The Relationship Between Emotional Maturity and Truancy Behavior Among Students at SMK "X" Di Sidoarjo
Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Membolos pada SMK "X" di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.1846Keywords:
Emotional Maturity, Ditching Behavior, AdolescentsAbstract
This research is motivated by a phenomenon that occurred at one of the Vocational High Schools. This study aims to determine whether there is a relationship between emotional maturity and truancy behavior. This research is a correlational quantitative research, the research variables are emotional maturity and truant behavior. The sampling technique used was random sampling taken randomly at one of the SMKs in Sioarjo. The population in this study was 280 students with a sample of 115 students with a 5% sample taking based on the Isaac & Michael table. This study uses the Linkert scale measurement tool. The hypothesis in this study is that there is a relationship between emotional maturity and truant behavior. that is, the significance value of emotional maturity for truancy behavior is 0.138, which means 0.138 > 0.05 with an r_xy value of -0.102. So it can be concluded that the hypothesis is rejected,
Downloads
References
Mardiana, U. Nugraha, and I. B. Setiawan, “Motivasi Siswi Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP 13 Tanjung Jabung Timur”.
“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010”.
Komarudin, “Membentuk Kematangan Emosi dan Kekuatan Berpikir Positif pada Remaja Melalui Pendidikan Jasmani,” 2016.
G. Komalasari and MamesahMichiko, “Faktor Penyebab Siswa Membolos (Survey Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 232 Jakarta).”
A. Handoko, “Mengatasi Perilaku Membolos Melalui Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Bina Nusantara Ungaran Tahun Ajaran 2012/2013”.
Rini and Muslikah, “Peran Keluarga dan Kontrol Diri dengan Perilaku 17 Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling.”
Fitriana, “Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Membolos”.
A. Rahmawati, “Hubungan Antara Pengendalian Diri Dengan Perilaku Membolos Siswa.”
R. Susanty, T. Sobari, and T. Alawiyah, “Hubungan Perilaku Membolos Dengan Kematangan Emosi Peserta Didik Kelas VIII SMP Asshiddqiyah,” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 1, p. 73, Jan. 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i1.6243.
F. Maulida, “Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Kepuasan Pernikahan Pada Pasangan Suami istri”.
R. Adikerana, “Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Penerimaan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas X Di SMA Dharma Wanita 1 Pare,” 2020.
R. Trifiana, “Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Perilaku Pro Sosial Remaja Pengguna Gadget Di SMPN 2 Yogyakarta.”
N. F. Fitri and B. Adelya, “Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah,” Jurnal Penelitian Guru Indonesia-JPGI, vol. 2, no. 2, 2017.
D. Riskiyani, M. Theresia, S. Hartati, S. J. Bimbingan, and D. Konseling, “Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa SMP Dilihat dari Segi Kematangan Emosi dan Self Regulation,” 2017. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
D. Riskiyani, “Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Self Regulation dengan kemampuan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Semarang”.
R. Fitri, “Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja.”
L. B. Muawanah, F. Psikologi, and H. Pratikto, “Kematangan Emosi, Konsep Diri, Dan Kenakalan Remaja,” 2012. [Online]. Available: http://koranmontera.com/
E. I. Rahmawati and N. Widyarini, “Emotiona Maturity: Conceptual Issues And Metodology.”
N. Safitri, “Hubungan Keamtangan Emosi Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Berbakat Program Akselerasi SMA Negeri 3 Tangerang Selatan,” 1953.
R. A. Arfian, “Kontrol Diri Sebagai Prediktor Perilaku Membolos Pada Remaja.”
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.