Implementation of Al-Qur'an Tahfiz with the Talaqqi Method at PAUD Inovation Aisyiyah Payaman Lamongan
Implementasi Tahfiz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi di PAUD Inovasi Aisyiyah Payaman Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.1789Keywords:
Implementation, Tahfiz Al-Qur'an, Talaqqi's MetodhAbstract
The development of the dakwah in the sciences of the Qur 'an has been expanding considerably with the innovation of the various ulmethods of learning that the Qur'an then expanded to scale. Talaqqi's method is a learning technique performed with reciting Qur'an readings by face to face. The study aims to find out the tahfiz Qur'an implementation with Talaqqi's method applied and its supportive and impeded factors. The research methods used is qualitative descriptive. The result of the tahfiz Qur'an's implementation with Talaqqi's method consists of three stages of planning, a private implementation using a 5M approach strategy to explain, exemplify, mimic, and evaluate, parents and involvement of institutions are a supporting factor in the tahfiz Qur'an's solution by Talaqqi. The inhibiting factor is that the child is saturated in learning Al-Qur'an tahfiz due to its implementation after formal learning and parents who are not fluent in reading the Al-Qur'an.
Downloads
References
M. Suyadi dan Ulfah, Konsep Dasar PAUD, Cetakan I. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Sukiman et al., Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini, Cetakan I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
A. Maskur, “Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini,” IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 02, hal. 188–198, 2018, doi: 10.37542/iq.v1i02.15.
Hidayah, “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan,” Ta’allum J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, hal. 63–81, 2016, doi: 10.21274/taalum.2016.4.1.63-81.
S. Anwar, “Implementasi Program Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam,” hal. 3, 2019.
A. N. ’Ilmi Azizah, “Implementasi Metode Talaqqi dalam Perkembangan Bahasa dan Nilai Agama pada Program Tahfidzul Al- Qur’an di BA Aisyiyah Mayang , Gatak , Sukoharjo,” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021. [Daring]. Tersedia pada: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44248
G. Yuantini dan M. Kibtiyah, “Metode Menghafal Al-Qur’an untuk Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Sofwan Salim Palembang,” I’tibarJurnal Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 05, no. 02, hal. 36–49, 2021.
A. Rizalludin, “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an,” Khazanah Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, hal. 33–37, 2019, doi: 10.15575/kp.v1i1.7138.
L. N. Umayah dan M. Misbah, “Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran bagi Anak Berkebutuhan Khusus,” MAGHZA J. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, vol. 6, no. 1, hal. 1–15, 2021, doi: 10.24090/maghza.v6i1.4603.
T. Kartika, “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi,” J. Isema Islam. Educ. Manag., vol. 4, no. 2, hal. 248, 2019, doi: 10.15575/isema.v4i2.5988.
M. A. Suriansyah, “Implementasi Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Swasta Salsa,” Fitrah J. Islam. Educ., vol. 1, no. 2, hal. 218, 2021, doi: 10.53802/fitrah.v1i2.27.
A. Zalfani, “Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SMPIT Al-Fityah Pekanbaru,” Universitas Islam Riau, 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.uir.ac.id/16074/%0Ahttps://repository.uir.ac.id/16074/1/182410163.pdf
C. Susianti, “Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini,” Tunas Siliwangi Hal., vol. 2, no. 1, hal. 1–19, 2016.
Z. Arifin, Metode Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Sekolah Dasar. Gresik: Rapi Publishing, 2019.
A. Hidayah, “Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia),” J. Stud. Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis, vol. 18, no. 1, hal. 51, 2018, doi: 10.14421/qh.2017.1801-04.
K. Lamongan, Peraturan Bupati Lamongan Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Baca Al-Qur’an Bagi Peserta Didik Di Kabupaten Lamongan. Lamongan, Indonesia, 2013, hal. 1–10.
L. Qomariyah dan R. Khotamir Rusli, “Implementasi Metode Talaqqi Melalui Kegiatan KKN AKB di PAUD QU Ar-Rahman Pandansari,” Educivilia J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, hal. 133–138, 2022, doi: 10.30997/ejpm.v3i2.6216.
F. A. Robbani dan A. Suprianto, “Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini (Studi Kualitatif di TK As Salam Bekasi Utara),” Turats J. Pemikir. dan Perad. Islam, vol. Vol. 14 No, no. Vol 14 No 1 (2021):Turats : Jurnal Pemikiran dan Peradaban islam, hal. 67–79, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.unismabekasi.ac.id
S. Sitoyo dan M. A. Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Cetakan I. Yogyakarta: Literasi Medi Publishing, 2015.
B. S. Bachri, “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif,” Teknol. Pendidik., vol. 10, hal. 46–62, 2010.
Z. Abdussamad, Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan I. CV. Syakir Media Press, 2021.
H. P. Rahmad dan N. Anwar, “Implementation Of Singing Method In Vocabulary Arabic Learning 2nd Grade Student At SD Muhammadiyah 1 Malang [ Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Kelas II di SD Muhammadiyah 1 Malang ],” hal. 3, [Daring]. Tersedia pada: https://archive.umsida.ac.id/index.php/archive/preprint/view/608/4145
S. Maesaroh, “Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam [The role of learning methods on interest and learning achievement in Islamic religious education],” J. Kependidikan, vol. 1, no. 1, hal. 155, 2013.
Zurillam, “Penerapan Metode Talaqqi dalam Peningkatan Hafalan Al Qur’an Anak di TK Indomo Saruaso,” Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019. [Daring]. Tersedia pada: https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?ref=105770&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
A. R. Taufiq, “Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit,” J. Profita, vol. 12, no. 1, hal. 58, 2019, doi: 10.22441/profita.2019.v12.01.005.
N. Nurfadhilah, A. A. Siregar, V. M. Rabi’ah, dan B. Nudin, “Model Evaluasi Pembelajaran pada Masa New Normal: Studi Kasus di SDN 04 Kalisari Kabupaten Grobogan,” el-Tarbawi, vol. 14, no. 2, hal. 166, 2021, doi: 10.20885/tarbawi.vol12.iss2.art3.
N. Halimahturrafiah, N. Adi, S. Marsidin, dan Nellitawati, “Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di SMK Al-Inayah Tebo Provinsi Jambi,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 2, hal. 4130, 2021.
N. Fitiana, “Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Tajul Waqor Kota Bengkulu,” Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022.
Irsalina, “Penerapan Metode Talaqqi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh,” Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, 2020. [Daring]. Tersedia pada: www.journal.uta45jakarta.ac.id
N. B. Fitria, “Pelaksanaan Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di TK Mutiara Qurani,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2016. [Daring]. Tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/78033593.pdf
R. A. Pamungkas, “Program Tahfidz di SD Islam Al Azhar 28 Solobaru,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
O. D. Saputri dan Rahmawati, “Peran Guru dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (LES) Bagi Peserta Didik Di Luar Jam Pelajaran Sekolah sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI Palembang, vol. 2, hal. 501, 2019.
Y. A. F. Az-Zawawi, Revolusi Menghafal Al-Qur’an: Cara Menghafal, Kuat Hafalan, dan Terjaga Seumur Hidup, Cetakan 1. Surakarta: Insan Kamil, 2010.
Wildan, “Pelaksanaan Penilaian Autentik: Aspek Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan di Sekolah atau Madrasah,” J. Tatsqif J. Pemikir. dan Penelit. Pendidik., vol. 15, no. 2, hal. 138, 2017.
I. Laelaturrohmah, “Monitoring dan evaluasi program Tahfidz Al-Quran di MI Al-Anwar,” Universitas Islam Negeri Walisongo, 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15542/%0Ahttps://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15542/1/SKRIPSI_1603036059_IDA_LAELATURROHMAH.pdf
F. Hanun, “Membangun Citra Madrasah Melalui Program Kelas Unggulan Di Mtsn 2 Bandar Lampung,” EDUKASI J. Penelit. Pendidik. Agama dan Keagamaan, vol. 14, no. 3, hal. 422, 2016, doi: 10.32729/edukasi.v14i3.9.
K. Mahardika, A. D. Nazarina, F. A. Rahma, S. Mukarromah, F. Yusmar, dan R. E. Fadila, “Analisis Pemenuhan Gizi terhadap Perkembangan Otak Anak pada Usia Sekolah,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 23, hal. 480, 2022, [Daring]. Tersedia pada: file:///C:/Users/HP/Downloads/3092-Article Text-8217-1-10-20221210.pdf
A. R. Prasetyo dan T. Hamami, “Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum,” Palapa, vol. 8, no. 1, hal. 44, 2020, doi: 10.36088/palapa.v8i1.692.
M. Agustina, N. Yusro, dan S. Bahri, “Strategi peningkatan minat menghafal al quran santri di pondok pesantren arrahmah curup,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 14, no. 1, hal. 4, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/749/667
M. Ulfa, “Kendala Orang Tua dalam Mengajarkan Al-quran pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Cot Keuranji,” Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, 2020. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16621
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.