Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

The Role of Islamic Religion Teachers in Overcoming Junior High School Student’s Determinations


Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Sekolah Menengah Pertama

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.1893

Keywords:

Islamic Religious Education, Juvenile, Deliquency

Abstract

Junior high school students are entering a transitional age or puberty which causes them to be in a state of needing recognition and searching for identity so that they are very vulnerable to environmental influences. This causes the risk of juvenile delinquency. PAI (islamic religion) teachers have a very important role to provide religious and spiritual guidance for students to build character and morals. This research was conducted at SMPN 5 Sidoarjo. The method used is qualitative with a naturalistic positivistic approach with data collection techniques through interviews, documentation and literature review. The results of this study are that the form of juvenile delinquency in SMPN 5 Sidoarjo students is classified as low delinquency. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan psikologi proses pendidikan / Nana Syaodih Sukmadinata. Bandung, 2005.

L. Febriana and A. Qurniati, “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RELIGIUSITAS.”

M. Safitri, “Pengaruh Masa Transisi Remaja Menuju Pendewasaan Terhadap Kesehatan Mental Serta Bagaimana Mengatasinya,” JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 30, no. 1, 2021, doi: 10.17509/jpis.v30i1.29495.

W. Lestari, M. Program Studi Bimbingan dan Konseling, and F. Keguruan dan, “DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU BERPACARAN (Studi Kasus Di SMP Negeri 3 Banda Aceh),” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, vol. 3, pp. 42–49, 2018.

W. Lestari, M. Program Studi Bimbingan dan Konseling, and F. Keguruan dan, “DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU BERPACARAN (Studi Kasus Di SMP Negeri 3 Banda Aceh),” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, vol. 3, pp. 42–49, 2018.

Hendriyenti Hendriyenti, PELAKSANAAN PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMA TARUNA INDONESIA PALEMBANG, 03 ed., vol. 19. 2014.

K. Pendidikan and A. R. Hamzah, “Arief Rifkiawan Hamzah KONSEP PENDIDIKAN DALAM ISLAM PERSPEKTIF AHMAD TAFSIR,” 2017.

Sugiyono, Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D / Sugiyono. Jakarta, 2009.

L. Yulianti, S. Siregar, D. Ftik, and I. P. Sidempuan, “PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM,” 2016.

B. Titik Setiawaty and W. Sunarno, “PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SURAKARTA.”

Ida Nor Shanty, Suyahmo, and Slaemt Sumarto, “FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN REMAJA PADA ANAK KELUARGA BURUH PABRIK ROKOK DJARUM DI KUDUS a.”

M. R. Haryani and Y. Syukur, “DAMPAK PORNOGRAFI TERHADAP PERILAKU SISWA DAN UPAYA GURU PEMBIMBING UNTUK MENGATASINYA.” [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor

Rizky Sulastyaningrum, Trisno Martono, and Budi Wahyono1, “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018,” 2019.

J. Utami, W. Program, S. Bimbingan, K. Fkip, and U. Pontianak, “STUDI KASUS TENTANG PESERTA DIDIK YANG SERING MEMBOLOS DI SMP NEGERI 7 SUNGAI RAYA.”

Supriadi, “PERAN PENDIDIK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA-SISWI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LINGANG BIGUNG,” eJournal Sosiatri-Sosiologi, 2019.

N. Qomariyah Ahmad and S. Jayatimar, “UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KENAKALAN REMAJA PADA MASA PUBERTAS.”

Posted

2023-08-29