104–116, 2021.
A. Nadhilah, N. H.-S. N. A. Dan, And Undefined 2022, “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital (Studi Kasus Produk Layanan Syariah,” Prosiding-Old.Pnj.Ac.Id, 2022, [Online]. Available: http://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/view/5843
N. D. Abrilia and S. Tri, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 8, no. 3, pp. 1006–1012, 2020.
R. A. S. Sati and M. Ramaditya, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card),” Management, pp. 1–20, 2019.
T. R. Hanifah and I. Mukhlis, “Pengaruh Efektivitas, Hedonis, Kemanfaatan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa Universitas Negeri Malang Dalam Menggunakan Layanan Shopeepay: Pendekatan Technology Acceptance Model,” Ecobisma (Jurnal Ekon. Bisnis Dan Manajemen), vol. 9, no. 2, pp. 69–83, 2022, doi: 10.36987/ecobi.v9i2.2711.
L. Robaniyah and H. Kurnianingsih, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo,” Image J. Ris. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 53–62, 2021, doi: 10.17509/image.v10i1.32009.
E. Sulaeman and D. Pebriantie, “Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital Shopeepay,” vol. 4, no. 1, pp. 91–98, 2023.
J. Riset, M. Prodi, M. Fakultas, and B. Unisma, “Vol. 12. No. 01 ISSN : 2302-7061,” vol. 12, no. 01, pp. 510–518, 2018
J. S. Manajemen, “Jurnal Sains Manajemen Volume. 7 No. 2 Tahun. 2021,” No. 2, Pp. 97–108, 2021.
S. J. Sibuea, D. Oktavianthy, And A. E. Rangkuti, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Ovo,” Konf. Nas. Sos. Dan Eng. Politek. Negeri Medan, Pp. 635–645, 2021.
A. T. Perkasa And A. R. Rustam, “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kepercayaan Wajib Pajak Terhadap Minat Menggunakan E-Filing Sebagai Sarana Pelaporan Pajak (Study Kasus Di Pt Pelabuhan Indonesia Iii Cabang Benoa),” J. Chem. Inf. Model., Vol. 01, No. 01, Pp. 1689–1699, 2017.
R. Agustina, R. Gustiana, And M. R. Budiman, “Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet Go-Pay Pada Masyarakat Di Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala,” Din. Ekon. - J. Ekon. Dan Bisnis, Vol. 15, No. 1, Pp. 200–214, 2022, Doi: 10.53651/Jdeb.V15i1.370.
Prof. Dr. Sugiyono, Buku Metode Penelitian Kuantitatif, 2nd Ed. Bandung: Alfabeta, 2019.
A. Hanafi And I. Kamela, “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital (Gopay) Di Kota Padang,” Jfek, Vol. 21, No. 2, Pp. 2–4, 2022, [Online]. Available: Https://Ejurnal.Bunghatta.Ac.Id/Index.Php/Jfek/Article/View/21336
S. F. Wibowo, D. Rosmauli, And U. Suhud, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta),” Jrmsi - J. Ris. Manaj. Sains Indones., Vol. 6, No. 1, Pp. 440–456, 2015, Doi: 10.21009/Jrmsi.006.1.06.
Nurul Haqiqi, Untung Lasiyono, And Tri Ari Prabowo, “Pengaruh Kemudahan, Manfaat Dan Persepsi Risiko Terhadap Kepuasan Belanja Online Dalam Menggunakan E-Commerce Shopee Di Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Taman Sidoarjo,” J. Sustain. Bussiness Res., Vol. 1, No. 1, Pp. 317–328, 2020, Doi: 10.36456/Jsbr.V1i1.3000.
J. Manajemen, “J-Mas,” Vol. 7, No. 2, Pp. 928–933, 2022, Doi: 10.33087/Jmas.V7i2.569.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.